Makanan Khas Norwegia – Makanan dari negara Norwegia memiliki cita rasa yang luar biasa. Seafood yang melimpah ruah dan juga bahan lokal seperti daging rusa menjadi trend makanan khas disana. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah makanan di restoran untuk full meal memiliki harga yang cukup mahal. Jadi ketika melakukan perjalanan wisata di Norwegia penting sekali untuk memilih tempat makan.

Beberapa restoran lokal atau cafe juga memiliki tarif yang tidak terlalu mahal jika Anda melakukan wisata backpacker. Tidak lengkap rasanya jika melakukan perjalanan wisata tanpa mencicipi makanan lokal atau khas dari Norwegia. Beberapa orang akan merasa asing dengan rasanya karena bumbu rempah yang digunakan sangat berbeda.

Ada beberapa bahan makanan yang bisa dibilang cukup aneh dan berbeda dari biasanya. Seperti brown cheese, yaitu keju yang terbuat dari susu kambing, Rasanya sedikit manis karena adanya karamel. Bahan makanan yang paling banyak ditemukan adalah ikan cod, dan juga makarel. Ikan tersebut adalah makanan rumahan yang tentu saja jika dijual harganya cukup terjangkau.

makanan khas norwegia yang lezat
Jenis-Jenis Makanan Khas Norwegia yang Lezat yang Harus Dicicipi

Norwegia adalah negara yang terkenal dengan cerita tentang Viking. Kehidupan Viking mempengaruhi kebudayaan makan dan juga jenis-jenis kulinernya. Cuaca yang dingin membuat makanan khas Norwegia penuh dengan lemak baik dari daging dan juga ikan. Di seluruh sudut Norwegia, makanan dengan bahan tersebut sangat mudah ditemukan.

Tidak ketinggalan juga sayuran berupa salad dengan dressing berbeda dan varian keju. Berikut ini beberapa jenis makanan dari Norwegia yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda melakukan perjalanan di sana.

Baca Juga  7 Pegunungan Ini Menjadi Objek Wisata Norwegia Terbaik

1. Fårikål

Makanan ini merupakan hidangan nasional negara Norway, jadi penting sekali untuk mencicipinya. Bahan utama yang digunakan adalah daging domba yang direbus dan sangat enak jika dimasak dengan benar. Daging akan dimasak dengan paprika hitam utuh, kol, kentang dan juga sedikit tepung gandum. Rasanya sangat lezat dan menjadi salah satu ciri khas makanan di sana.

Jika dilihat dari penyajiannya, makanan ini tidak terlalu menarik. Daging akan disajikan dalam bentuk potongan yang besar dan sedikit saus. Sayuran seperti kentang dan juga kol dipotong dengan ukuran yang cukup besar tetapi sangat empuk.

2. Fiskegrateng

Makanan ini juga tidak memiliki bentuk yang cukup menarik tetapi cita rasanya sangat khas. Bahan utama yang digunakan adalah makaroni, keju dan juga ikan. Mungkin akan terdengar aneh dan membayangkan rasa amis dari ikan. Namun setelah merasakannya, Anda akan segera menyadari bahwa tidak ada bau dan rasa yang amis.

Semua bahan serta bumbu akan direbus kemudian dilunakkan sehingga berbentuk seperti casserole. Makanan ini merupakan hidangan rumahan yang paling banyak dikonsumsi pada musim dingin. Dihidangkan ketika masih panas sehingga akan sangat menghangatkan tubuh.

3. Salmon Asap

Hidangan dengan utama ikan salmon yang dimasak dengan diasap. Salmon asap adalah makanan khas Norwegia yang sangat dinantikan setelah sampai di sana. Ikan salmon yang dihidangkan memiliki kualitas berbeda tergantung dimana Anda membelinya.

Ikan salmon yang diasap ini biasanya disajikan sebagai toping, yang paling populer adalah toping sandwich. Selain salmon asap, ikan salmon biasanya juga dimasak dengan cara direbus yang disebut sebagai kokt laks.

4. Rakfisk

Satu lagi hidangan dengan bahan ikan yang menjadi favorit, ikan dihidangkan masih dalam keadaan segar. Rakfisk tidak dimasak melainkan hanya diasinkan untuk diawetkan saja, oleh karena itu bisa termasuk dalam kategori hidangan yang segar. Dilihat dari sejarahnya, ikan diasinkan untuk diawetkan sebagai persediaan selama musim dingin.

Ikan yang sudah diasinkan kemudian dapat disimpan selama berbulan-bulan sebelum dimakan. Bahkan ada yang awet lebih dari setahun lamanya.

Mungkin terdengar aneh dan tidak higienis, namun nyatanya makanan ini menjadi andalan negara Norwegia.

Baca Juga  4 Daftar Tempat Wisata Keren Di Ibukota Jerman Untuk Wisata

5. Svele

Termasuk dalam jenis makanan berat walaupun berbentuk kue. Svele adalah makanan yang telah eksis selama lebih dari 40 tahun terakhir. Bentuknya seperti pancake Amerika dan telah menjadi hidangan saat sore hari. Ketika disajikan Svele akan diberikan butter yang kemudian ditutup dengan sesuatu yang manis seperti sirup.

Bisa juga digantikan dengan madu hingga keju dan coklat. Adonan dari Svele ditambahkan dengan hartshorn dan juga baking soda untuk memperkuat dan juga ciri khas rasa yang berbeda.

6. Raspeballer

Hidangan ini adalah bola kentang yang padat. Kentang ditumbuk hingga halus setelah direbus dengan kaldu daging domba atau babi. Bisa dibilang seperti mashed potato namun dibentuk menjadi bola. Penyajiannya juga sangat minimalis yaitu dengan kubis dan juga mentega coklat yang panas.

Raspeballer bisa dibilang merupakan hidangan berat bagi para petani dan di restoran hanya disajikan setiap kamis sore saja. Makanan karbohidrat ini dihidangkan untuk menjaga tubuh dari dinginnya musim dingin yang keras di Norwegia.