Lambang Negara Jerman – Setiap negara memiliki lambang, yang menjadi simbol negara tersebut. Dan pastinya setiap simbol atau lambang tersebut memiliki sejarah dan arti. Jadi setiap simbol tersebut memiliki makna tertentu.

Misalnya Indonesia yang memiliki lambang garuda pancasila, dan setiap bagian dan warna memiliki makna tertentu dan bahkan untuk setiap helai dari bulu juga memiliki aturan jumlah dan arti tertentu. Namun yang menjadi simbol utama adalah bhineka tunggal ika, dengan arti berbeda-beda tetapi tetap satu, karena kemajemukan yang ada di Indonesia.

Mengenal Sejarah Lambang Negara Jerman Dan Artinya

lambang negara jerman yang mendunia
Demikian juga dengan lambang negara Jerman yang juga memiliki sejarah dan arti tententu dalam setiap bentuk dan warnanya. Lambang negara Jerman adalah burung Elang berwarna hitam dan paruh serta cakarnya berwarna merah. Berikut penjelasannya

1. Elang Hitam

Elang adalah salah satu burung yang paling kuat di bumi, dan ini menjadi lambang yang berupa harapan supaya Jerman menjadi negara yang terkuat di bumi. Kemudian warna hitam disini menunjukkan warna dari bendera Jerman yng terdiri dari hitam merah dan kuning.

Dan ternyata lambang Elang Hitam ini tidak diambil begitu saja, namun juga memiliki sejarah yang unik karena ternyata lebih 1200 jenis lambang telah dipakai di kekaisaran Jerman sejak dahulu, jadi lambang ini memang lambang yang diambil dari lambang kekuasaan sejak zaman dulu, jadi elang memiliki arti yang sangat penting bagi Jerman.

Baca Juga  2 Alasan Sistem Pendidikan Sekolah di Jerman Ini Layak Dicontoh

Lambang elang hitam ini tidak hanya digunakan sebagai lambang kenegaraan saja tetapi juga dipakai untuk lambang lainnya untuk bendera presiden dan juga lencana yang dipakai oleh para negarawan Jerman.

2. Paruh Dan Cakar

Kekuatan dari seekor elang letaknya ada di paruh dan juga cakarnya, demikian juga dengan lambang negara Jerman yang juga menyoroti bagian dari paruh dan cakar burung elang. Kekuatan pada paruh dan cakar yang juga diberi warna merah merupakan warna dari bendera Jerman juga.

Warna yang juga mempunyai arti yaitu keberanian, jadi paruh dan cakar berwarna merah memiliki arti kekuatan dan keberanian. Dan sampai sekarang negara Jerman sangat menjunjung tinggi simbol tersebut dalam berbagai bidang.

3. Background

Bacgrounda dari lambang negara Jerman adalah berwarna kuning keemasan, dan ini merupakan bagian dari warna bendera Jerman, namun juga memiliki makna tertentu dimana background warna kuning emas ini juga membentuk perisai, perisai adalah lambang dari kekuatan, dan alat yang melindungi. Jadi artinya cukup mendalam dan memiliki sejarah unik penuh arti.

Dan perlu anda ketahui juga jumlah penduduk Jerman saat ini adalah sekitar 82.000.000 jiwa, dimana jumlah penduduk Jerman tersebut jika di bandingkan dengan Indonesia memang sangat jauh berbeda.

Baca Juga  3 Daftar Universitas di Jerman Yang Gratis Untuk Dicoba

Tetapi jumlah penduduk Jerman tersebut jika disesuaikan dengan luas negara tersebut juga memang sangat jauh berbeda dengan indonesia yang wilayah sangat luasa dari Sabang sampai Merauke. Jadi luas wilayah juga memepengaruhi jumlah penduduk Jerman dan walaupun memang tidak terbilang negara padat.

Itulah simbol negara Jerman yang memiliki sejarah dan juga artinya yang sangat mendalam, dimana setiap warna dan bentuk memiliki makna yang berbeda-beda, dan menjadi sebuah harapan untuk negara tersebut.