Lowongan Kerja di Jerman Untuk Lulusan SMA – Kemajuan ekonomi dan industri membuat Jerman membutuhkan banyak tenaga kerja. Dan karena jumlah usia produktif yang tidak sebanding dengan kebutuhan SDM, Jerman juga membuka diri bagi tenaga kerja asing.

Ya benar, Jerman memang butuh tanaga kerja asing, bahkan dalam jumlah sangat banyak. Karena itu Jerman sampai menggratiskan biaya kuliah untuk mahasiswa asing.

Karena pemerintah Jerman berharap mahasiswa asing bisa tetap tinggal dan bekerja di Jerman. Dengan mendapat SDM terbaik dari seluruh dunia, Industri Jermanlah yang diuntungkan.

Dan bagi profesional yang dibekali keahlian dan pengalaman, tidak akan kesulitan mendapat pekerjaan di Jerman. Apalagi kalau ahli di beberapa bidang pekerjaan seperti Programmer, Web Developer,Dokter, Perawat, Electrical, Mekanik, Tukang Bangunan, dll.

Bahkan banyak pekerja Indonesia yang akhirnya melanjutkan karir ke Jerman. Sudah pasti mereka mendapat salary jauh lebih tinggi dibanding di Indonesia.

Tidak masalah bagi yang masih mencari lowongan kerja di Jerman untuk lulusan sma.

Baca Juga  Contoh Cara memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jerman Beserta Artinya

Bagi yang suka tantangan, kerja di Jerman menawarkan suasana kerja yang sangat berbeda. Mereka akan berhadapan disiplin tingkat tinggi dan lingkungan kerja sangat profesional.

Di hari libur, pekerja asing juga berkesempatan berkeliling Jerman atau jalan-jalan ke negara Eropa lainnya. Pengalaman unik yang sulit didapat kalau mereka tetap bekerja di dalam negeri.

Tapi apakah mencari pekerjaan di Jerman selalu mudah?

Untuk profesional berpengalaman, memang iya. Tapi bagi lulusan SMA, apalagi belum berpengalaman, ternyata sulit juga lho.

Tapi sulit tidak berarti mustahil kan. Jangan putus asa, karena ada banyak cara untuk merasakan hidup dan bekerja di Jerman. Nah ingin tahu lowongan kerja di Jerman untuk lulusan SMA? Ini dia beberapa peluang yang bisa kamu manfaatkan.

1. Ausbildung

lowongan kerja di jerman untuk lulusan sma

Ausbildung merupakan program magang ala Jerman yang berlangsung selama 3 tahun. Program ini sebenarnya bertujuan untuk membekali pemuda Jerman yang tidak ingin lanjut kuliah di perguruan tinggi.

Dengan ausbildung, mereka bisa lebih mandiri dan segera bekerja atau membuka usaha sendiri. Program ausbildung sendiri sangat disukai orang Jerman.

Bahkan keluarga di Jerman akan mendukung kalau anaknya tidak ingin kuliah dan ikut ausbildung. Dengan mendapat pekerjaan lebih cepat, berarti keluarga tidak perlu membiayai anaknya lagi. Bahkan sudah memiliki pendapatan untuk membantu keluarga.

Berita baiknya, program ausbildung bisa diikuti para pemuda dari seluruh negara. Syaratnya sangat mudah. Kalau kamu sudah lulus SMA, kamu sudah bisa mendaftar ausbildung.

Ada banyak bidang kerja yang tersedia di program ausbildung. Misalnya teknisi listrik, mekanik, ahli kebun, tukang kayu, teknisi komputer, multimedia, fotografi, medis, pertanian, perhotelan, rumah makan, dll.

Dan selama ikut program ausbildung, seorang azubi (sebutan untuk peserta ausbildung) akan mendapat pengalaman kerja, pendidikan di kelas, serta uang saku.

Setelah menjalani ausbildung selama 3 tahun, kamu akan mendapat sertifikat. Sertifikat ausbildung menjadi bukti bahwa kamu telah berpengalaman bekerja di Jerman dan memahami cara kerja ala Jerman.

Dan kalau ternyata perusahaan puas dengan kerja kamu, bukan tidak mungkin mereka akan merekrut kamu sebagai karyawan tetap. Ini berarti status kamu bukan magang lagi, tetapi sudah mendapat hak sebagaimana pekerja profesional lainnya.

Kalaupun tidak bisa lanjut di Jerman, sertifikat ausbildung bisa digunakan dimanapun berada. Sistem bekerja perusahaan Jerman sudah terkenal kehebatannya, sehingga pengalaman bekerja di Jerman membuatmu lebih mudah mendapatkan pekerjaan lainnya.

Untuk mengetahui lowongan ausbildung, kamu bisa buka beberapa alamat web misalnya www.ausbildung.de dan www.stepstone.de. Dan semua proses dari interview hingga negosiasi dengan perusahaan bisa dilakukan secara online. Nah gimana, berminat ikut ausbildung?

Baca Juga  8 Syarat Syarat Cara Kuliah di Jerman Dengan Program DAAD

2. Aupair

Aupar berasal dari bahasa Perancis yang berarti sejajar atau bisa juga diartikan balas jasa. Sejarah aupair dimulai tahun 1970-an saat para pemuda Eropa ingin merasakan hidup di negara lain.

Karena tidak punya dana cukup, mereka mencari host family yang bersedia mempekerjakan. Dengan tugas utama menjaga anak dan pekerjaan ringan, para pemuda ini mendapat imbalan tempat tinggal, makan, serta dianggap keluarga oleh host family.

Nah aupair ternyata berkembang hingga saat ini. Bahkan kesempatan menjadi aupair tidak hanya untuk anak muda dari Eropa saja, tapi bisa diikuti dari berbagai negara.

