Liburan ke Jerman – Apakah kamu sedang berencana liburan ke Jerman? Negara ini akan menjadi tujuan wisata yang menyenangkan. Kamu bisa menemukan banyak objek wisata unik.

Jerman memiliki kekayaan budaya, tempat bersejarah, dan bentang alam yang sangat indah. Dan hampir semua kota di Jerman memiliki tempat menarik untuk dikunjungi.

Di Jerman Selatan atau Bavaria kamu bisa menjelajahi pegunungan Alpen yang menantang. Di sebelah utara ada pantai dan pelabuhan tua yang sudah ada sejak abad pertengahan.

Bagi yang ingin tahu sejarah Jerman dan berkunjung ke kota penuh museum, kamu bisa datang ke Berlin. Sementara Frankfurt menawarkan pemandangan kota yang dipenuhi gedung pencakar langit.

Baca Juga  2 Ciri Khas Negara Jerman Yang Paling Unik dan Berbeda

Tempat Terbaik saat Liburan ke Jerman

Dari ujung utara ke selatan, kamu akan dimanjakan dengan wisata hutan, taman, danau, gunung, gedung tua, dan sejarah masa lalu yang melimpah.

Nah berikut ini kota dan tempat-tempat terbaik yang harus dikunjungi saat liburan ke Jerman.

1. Munich

liburan ke jerman

Bagi penggemar sepakbola, nama Bayern Munich pasti sudah sangat populer. Tapi ibukota Bavaria ini juga menjadi tujuan wisata spesial.

Setiap musim libur tiba, Munich selalu ramai didatangi wisatawan Jerman maupun non Jerman. Berkunjung ke kota Munich berarti kita akan disuguhi museum dan gedung tua yang jumlahnya sangat banyak. Dan hampir semua bangunan tua di Munich masih dirawat dengan baik.

Salah satu yang sayang dilewatkan adalah Linderhof Palace yang terletak di Bavaria Barat. Istana peninggalan Raja Lundwig II ini terkenal dengan air mancur setinggi 25 meter dan ruang raja yang sangat unik.

Untuk merasakan kemewahan raja, kamu bisa masuk ke ruangan utama yang sering digunakan raja menjamu tamunya. Tidak hanya masuk ke ruangan kerajaan, berkeliling di taman seluas 125 meter akan memberikan sensasi tersendiri.

Objek wisata lain yang menjadi ikon Munich adalah Englischer Garten yang menjadi taman terbesar di Eropa dan dunia. Tempat ini menawarkan hutan rimbun, sungai, dan danau.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Englischer Garten, misalnya jogging, bersepeda, ataupun sekedar duduk-duduk di tepi danau. Bagi kamu yang datang ke Munich di akhir bulan September, Englischer Garten akan menjadi tempat terbaik untuk dikunjungi.

Masih banyak tempat bersejarah lainnya di kota Munich seperti Old Town Hall yang berumur 700 tahun, Marienplatz, Nymphenburg Palace, BMW Museum, hingga Allianz Arena.

Baca Juga  3 Tips Supaya Biaya Hidup Di Jerman Murah Untuk Mahasiswa

2. Berlin

Dengan status sebagai ibukota sekaligus kota terbesar Jerman, tidak sulit menemukan objek wisata unik di kota Berlin kalau kamu sedang liburan ke jerman. Di kota ini kamu bisa melihat kombinasi bangunan modern dan bangunan kuno sisa Perang Dunia II.

Melihat langsung bangunan tua yang ada setiap sudut kota Berlin membuat kita bisa merasakan sendiri akibat menyakitkan dari perang.

Bagi yang ingin melihat saksi sejarah Jerman bersatu saat sedang liburan ke jerman, silakan datang ke Tembok Berlin yang masih tersisa. Runtuhnya tembok Berlin pada November 1989 membuat Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu kembali. Tapi, sisa-sisa keperkasaan tembok Berlin atau Berlin Wall masih ada sampai sekarang.

