Kehidupan di Norwegia – Norwegia adalah salah satu negara yang memiliki standar kehidupan cukup tinggi di dunia. Artinya di negara ini semua barang-barang memiliki nilai yang sangat tinggi. Namun jika dilihat dari segi pendidikan, Norwegia memiliki kebanggan tersendiri masalah kualitas. Mahasiswa yang bersekolah di universitas negeri Norwegia tidak perlu membayar biaya pendidikan.

Jika kamu berminat untuk melanjutkan studi sebagai mahasiswa internasional di Norwegia penting sekali untuk mengetahui bagaimana gaya hidup yang nantinya akan dijalani. Siapa yang tidak tertarik untuk bisa tinggal dan belajar di negara yang memiliki julukan sebagai negara paling bahagia ini?

Apabila muncul kesempatan untuk melakukan perjalanan bahkan studi di sana, pasti tidak akan dilewatkan. Walaupun lokasinya berada di bagian paling utara Eropa, Norwegia memiliki banyak tingkat pendidikan yang sangat menarik. Sambil memilih universitas mana yang ingin dituju, tidak ada salahnya mempelajari bagaimana gaya hidup sebagai pelajar di sana.

rincian pengeluaran norway
Rincian Pengeluaran Norwegia Selama Menjadi Mahasiswa

Universitas di Norwegia menawarkan berbagai program studi yang memiliki kualitas pendidikan paling baik. Bagi mahasiswa internasional terdapat beberapa jurusan yang sangat diinginkan yaitu social science, seni, desain dan arsitektur, serta bisnis dan manajemen.

Selama menjalani kehidupan di Norway sebagai pelajar ada beberapa pengeluaran yang harus terus diperhatikan. Beberapa pengeluaran ini termasuk biaya administrasi universitas, akomodasi, buku, hiburan, makan, dan lainnya. Untuk mengupas satu per satu kebutuhan apa saja yang perlu dipersiapkan, simak penjelasannya berikut ini.

1. Biaya administrasi di Universitas

Pengeluaran pertama dan sangat penting adalah berapa biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan. Jika kamu mendapatkan beasiswa full maka semua biaya administrasi tidak perlu dipikirkan kembali. Namun jika tidak maka biaya pribadi yang dikeluarkan ini harus dipertimbangkan.

Setiap semester, mahasiswa harus membayar sekitar 50 NOK dan biaya ini perlu dipenuhi sebelum mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan hingga selesai ujian. Biaya tersebut akan memenuhi kebutuhan seperti akses ke fasilitas olahraga, diskon untuk transportasi umum, konser, acara budaya kampus lainnya.

2. Biaya akomodasi

Akomodasi adalah biaya yang paling besar dibandingkan dengan kebutuhan lainnya. Cara paling mudah adalah tinggal dengan penduduk asli dengan izin khusus. Tentu tidak perlu biaya sewa tempat tinggal yang harus dikeluarkan. Jika tidak maka biaya akomodasi apartemen harus diperhatikan.

Biaya sewa akan berbeda sesuai dengan kota tempat tinggal. Tinggal di kota besar artinya biaya yang dikeluarkan akan semakin meningkat. Biaya sewa satu apartemen dengan satu kamar adalah 1.000 euro per bulannya.

Baca Juga  6 Trik Belajar Bahasa Norwegia dengan Cepat untuk Pemula

3. Buku dan materi belajar

Sebagai pelajar, kamu akan menghabiskan banyak biaya kehidupan di Norwegia untuk memenuhi kebutuhan ini , di awal semester mungkin masih belum terlalu banyak, namun di tengah perkuliahan buku yang dibutuhkan akan semakin banyak. Buku bekas juga tersedia dan kamu bisa membelinya dengan harga murah.

Bisa juga mendapatkan buku dari mahasiswa lain yang sudah lulus jadi pastikan selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai buku bekas dari senior.

4. Kebutuhan konsumsi

Biaya kehidupan di Norwegia ini bisa membengkak jika kamu tidak merencanakannya di awal. Makanan di Norway cukup mahal terutama jika membelinya di restoran.

Demi menghemat kehidupan di Norway, sebaiknya belanja dan memasak sendiri di rumah. Cara ini bisa menghemat bahkan tiga kali lipat dari sekali makan di restoran.

Hal ini juga dilakukan oleh mahasiswa asing lainnya, jadi sebaiknya pelajari cara memasak dan apa saja yang kira-kira bahan tersedia di supermarket. Selalu pilih bahan dengan harga murah, karena banyak sekali diskon yang ditawarkan.

5. Hiburan

Pulang ke negara asal setiap kali liburan tiba tentu akan memakan banyak uang. Sebaiknya habiskan liburan dan tetap tinggal di Norwegia. Banyak pemandangan dan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan kartu pelajar, kamu juga bisa mendapatkan biaya diskon menggunakan transportasi umum.

Ketika cuaca sedang cerah seperti pada saat musim panas kamu bisa bepergian dengan menaiki sepeda. Tentu saja cara ini akan menghemat pengeluaran sebanyak mungkin.

tips mengatur biaya kehidupan di norwegia
Tips Mengatur Biaya Hidup di Norway Agar Lebih Hemat

Mengatur pengeluaran Norway sebagai mahasiswa internasional memang tidak mudah jika tidak terbiasa di awalnya. Mungkin kamu akan mengalami kesulitan di awal mulai dari semester awal. Namun di semester kedua, pasti sudah terbiasa dengan ritme kehidupan di sana.

Demi bisa bertahan di kehidupan Norwegia maka Kamu perlu menghemat pengeluaran agar natinya masih bisa berjalan-jalan, sebaiknya ikuti tips berikut ini.

1. Masak sendiri

Pastikan kamu membatasi makan di luar baik di restoran atau jajan di kaki lima. Memasak sendiri akan selalu lebih hemat dan sehat.

2. Menabung

Menabung untuk membeli sepeda bekas akan menghemat menggunakan transportasi umum.

Baca Juga  3 Tips Supaya Biaya Hidup Di Jerman Murah Untuk Mahasiswa

3. Pilih tempat tinggal yang dekat denga kampus

Pilih tempat tinggal yang dekat dengan kampus, sehingga kamu bisa berangkat dengan sepeda atau berjalan kaki.

4. Beli buku dengan harga yang lebih murah

Buat daftar buku yang bisa dibeli dengan harga murah. Pastikan kamu dekat dengan senior sehingga bisa mendapatkan buku dengan gratis atau murah.