Kuliah Di Perancis – Tidak seperti Jerman yang mengratiskan uang kuliah, Perancis tetap mengaruskan calon mahasiwanya untuk membayar biaya kuliah, tetapi tahukah anda bahwa biaya kuliah di Perancis itu lebih murah daripada biaya kuliah di Indonesia?

Biaya kuliah di perancis saat ini memang lebih murah dibanding uang kuliah di Indonesia pada umumnya, uang kuliah untuk universitas swasta dan negeri juga tetap murah. Uang kuliah murah ini sebenarnya karena adanya bantuan dari pemerinta Perancis kesetiap univesitas disana.

kuliah di perancis
Mengintip Rincian Biaya Kuliah Di Perancis Tanpa Beasiswa

Uang kuliah murah ini berlaku untuk semua mahasiswa, baik mahasiwa asal Perancis dan dari luar Perancis. Untuk lebih lengkapnya simak artikel berikut ini :

1. Uang Kuliah Universitas Negeri

Uang kuliah di Universitas negeri di Perancis tergolong sangat murah, namun ada tingkatan unutk setiap tingkatan pendidikan yang diterima. Misalnya untuk mahasiswa S1, akan berbeda ke mahasiswa S2, begitu juga dengan biaya kuliah S3 akan lebih tinggi lagi.

Untuk biaya uang kuliah per tahunnya untuk mahasiswa semester 1 hanya membayar 185 Euro atau kalau di ubah ke rupiah sekitar Rp.2.970.022 atau bisa kita bulatkan menjadi Rp.3.000.000 per tahunnya, artinya untuk satu semester hanya perlu membayar Rp.1.500.000 dan pastinya di Indonesia akan sangat jarang menemukan univeristas dengan uang kuliah hanya dengan biaya murah seperti itu.

Baca Juga  3 Tips Supaya Biaya Hidup Di Jerman Murah Untuk Mahasiswa

Untuk mahasiswa magister atau S2 pertahunnya hanya perlu membayarkan uang kuliah 250 Euro atau jika di ubah kerupiah Rp.3.999.000 atau dibulatkan hanya Rp. 4.000.000 saja setiap tahunnya dan per semester nya hanya Rp.2.000.000. Sangat mustahil mahasiswa S2 di Indonesia tanpa beasiswa membayar uang kuliahnya Rp.2.000.000.

Untuk S3 dengan gelar Ph.D hanya 390 Euro atau jika di rupiahkan Rp.6.220.000 dan sangat murah untuk ukuran kuliah S3 di Indonesia. Jadi anda jangan khawatir dengan biaya kuliah di perancis, namun untuk univeristas negeri peluang masuknya lebih sulit dari pada swasta.

2. Untuk Kuliah Universitas Swasta

Untuk uang kuliah di kampus swasta memang jauh lebih mahal dari pada di universitas negeri, sama seperti di Indonesia. Universitas swasta pastinya tidak begitu banyak di support oleh pemerintah jadi tetap lebih mahal.

Namun jika uang kulaih swasta di Perancis dibandingkan dengan Uangk kuliah di Indonesia tetap lebih mahal uang kuliah univeristas swasta di Indonesia.

Baca Juga  Catat, Inilah Persyaratan Untuk Applay Beasiswa Jerman S2

Karena untuk mahasiswa S1 uang kuliahnya sekitar 1.500 Euro atau dirupiahkan menjadi Rp. 23.950.000 atau kita bulatkan menjadi RP.24.000.000 setiap tahunnya. Dan untuk satu semester atau setengah semester hanya Rp. 12.000.000 dibanding kuliah di univeristas swasta favorite di Indonesia, kuliah di Perancis dengan kampus swasta masih lebih murah.

Namun untuk fakultas bisnis jauh lebih mahal, karena jurusan di fakultas ini sangat difavoritkan dan alamuninya juga sangat di cari dalam dunia kerja sehingga uang kuliahnya mencapai 4.500 Euro atau sekitar Rp,71.000.000. Untuk fakultas bisnis di Perancis setara seperti biaya biaya kedokteran di Indonesia yaitu fakultas mahal.