Satu lagi simbol kota yang menjadi ikon Berlin, yaitu Brandenburg Gate atau Gerbang Brandenburg. Kamu tidak akan dianggap pernah ke Berlin kalau tidak sempat berfoto di tempat ini.

Bangunan yang selesai dibangun pada tahun 1791 ini dulunya menjadi gerbang untuk masuk kota Berlin. Dan sekarang menjadi simbol perdamaian Jerman Barat dan Jerman Timur.

Bangunan lain yang sangat menakjubkan adalah gedung Reichstg. Gedung yang dibuka tahun 1894 ini dulunya digunakan parlemen kekaisaran Jerman dalam melakukan sidang.

Gedung tua yang sangat megah dan memiliki ciri atap berbentuk kubah ini sampai sekarang masih terjaga keasliannya.

Selain gedung bersejarah, Berlin juga memiliki taman dalam kota yang sangat luas, hijau, dan asri. Misalnya di taman Grunewald seluas 3000 Hektar dan taman Tiegarten.

Kamu akan dibuat kagum oleh hijaunya pepohonan yang tertata rapi. Dan kalau beruntung, kamu bisa menikmati pentas budaya Jerman.

3. Hamburg

liburan ke jerman

Kota terkenal lain di luar Munich dan Berlin adalah Hamburg. Lokasi Hamburg yang dekat dengan laut membuat wisata maritim menjadi andalan orang yang liburan ke jerman.

Tempat pertama yang menjadi prioritas dikunjungi adalah Port of Hamburg atau pelabuhan Hamburg. Sebagai pelabuhan tersibuk kedua di Eropa, tempat ini menjadi pintu gerbang ekonomi Eropa bagian utara.

Dan meski awalnya tidak ditujukan untuk wisata, tapi sekarang ini Port Hamburg telah menjadi tujuan wisata menarik.

Bahkan tersedia kapal feri yang akan mengantar kamu berkeliling pelabuhan dan mengunjungi tempat-tempat menarik.

Misalnya Pantai Ovelgönne, Fishmark atau pasar ikan, lalu lanjut berkeliling sungai Elbe dan turun lagi di Landungsbrücken. Kamu juga bisa berjalan santai dan menikmati seafood di sekitar pantai.

Kalau masih ingin wisata air, Danau Alster bisa menjadi destinasi berikutnya. Karena terletak di tengah kota, kamian bisa menikmati wisata danau sekaligus pemandangan kota.

Nah bagi penggemar bangunan bersejarah, kamu bisa mengunjungi Speicherstadt yang dibangun tahun 1883. Walau usia bangunan sudah tua, tapi masih berdiri megah dan tidak terlihat kuno.

Belum lagi lokasi gedung yang mengelilingi kanal menjadikannya semakin spesial. Kamu bisa menikmati keindahan Speicherstadt dengan menyusuri kanal menggunakan kapal feri.

4. Cologne

Cologne atau Koln merupakan kota lain di Jerman yang sangat indah dan memiliki objek wisata beragam. Kamu dijamin tidak akan bosan menikmati keberagaman kota Cologne.

Datang ke Cologne rasanya tak lengkap kalau tidak berkunjung ke Cologne’s Old Town. Karena sejarah dan banyaknya bangunan kuno, kota tua Cologne banyak dikunjungi turis.

Kota tua ini sempat hancur akibat Perang Dunia II. Kemudian dibangun kembali, bahkan saat ini menjadi tempat yang sangat klasik tapi tetap cantik.

Tempat bersejarah lainnya adalah Cologne City Hall yang sudah berusia 900 tahun. Bangunan ini sudah menjadi balai kota sejak abad 11.

Tapi kalau masuk ke dalamnya, kamu akan menemui arsitektur yang berbeda-beda. Mulai dari gaya Gokhik, Renaissance, hingga Modern.

Di kota Cologne kamu juga bisa menemui Jembatan Hohenzollern yang membentang di atas sungai Rhine serta menjadi penghubung Koln Hauptbahnhof dan Stasiun Koln Messe.

