Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman – Ketika kamu tinggal di Jerman dan ingin menghubungi kerabatmu yang tinggal di Indonesia atau sebaliknya, tentu kamu harus mengetahui selisih perbedaan waktu Indonesia dan Jerman.

Hal ini dikarenakan Indonesia dan Jerman memiliki selisih perbedaan waktu, sehingga jika kamu ingin menelpon seorang teman di Indonesia, tentunya kamu harus menelpon di waktu yang tepat.

perbedaan waktu indonesia dan jerman
Inilah Alasan Terjadinya Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman

Bumi yang kita tinggali ini selalu berotasi dan berevolusi. Rotasi bumi atau pergerakan bumi pada porosnya ini menyebabkan terjadinya pergantian waktu siang dan malam di belalahan bumi. Nah, hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan waktu antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Jika pada suatu waktu di suatu negara sedang mengalami siang hari, maka dalam waktu yang bersamaan di negara lainnya bisa mengalami malam hari. Waktu yang terjadi antara satu daerah dengan daerah lainnya bisa berbeda karena kemunculan matahari yang berbeda akibat rotasi bumi.

Baca Juga  2 Alasan Sistem Pendidikan Sekolah di Jerman Ini Layak Dicontoh

Zona waktu dunia memiliki offset positif atau negatif yang dihitung dari Coordinated Universal Time (UTC) atau Greenwich Mean Time (GMT). Hal ini menyebabkan adanya negara yang mengalami waktu lebih cepat dan ada negara yang mengalami waktu lebih lambat, begitupula dengan perbedaan waktu Indonesia dan Jerman.

selisih perbedaan waktu indonesia dan jerman
Berapa Selisih Perbedaan Waktu Indonesia dan Jerman?

Secara umum, dimensi waktu Jerman mengacu pada GMT+1 sementara Indonesia mengacu pada GMT+7, sehingga perbedaan waktu Indonesia dan Jerman adalah 5 jam. Pada periode waktu Jerman ini disebut Central European Summer Time (CEST) atau dikenal juga dengan waktu musim panas.

Namun ada dua periode waktu yang berbeda menyesuaikan dengan musim yang terjadi di Jerman. Selain waktu musim panas, di Jerman juga ada waktu musim dingin atau yang disebut Central European Time (CET). Saat Jerman berada pada periode CET, waktu dimundurkan satu jam sehingga selisih perbedaan waktu Indonesia dan Jerman menjadi 6 jam.

Penambahan 1 jam pada periode CET ini ditetapkan tiap tahun, berkisar akhir Oktober dan akhir Maret, ketika musim dingin tiba. Fenomena waktu ini dikenal dengan Daylight Saving Time (DST). Negara dengan empat musim seperti Jerman akan mengalami perbedaan waktu dalam hal waktu pagi, siang, dan malam.

Baca Juga  Mengenal Jejak - Jejak Sejarah Jerman di Kota Berlin

Pada musim panas, waktu siang hari di Jerman akan terasa lebih lama dan matahari bisa bersinar hingga sekitar 18 jam setiap harinya. Musim dingin biasanya dimulai pada hari Minggu terakhir bulan Oktober, pada waktu ini tepat pukul 03.00 waktu Jerman akan dimundurkan satu jam menjadi jam 02.00.

Itu sebabnya pada waktu musim dingin perbedaan waktu Indonesia dan Jerman menjadi 6 jam. Setelah mengetahui selisih perbedaan waktu Indonesia dan Jerman, kamu bisa menentukan waktu yang tepat untuk menghubungi seseorang.

Jika kamu tinggal di Berlin dan temanmu tinggal di Jakarta, kamu bisa menelpon temanmu antara pukul 02.00 – 18.00 waktu Jerman. Pada waktu ini adalah antara pukul 07.00 – 23.00 waktu Jakarta. Adanya perbedaan waktu ini karena Jakarta, Indonesia 5 jam lebih awal dari Berlin, Jerman.