Sistem Pemerintahan Jerman – Jerman adalah salah satu negara yang telah memalui dua jenis sistem pemerintahan, dimana dua sistem ini adalah dua sistem pemerintahan yang berbeda. Sistem pemerintahan Jerman sebelum Federal adalah sistem pemerintahan kekaisaran, dimana pimpinan negara tertinggi adalah Kaisar.

sistem pemerintahan jerman
Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman Sebelum Federal

Dan saat ini telah menganut sistem pemerintahan federal dimana kepala pemerintahan tertinggi adalah konselir namun juga memiliki kepela negara yaitu Presiden. Seperti apa selengkapnya simak berikut ini :

1. Masa Kekaisaran

Masa Ini memang sudah sejak Jerman berdiri namun sebutan kaisar itu hanya berlaku sejak tahun 1871. Sebelumnya memang kekaisaran namun lebih disebut sebagai raja bukan kaisar, dimana kaaisar atau raja saat itu adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.

Jadi semua peraturan dan perundangan diputuskan oleh kaisar, dan untuk sebutan kaisar ini hanya sempat diduduki oleh 3 orang saja yaitu :

* Willhelm I

Pimpinan pertama Jerman dengan sebutan kaisar, Willhelm I adalah seorang yang lahir pada tahun 22 Maret 1797 dan meninggal saat berusia 90 tahun yaitu pada 9 maret 1888. Willhelm I pertama sekali menjabat sebagai kaisar adalah pada 18 januari 1871 dan turun tahta saat meninggal.

Baca Juga  Bentuk Pemerintahan Jerman Pada Masa Adolf Hitler

* Frederick III

Seperti sistem kerajaan , kekaisaran digantikan oleh anak Willhelm I yaitu Frederick III, Frederick III lahir pada 18 oktober 1831 dan meninggal pada usia 56 tahun yaitu pada 15 juni 1888. Frederick III menjabat sebagai kaisar dihari ayahnya meninggal yaitu pada 9 maret 1888. Dan turun tahta di hari dia meninggal.

* Willhelm III

Willhelm III anak dari Frederick atau cucu dari Willhelm I adalah kaisar yang menggantikan ayahnya, Willhelm III lahir pada 27 januari 1859 dan meninggal saat berumur 82 tahun yaitu pada 28 novermber 1918. Willhelm III naik tahta pada saat ayahnya meninggal.

Itulah tiga kaisar yang sempat menjabat saat sistem pemerintahan Jerman masih kekaisaran, kemudia setelah Willhelm III meninggal, sistem pemerintahan Jerman berubah menjadi Federal, dimana saat itu perang agama oleh Prancis dan Prusia sudah berakhir.

2. Masa Federal/Federasi

Federasi dimulai apda tahun 1918 ketika Willhelm III meninggal dan saat itu Jerman telah membuat kepala negara dengan kepela pemerintahan memiliki pekerjaan yang berbeda, kepala negara bukan menjadi mempunyai otoritas atas semua hal tetapi oleh kanselir.

Kanselir adalah kepala pemerintahan tertinggi yang berhak memutuskan perundang-undangan, berhak memilih para kabinet atau menteri dalam negara dan juga para kedubes di luar negeri.

Baca Juga  2 Alasan Sistem Pendidikan Sekolah di Jerman Ini Layak Dicontoh

Sedangkan presiden hanya sebagai kepala negara saja yang juga memiliki hak berbeda namun masih tetap dibawah otoritas seorang kanselir, berbeda dengan Indonesia yang presiden merupakan kepala negara dan kepala pemerintahan. Sekian untuk sistem pemerintahan Jerman sebelum mengenal federasis seperti saat ini.