Kuliah Di Jerman- Kuliah di Jerman pastinya akan sangat menantang dibandingkan dengan kuliah di negara sendiri, bagaimana kuliah di Jerman?

Berapa biaya kuliah di Negara Jerman? Apa syarat Kuliah di Jerman dan apa saja jurusan kuliah di Negara Jerman? Itu adalah pertanyaan umum yang akan dibahas berikut ini.

Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kuliah Di Jerman

biaya kuliah di jerman

1. Biaya Kuliah Di Jerman

Ini adalah kabar baik yang sebernarnya tidak banya orang tau. Karena ketika dibicarakan kuliah di luar negeri, yang dipikiran orang pada umumnya adalah. Ahhh biayanya mahal. Ya mungkin secara umum hal itu benar, jika kita bandingkan dengan kuliah tanpa beasiswa si Amerika, Australia, ya pastinya akan butuh banyak biaya.

Tetapi kenyataanya untuk Jerman, biaya kuliah itu gratis. Anda sama sekali tidak akan mengeluarkan sepeserpun untuk biaya kuliah, karena semua ditanggung oleh pemerintah jerman. Ini tidak dikhususkan untuk mereka yang warga negara Jerman, tetapi untuk siapapun yang diterima di universitas tersebut.

Jadi jangan heran jika banyak orang Indonesia yang berangkat kuliah tanpa beasiswa, mereka sama sekali tidak membayar biaya kuliah, jadi sangat membantu bagi anda yang tidak punya biaya kuliah karena akan ditanggung atau gratis oleh pemerintah Jerman.

Baca Juga  8 Syarat Syarat Cara Kuliah di Jerman Dengan Program DAAD

Dan akan menjadi biaya yang akan anda bayarkan adalah, biaya membeli buku tambahan yang anda butuhkan. Namun untuk buku sebenarnya bisa anda cari di perpustakaan.

Karena perpustakaan di Jerman sangat banyak ditemui dan juga lengkap, dan semua kampus juga memiliki perpustakaan besar, karena pada dasarnya orang Jerman suka membaca.

Dan kemudian biaya lainnya yang akan anda bayar, yaitu biaya apartement, atau tempat tinggal, biaya makan dan transportasi, jika anda bisa membagi waktu anda juga bisa sambil bekerja secara freelance. Untuk membantu biaya hidup selama di Jerman.

2. Syarat Syarat Kuliah Di Jerman

Syarat kuliah di Jerman tidaklah serumit kuliah di Amerika atu Ausralian yang meminta sertifikat TOEFL, IELTS, dan lain sebagainya. Anda hanya diwajibkan bisa berbahasa Jerman atau mempunyai sertifikat bahasa Jerman minimal setara B1. Selebihnya syarat lain pada umumnya, yaitu ijazah terakhir anda, visa dan pasport.

Baca Juga  2 Pertimbangan Sebelum Mengikuti Kursus Bahasa Jerman

Dan menentukan akan diterima atau tidaknya tergantung hasil test anda di universitas tersebut, jadi biasanya mereka yang ingin kuliah di Jerman akan meng-applay ke beberapa universitas, jadi jika gagal di satu tempat bisa mencoba di tempatt lain lagi.

3. Jurusan Kuliah di Jerman

Untuk jurusan di Jerman lengkap, anda tinggal cari informasi ke tiap universitas apakah ada jurusan yang anda inginkan atau tidak. Dan cari tahu persyaratan apa saja untuk jurusan tersebut.

Baca Juga  Biaya Kuliah Di Jerman Tanpa Beasiswa - Begini Perhitungannya

Pastikan anda mengambil jurusan sesuai minat dan kemampuan karena sangat disayangkan jika anda hanya berpikiran satu jurusan tersebut keren namun ternyata anda tidak memiliki minat dan kemampuan di bidang itu.

Namun jurusan yang paling diminati dijerman biasanya itu adalah di bidang fisika asronomi, otomotif dan desain.

Itulah 3 hal penting yang perlu anda ketahui tentang kuliah di negara Jerman, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.