Yuk Isi Form di Bawah, Tim Kami Siap Melayani Anda

Kuliah Di Jerman Gratis – Kuliah di Jerman gratis bukanlah sebuah rahasia lagi, karena kuliah di Jerman gratis ini sudah cukup lama, dan berlaku hampir disemua universitas di Jerman. Jika pun ada universitas yang masih harus tetap membayar biaya kuliah, tetapi pembayaran masih tidak secara keseluruhan.

Program kuliah di Jerman gratis ini di biayai oleh pemerintan Jerman, sehingga Jerman sudah menajadi salah satu negara di dunia dengan masyarakat yang mengecap pendidikan paling tinggi di dunia. Karena memang selain keinginan untuk kuliah di Jerman itu tinggi ditambah tidak ada masalah dalam biaya.

Baca Juga  8 Syarat Syarat Cara Kuliah di Jerman Dengan Program DAAD

Apakah kuliah gratis ini juga berlaku bagi mahasiwa yang dari negara lain? Ya, semua mahasiswa baik berasal dari jerman atau tidak tetap difasilitasi dan uang kuliah atau biaya kuliah gratis. Hanya saja, anda harus membiayai sendiri untuk biaya keberangkatan ke Jerman dan juga biaya untuk hidup di Jerman.

cara kuliah di jerman gratis

5 Persiapan Untuk Kuliah Di Jerman Gratis yang Perlu Diketahui

Lalu bagaimana cara atau apa yang harus anda persiapakan untuk bisa kuliah di Jerman gratis? Simak pada penjelasan berikut di bawah ini.

1. Bahasa Jerman

Bahasa jerman adalah salah satu yang wajib anda persiapkan, karena setiap universitas akan meminta sertifikat kemampuan bahasa Jerman anda.

Jadi anda tidak hanya sekedar tahu tetapi juga harus dibuktikan dengan sertifikat. Dan untuk sertifikat ini setiap kampus atau universitas memimiki persyaratan yang berbeda, jadi anda siapkan sesuai yang mintakan oleh kampus.

2. Ijazah

Siapkan ijazah terakhir anda, foto copy dan legalisir. Kemudian terjemahkan kedalam bahasa Jerman dan penilainnya ubah ke dalam penilaian bentuk international. Anda bisa cari bagaimana cara mengubah satuan nilai tersebut di Internet. Persiapkan hingga beberapa lembar sehingga anda tidak perlu repot jika dimintai beberapa lembar.

Baca Juga  Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kuliah Di Jerman

3. Motivation Letter

Ini salah satu bedanya kuliah di Indonesia dengan di Jerman. Jika di Indonesia, kita tidak pernah dimintai apa motivasi kita kuliah di univeristas tersebut. Namun di Jerman apda umumnya univsitas memintai motivation letter, jadi anda harus menjelaskan ecara detai apa yang menjadi motivasi anda memilih universitas dan jurusan tersebut.

4. Penanggung Jawab Biaya Hidup

Anda sebagai calon mahasiswa yang pastinya belum mempunyai penghasilan atau uang, biasanya akan dimintai surat siapa yang akan menanggung biaya hidup anda. Dan ini bertujuan supaya ketika anda kuliah dan kehabisan dana, ada pihak yang harus dihubungi untuk bertanggung jawab.

5. Visa & Pasport

Anda harus melengkapi dokument perjalanan ini dan setelah anda sampai di Jerman, wajib melapor ke KBRI. Jadi anda aman, dan jika ada masalah tak terduga anda bisa langsung dibnatu oleh KBRI. Jadi sesampainya di Jerman, KBRI adalah salah satu yang harus anda langsung kunjungi dan melapor.

Sekian untuk persiapan kuliah di Jerman gratis, semoga bermanfaat dan bisa membantu anda yang sedang dalam prepare kuliah ke Jerman.