Sejarah Jerman – Jerman adalah negara di Eropa Barat yang berbentuk federasi yang menjadi salah satu negara modern dengan inovasi yang mendunia.

Negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi parlementer ini memiliki sejarah yang panjang dan jejaknya masih bisa dilihat sampai sekarang. Simak jejak – jejak sejarah Jerman di kota Berlin berikut ini.

sejarah jerman
Mengenal Jejak – Jejak Sejarah Jerman di Kota Berlin

Berlin merupakan ibukota negara Jerman yang juga menjadi salah satu kota paling populer di Jerman. Ada banyak landmark yang menjadi sisa sejarah Jerman. Salah satu jejak sejarah Jerman yang populer adalah Gerbang Brandenburg.

Gerbang Bradenburg yang menjadi simbol Berlin ini berada di sebelah barat Berlin. Monumen yang menjadi landmark Berlin ini memiliki makna simbolis sejarah Jerman.

Gerbang yang dibangun dengan gaya neoklasik ini berupa pilar – pilar tinggi dan patung kereta kuda di bagian atas. Pada saat itu Kaisar Friedrich Wilhelm II memerintahkan pembangunan Gerbang Brandenburg yang diresmikan pada tanggal 6 Agustus 1791.

Pada tahun 1793 di atas Gerbang Brandenburg ditambahkan Patung Quadriga yang menjadikan Gerbang Brandenburg dinamakan Gerbang Perdamaian. Namun ternyata cita – cita perdamaian tidak terwujud dan Gerbang ini menjadi saksi peperangan pada tahun 1806.

Baca Juga  2 Aplikasi Online Belajar Bahasa Jerman Sehari Hari

Tentara Napoleon yang menang kala itu masuk ke Berlin, merampas patung Quadriga dan membawanya ke Paris sebagai simbol kemenangan. Setelah Napoleon mengalami kekalahan, patung Quadriga bisa kembali lagi ke Berlin pada tahun 1814 dan menjadi saksi sejarah Jerman.

Patung tersebut kemudian didesain ulang sebagai dewi kemenangan yang memegang simbol salib dan elang Prusia. Gerbang Bradenburg juga menjadi saksi sejarah Jerman saat Hitler dan partai Nazi berkuasa di Jerman.

Nazi merayakan perebutan kekuasaan oleh Adolf Hitler pada bulan Januari 1933 dengan pawai besar di Gerbang Brandenburg. Ketika Perang Dunia II, Gerbang Brandenburg rusak parah walaupun tetap berdiri. Monumen ini berada di sektor yang diduduki oleh Uni Soviet dan bendera Uni Soviet berkibar di atas monumen ini.

sejarah jerman
Bendera Jerman Timur Menggantikan Bendera Uni Soviet

Pada tahun 1945 sampai 1957 bendera Jerman Timur menggantikan bendera Uni Soviet di atas Gerbang Bradenburg. Selain Gerbang Brandernburg, landmark Berlin lain yang menjadi jejak sejarah Jerman adalah Tembok Berlin.

Tembok Berlin dibangun pada tahun 1961 dengan panjang sekitar 155 kilometer. Tembok ini dibangun untuk memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur. Pipa beton yang cukup besar dipasangkan di puncak tembok Berlin.

Pembangunan tembok ini juga dibarengi dengan pendirian 300 menara pengawas yang dilengkapi dengan senjata otomatis serta pagar sinyal untuk mendeteksi orang – orang yang melintasi tembok. Pembangunan tembok besar ini dimaksudkan untuk mencegah kaburnya warga Berlin Timur ke Berlin Barat.

Baca Juga  Mengenal Sejarah Lambang Negara Jerman Dan Artinya

Tak sedikit para pelintas Tembok Berlin yang tewas mengenaskan di ujung senjata aparat militer Berlin Timur yang mengawasi gerak gerik warga Berlin Timur dari menara pengawas. Pada tanggal 9 November 1989, jutaan warga Jerman Timur pergi menuju ke pos – pos perbatasan untuk merusak Tembok Berlin.

Seiring dengan jatuhnya komunisme pada tahun 1989, warga di kedua sisi Berlin bekerja sama untuk meruntuhkan tembok tersebut. Namun, tidak semua tembok diruntuhkan, masih ada sisa sisa tembok yang bisa dijadikan pengingat untuk melihat kekelaman sejarah Jerman pada masa lalu.

Runtuhnya Tembok Berlin

Ketika Tembok Berlin akhirnya runtuh, ribuan warga Jerman datang untuk merayakannya di Gerbang Brandenburg. Keruntuhan Tembok Berlin menjadi peristiwa monumental dan sering digunakan pula sebagai simbol runtuhnya komunisme.

Gerbang Brandenburg kemudian menjadi simbol kebebasan dan reunifikasi Jerman. Gerbang Brandenburg dan Tembok Berlin menjadi saksi sejarah Jerman yang hingga kini banyak dikunjungi wisatawan sebagai obyek wisata yang populer di Berlin.

Baca Juga  2 Pertimbangan Sebelum Mengikuti Kursus Bahasa Jerman

Saat ini kawasan Gerbang Brandenburg menjadi pusat pertemuan, banyak acara besar yang berlangsung di tempat ini. Puluhan ribu orang berkumpul di gerbang untuk perayaan Malam Tahun Baru, menonton pertandingan besar, dan merayakannya secara bersama – sama.

Saat ini Gerbang Bradenburg juga menjadi simbol harapan dan jejak sejarah Jerman yang menjadi pelajaran bagi masa depan.