Sekolah Perancis – Pekerja asing yang bekerja di Perancis seringkali membawa keluarganya untuk ikut tinggal di Perancis. Jika Anda seorang ekspatriat yang ingin mendaftar sekolah di Perancis atau mencarikan anak Anda sekolah di Perancis, simak informasi mengenai sekolah di Perancis berikut ini.

Jenis – Jenis Sekolah Perancis

jenis sekolah perancis

Perancis menyediakan sejumlah sekolah lokal, sekolah swasta, dan internasional. Sebagian besar siswa di Perancis bersekolah di sekolah lokal yang gratis. Sekolah Prancis gratis dan wajib yang dimulai sejak anak berusia 6 hingga 16 tahun. Namun, keluarga asing dapat mempertimbangkan sekolah internasional untuk anak mereka.

Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan saat Anda memilih sekolah di Perancis, diantaranya yaitu apakah Anda ingin memilih pendidikan dengan bahasa Perancis atau bilingual, memperhatikan kemampuan akademis umum, mencari sekolah berdasarkan lokasi Anda, dan anggaran yang Anda miliki.

Baca Juga  Kursus Bahasa Jerman di Tangerang Terbaik Saat ini

Sekolah negeri Perancis menawarkan pengajaran tingkat tinggi, dan terintegrasi sangat baik dalam ruang kelas khusus Perancis. Namun, jika Anda menginginkan sekolah yang bilingual, Anda bisa mempertimbangkan sekolah internasional di Perancis dan sekolah bilingual.

Beberapa sekolah internasional di Perancis mengajarkan kurikulum Inggris atau AS dalam bahasa Inggris yang mengarah pada tingkat GCSE dan GCE A atau Diploma Sekolah Menengah Amerika / SAT / PSAT. Sementara sekolah di Perancis lainnya mengajarkan Baccalaureat Internasional dengan kualifikasi yang diakui secara internasional.

Beberapa sekolah bilingual mengambil unsur silabus nasional (negara asal) dan Perancis, sementara yang lain mengajarkan Opsi Baccalauréat Internasional Perancis dan beberapa mengajar hanya baccaleuréat Prancis, yang memungkinkan siswa masuk ke universitas – universitas Perancis.

sekolah perancis
Manakah yang dipilih: Sekolah Perancis Lokal atau Sekolah Internasional di Perancis?

Setiap orang memiliki pertimbangan yang berbeda dalam memilih sekolah. Berikut ini kelebihan dan kekurangan sekolah lokal dan sekolah internasional di Perancis.

• Kelebihan dan Kekurangan Sekolah di Perancis Lokal

Sekolah di Perancis lokal biasanya ukuran kelasnya lebih besar dengan satu guru untuk 30 siswa atau lebih.

Sekolah di Perancis lokal akan membuat siswa menjadi fasih berbahasa Perancis dan menjadikan mereka lebih cepat terintegrasi ke dalam masyarakat Perancis dibandingkan jika mereka bersekolah di sekolah internasional Perancis yang lebih banyak ekspatriatnya.

Baca Juga  2 Alasan Sistem Pendidikan Sekolah di Jerman Ini Layak Dicontoh

Namun, anak – anak asing yang lebih besar mungkin akan merasa lebih sulit jika masuk ke sekolah di Perancis lokal karena sekolah – sekolah di Perancis umumnya hanya mengajar dalam bahasa Perancis.

Sekolah – sekolah di Perancis lokal melakukan tes secara teratur dan anak – anak ekspatriat yang bersekolah di sekolah lokal diharapkan untuk mengikuti pelajaran serta mempertahankan setidaknya 50% dalam bahasa yang mungkin asing untuk mereka. Sistem sekolah di Perancis juga cukup ketat, khususnya untuk ujian akhir.

• Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Internasional di Perancis

Sekolah internasional di Perancis biasanya ukuran kelasnya lebih kecil dibandingkan sekolah negeri di Perancis. Selain itu, sekolah internasional juga menawarkan lebih banyak ekstrakulikuler.

Anak – anak ekspatriat yang bersekolah di sekolah internasional Perancis mungkin akan merasa lebih mudah untuk melanjutkan studi mereka dalam bahasa yang mereka pahami.

Jika Anda atau anak Anda berencana untuk kembali ke negara asal atau tidak akan menetap di Perancis, Anda bisa memilih sekolah internasional Perancis.

Baca Juga  Mengintip Rincian Biaya Kuliah Di Perancis Tanpa Beasiswa

Namun, jika Anda memilih untuk masuk ke sekolah internasional, mungkin Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk belajar bahasa Perancis dan lebih lama terintegrasi ke dalam masyarakat Perancis.

Biasanya populasi siswa di sekolah – sekolah internasional bisa bersifat sementara karena keluarga mereka sering pindah. Jika sekolah negeri di Perancis gratis, sekolah internasional biayanya bisa lebih tinggi.