Kuliah Kedokteran Di Jerman – Kuliah kedokteran di Jerman memiliki banyak peluang, dan untuk Indonesia sendiri. Peluang masuk jurusan kedokteran di sekolah negeri itu cukup kecil, karena persaingan yang cukup ketat, dimana mahasiswa yang diterima hanya sedikit sementara yang mendaftar sangat banyak.

Jadi jika mendengar seseorang masuk di jurusan kedokteran khususnya universitas negeri, itu adalah salah satu hal yang hebat luar biasa.

Baca Juga  2 Cara Mendapat Beasiswa Luar Negeri Jerman Untuk Mahasiswa

Dikarenakan persaingan yang ketat tadi. Sementara jika harus kuliah kedokteran di universitas swasta, biayanya yang sangat tinggi membuat hanya orang-orang tertentu yang bisa masuk di jurusan tersebut.

cara kuliah kedokteran di jerman
Raih Peluang Kuliah Kedokteran Di Jerman Dengan 2 Persiapan Ini

Lalu, bagaimana jika pola pikir anda di ubah? Bagimana jika anda mencoba raih peluang kuliah di jerman ? Peluang kuliah kedokteran di Jerman itu sebenarnya lebih tinggi dibanding Indonesia sendiri, baik dari segi persaingan masuk dan juga biaya. Untuk lebih jelaskan simak peluang kuliah kedokteran di Jerman berikut ini :

1. Jumlah Yang Diterima

Di Jerman setiap tahunnya menerima sekitar 10.000 hingga 11.000 mahasiswa kedokteran. Dan yang mendaftar untuk test biasanya hanya 40.000 saja, artinya peluang anda masuk itu cukub banyak. Anda hanya perlu menyingkirkan 3 orang. Karena jika dihitung perbandingannya hanya 1 : 4. dari 4 orang yang mendaftar dan test yang diterima adalah 1 orang.

Peluang ini cukup besar dibanding anda bersaing masuk kuliah kedoteran di Indonesia. Namun memang persiapan anda lebih banyak dibanding kuliah di Indonesia. Dan perlu anda ketahui mengapa peluang kuliah kedokteran jerman itu lebih tinggi.

Peluang kuliah kedokteran lebih tinggi karena di Jerman tenaga kesehatan sangat banyak dibutuhkan, baik itu dokter, perawat dan bidan. Jadi jangan heran jika mereka menampung 10.000 hingga 11.000 mahasiwa hanya untuk jurusan kedokteran saja setiap tahunnya.

Baca Juga  8 Syarat Syarat Cara Kuliah di Jerman Dengan Program DAAD

2. Biaya

Saat ini Jerman sudah mengratiskan biaya kuliah di 90% univeristas, baik itu univeritas pavorit atau tidak. Dan walaupun ada universitas yang tetap harus bayar biaya kuliah, tetapi biaya kuliahnya tidak banyak, tetap ada banyak potongannya.

Jadi jika mengingat besarnya biaya kuliah kedokteran universitas swasta di Indonesia, anda sebaiknya persiapkan diri untuk kuliah kedokteran ke Jerman. Karena peluangnya lebih besar dan biayanya juga lebih sedikit.

Jika anda bisa mendapatkan beasiwa dari pemerintahan Indonesia akan lebih baik, karena semua akan di fasilitasi, mulai dari keberangkatan dari Indonesia, tempat tinggal, transport, biaya makan dan minum bahkan juga uang saku. Namun jika anda berangkat tanpa beasiwa anda harus membayar tikwt pesawat sendirim dan juga biaya hidup tinggal di jerman.

Selain kemampuan ilmu pengetahuan terlebih untuk mata pelajaran IPA yang harus anda tingkatkan, bahasa juga menjadi satu yang wajib anda ketahui. Jadi persiapkan kemampuan bahasa anda jika ingin memilih Jerman untuk melanjutkan studi kedokteran.