Terlebih ada banyak negara yang membuka program aupair, seperti Jerman, Swiss, Belgia, Italia, Belanda, Perancis, Spanyol, Australia, dll.

Kalau kamu diterima sebagai aupair Jerman, berari kamu akan tinggal di Jerman selama 1 tahun dan dianggap sebagai bagian dari keluarga di Jerman. Bahkan kalau host family berlibur, maka aupair juga akan diajaknya berkeliling Jerman.

Program aupair ini sebenarnya mirip dengan kegiatan pertukaran budaya. Karena kamu akan hidup di Jerman dan merasakan langsung budaya Jerman sehari-hari.

Dan meskipun tidak bisa disebut bekerja, tapi seorang aupair tetap mendapat uang saku 260 euro per bulan. Uang saku yang didapat memang tidak terlalu besar, tapi bersih.

Kalian tidak perlu memikirkan biaya hidup, semua sudah ditanggung host family. Mendapat kesempatan tinggal di negara seperti Jerman juga menjadi pengalaman tak terlupakan.

Tidak itu saja, host family juga punya kewajiban untuk membiayai kursus bahasa Jerman. Dan bagi yang bercita-cita kuliah di Jerman, program aupair bisa menjadi batu loncatan lho.

Kalau kamu sudah tinggal di Jerman, akan lebih mudah untuk mendaftar kuliah. Terlebih kalau host family bersedia menjadi pihak yang menanggung kehidupan kamu di Jerman. Berarti kamu tidak perlu lagi menyiapkan jaminan finansial 8600 Euro. Kamu juga bisa sambil mencari lowongan kerja di jerman untuk lulusan SMA

Untuk mencari informasi aupair Jerman, bisa dilihat di www.aupairworld.com, www.aupair.com, atau website aupair lainnya.

lowongan kerja di jerman untuk lulusan sma 1

3. FSJ

Das Freiwillige Soziale Jahr atau FSJ adalah aktivitas volunteer atau sukarelawan yang terbuka bagi orang Jerman maupun non Jerman. Asal kamu masih berusia antara 18 hingga 27, kesempatan ikut FSJ selama 1 tahun sangat terbuka.

Lalu apa saja aktivitas sosial yang dilakukan?

Lingkup pekerjaan FSJ sebenarnya banyak, yaitu sosial, lingkungan, olahraga, dll. Jadi peserta program FSJ bisa saja ditempatkan sebagai penjaga hutan, gedung olahraga, taman kota, rumah sakit, dll. Sambil menunggu mendapatkan lowongan kerja di jerman untuk lulusan SMA

Tapi untuk peserta FSJ dari Indonesia, paling banyak ditempatkan di panti jompo atau panti anak berkebutuhan khusus. Bisa jadi penempatan ini menyesuaikan dengan karakter orang Indonesia yang penyabar dan memiliki jiwa sosial tinggi.

Tidak ada persyaratan khusus ikut FSJ Jerman. Yang penting, kalian sudah lulus SMA dan berusia tidak lebih dari 27 tahun.

Walau begitu, akan sangat membantu kalau kamu punya pengalaman kerja sosial di Indonesia. Pengalaman bisa menjadi pembeda dan memperbesar peluang diterima.

Nah buat kamu yang tertarik ikut FSJ, sebaiknya mulai sekarang lebih aktif lagi dalam kegiatan sosial. Terutama yang berhubungan dengan pengasuhan orang tua dan anak berkebutuhan khusus.

Jangan lupa untuk mendokumentasi dan mengambil foto, karena menjadi bukti kuat keterlibatanmu dalam kegiatan sosial.

Dan kalau sudah diterima, maka kamu akan mendapat uang saku minimal 300 Euro per bulan. Uang saku tersebut sudah bersih, sehingga kamu tidak terbebani dengan biaya akomodasi, makan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Selain itu, peserta FSJ biasanya diikutikan dengan training yang diadakan di Jerman maupun negara Eropa lainnya. Ini menjadi kesempatan emas untuk memperbanyak teman dan relasi dari berbagai negara. Dan kesempatan seperti ini belum tentu didapat kalau kalian tidak berani mengambil langkah ke luar negeri.

4. Perawat lansia

lowongan kerja di jerman untuk lulusan sma 1

Satu lagi lowongan kerja di Jerman untuk lulusan SMA dan SMK kesehatan dari Indonesia, yaitu perawat lansia atau Altenpfleger.

Kebutuhan perawat lansia dari luar negeri semakin mendesak karena jumlah lanjut usia di Jerman meningkat, sementara tidak banyak angkatan muda Jerman yang bersedia menjadi perawat.

Nah bagi yang berminat, biasanya kamu akan diikutkan dalam pelatihan selama beberapa bulan. Pelatihan diperlukan agar perawat yang dikirim sesuai dengan standar perawat di Jerman.

Itu tadi 4 lowongan kerja di Jerman untuk lulusan SMA dari Indonesia. Walaupun bisa diapply lulusan SMA, tapi semua lowongan di atas mengharuskan kemampuan bahasa Jerman.

Kita akan bekerja di Jerman selama beberapa tahun, jadi wajar kalau harus bisa berbahasa Jerman. Bahkan interview dengan user sudah dilakukan dalam bahasa Jerman.

Biasanya user akan meminta sertifikat bahasa pada level menengah, atau minimal B1. Dengan skill bahasa Jerman level menengah, user akan yakin bahwa kamu mampu bekerja dengan lancar.

Nah kalau kamu memang ingin bekerja di Jerman, bekali diri dengan kemampuan bahasa Jerman terlebih dulu. Selamat belajar bahasa Jerman!