Jembatan Hohenzollern atau Hohenzollernbrücke terasa indah di malam hari. Lampu yang menghiasi jembatan membuat suasana semakin semarak .

Selain tujuan wisata di atas, Cologne masih mempunyai banyak tempat untuk dikunjungi seperti Cologne Triangle, Ludwig Museum, Schnütgen Museum, Chocolate Museum, Botanical Garden, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  4 Daftar Tempat Wisata Keren Di Ibukota Jerman Untuk Wisata

5. Dresden

Dresden bisa dibilang kota underrated di Jerman. Meski tak seterkenal kota besar lainnya, kota kecil ini memiliki alam yang sangat cantik. Tidak hanya dikaruniai pesona alam, kota Dresden juga memiliki suasana artistik.

Salah satu lokasi bersejarah yang harus kamu datangi adalah kota tua yang sering disebut sebagai Altstadt. Di sini kamu bisa melihat banyak bangunan bersejarah, seperti tempat tinggal raja, benteng, dan gedung opera.

Keindahan kota tua bisa dilihat dari Bruhl Terrace atau dikenal juga sebagai Balcony of Europe. Dari bangunan balkon bergaya Renaissance ini, kamu bisa menikmati sungai Elbe dan bangunan tua yang ada di seberang sungai.

Lokasi wisata lainnya yang banyak dikunjungi turis Jerman dan mancanegara adalah Albertinum. Museum yang lokasinya tidak jauh dari Bruhl Terrace ini menyimpan banyak benda bersejarah dari Jerman dan negara-negara Eropa lainnya.

Tempat wisata terbaik lainnya yang ada di Dresden adalah Zwinger. Bangunan tua nan megah ini berupa istana berarsitektur gaya Baroque. Bahkan keunikan Dresden Zwinger membuatnya ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya Jerman.

Objek wisata di atas hanya sebagian kecil saja. Dresden masih menyimpan sejuta pesona, seperti Grünes Gewölbe atau Kubah Hijau, Gedung Opera Semper, Benteng Königstein, hingga pabrik mobil VW.

6. Frankfurt am Main

liburan ke jerman

Frankfurt sebenarnya tidak termasuk kota wisata, tapi lingkungan yang unik membuat kota yang terletak di negara bagian Hessen ini menarik dikunjungi ketika liburan ke jerman.

Di antara tempat di Frankfurt yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Romerberg atau Gunugng Romawi. Komplek seluas 1 Hektare ini sudah ada sejak tahun 1405 dan dulunya digunakan sebagai kantor balai kota.

Berdirinya Romerberg tidak bisa dilepaskan dari pameran perdagangan terbesar yang mulai diadakan di Frankfurt pada abad ke 13. Selain digunakan untuk pameran, Romerberg dulunya menjadi tempat festival budaya, perlombaan, eksekusi kejahatan, hingga pemilihan kaisar.

Destinasi lainnya yang menjadi ciri khas Frankfurt adalah Museumsufer yang terletak di pinggiran sungai Main. Kalau kamu berjalan menyusuri sungai utama kota Frankfurt, maka akan terlihat Museumsufer atau beberapa museum dan galeri seni.

Misalnya Museum Arsitektur, Museum Seni, Museum Komunikasi, Museum Film, Museum Etnologi, dll. Di hari sabtu, kawasan ini juga menjadi pusat pasar loak.

Di Frankfurt juga terdapat Goethe House (tempat kelahiran Goethe), Main Tower, Frankfurt Botanical Garden, maupun Old Opera House.

Itu tadi beberapa kota dan tempat yang menarik jika ingin liburan ke Jerman yang bisa dikunjungi saat liburan tiba. Jangan lupa melakukan persiapan semaksimal mungkin agar liburan ke Jerman memberi inspirasi dan menemukan banyak hal unik lainnya. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di tulisan tentang Jerman berikutnya.