Yuk Isi Form di Bawah, Tim Kami Siap Melayani Anda

S2 di Jerman – Negara Jerman memiliki ekonomi yang kuat dan sangat mendukung pendidikan dengan menyediakan pendidikan yang murah dan berkualitas. Perkembangan sains dan teknik di Jerman sangat maju dan modern sehingga banyak penemuan – penemuan dan pengembangan universitas riset modern yang menarik para siswa internasional untuk kuliah S2 di Jerman.

Jerman memiliki banyak universitas berkualitas yang menempati peringkat di dunia. Terlebih lagi kuliah S2 di Jerman untuk mengambil gelar Master Jerman banyak yang lebih murah, bahkan tidak memungut biaya. Sekitar 13% mahasiswa yang kuliah di universitas Jerman merupakan mahasiswa internasional.

Baca Juga  4 Jenis Beasiswa Kuliah Di Jerman Yang Bisa Anda Applay

Apalagi negara Jerman menawarkan peluang kerja pascastudi bagi lulusan S2 di Jerman dan biaya hidup di Jerman juga lebih murah dibandingkan biaya hidup di negara Eropa lainnya. Sudahkah kamu tahu bagaimana cara kuliah S2 di Jerman? Yuk kita simak caranya berikut ini.

syarat s2 di jerman
Mau Kuliah Di Jerman, Ikuti Langkah Langkah Kuliah S2 di Jerman Disini

Sebelum mengambil kuliah S2 di Jerman, tentu kamu harus mengetahui bagaimana cara dan prosedur mengenai sistem pendidikan S2 di Jerman. Berikut ini cara yang perlu kamu lakukan untuk mengajukan aplikasi program Master di Jerman, diantaranya:

1. Menemukan Universitas dan Program yang Cocok

Saat kamu ingin mengambil gelar Master di Jerman, tentunya kamu harus menemukan universitas dan program studi untuk gelar Master yang cocok dengan tujuan dan karir di masa depan yang kamu inginkan.

Ada 400 universitas negeri di Jerman dan sekitar 120 institusi pendidikan tinggi lain di Jerman. Kamu bisa mengidentifikasi untuk memilih universitas dan program studi S2 di Jerman yang cocok.

2. Memeriksa Persyaratan

Setelah mengetahui target universitas dan program studi yang diinginkan, kamu harus memeriksa persyaratan yang harus dipenuhi. Perhatikan persyaratan universitas yang akan kamu lamar karena tiap universitas dan masing – masing program studinya bisa menerapkan persyaratan yang berbeda.

Baca Juga  2 Cara Mendapat Beasiswa Luar Negeri Jerman Untuk Mahasiswa

3. Kemahiran Bahasa

Untuk dapat mengikuti perkuliahan S2 di Jerman, kamu harus memiliki kemampuan yang kuat dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa Jerman. Biasanya ada lebih banyak kursus yang diajarkan dalam bahasa Inggris di tingkat Master daripada di tingkat sarjana.

Tingkat kemahiran yang diperlukan untuk melamar kuliah S2 di Jerman bervariasi tergantung dari program studi dan universitas yang kamu pilih.

4. Mengirim Aplikasi

Setelah semua dokumen yang telah kamu persiapkan untuk melamar gelar S2 di Jerman sudah lengkap, kamu bisa mengirimkan aplikasi ke Uni Assist karena sebagian besar universitas di Jerman bekerja sama dengan Uni Assist.

Namun, ada beberapa universitas di Jerman yang langsung menerima aplikasi tanoa melalui Uni Assist. Kamu bisa memperoleh akses ke informasi ini di situs web universitas.

5. Menunggu Surat Penerimaan

Setelah mengirimkan aplikasi untuk program S2 di Jerman, kamu perlu menunggu universitas memproses aplikasi. Universitas memerlukan waktu dalam mengumpulkan sejumlah aplikasi dan memprosesnya.

Pemrosesan aplikasi bisa membutuhkan waktu beberapa minggu atau lebih lama. Kamu tidak bisa melacak pemrosesan aplikasi sehingga kamu perlu menunggu informasi dari universitas.

6. Mempersiapkan Asuransi Kesehatan

Setiap orang yang tinggal di Jerman wajib memiliki asuransi kesehatan, termasuk siswa non-UE. Kamu bisa mempersiapkan diri dengan mengumpulkan informasi tentang prosedur mendapatkan asuransi kesehatan, sebelum universitas mengkonfirmasi tempat kamu dalam program S2 di Jerman. Kamu bisa mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.

7. Mendapatkan Dukungan Keuangan

Sebelum kuliah S2 di Jerman, tentu kamu harus mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan. Berdasarkan perkiraan pemerintah Jerman, siswa asing yang kuliah di Jerman perlu memiliki setidaknya dana € 8.640 per tahun sebagai bukti sumber keuangan di Jerman.

Jika kamu tidak memiliki sejumlah uang tersebut, kamu tidak akan mendapatkan visa pelajar. Dukungan keuangan ini bisa berasal dari pribadi ataupun beasiswa.

8. Mendapatkan Visa

Semua siswa internasional yang berasal dari negara – negara non-UE dan non-EEA harus mendapatkan visa pelajar agar bisa belajar di Jerman. Untuk mendapatkan visa pelajar ini, kamu bisa menghubungi kedutaan Jerman di negara asal kamu.

Jika kamu ingin lebih banyak informasi mengenai kuliah S2 di Jerman, kamu bisa mendapatkan informasinya dengan mengunjungi web VirtuEducation.org.