Kebudayaan Negara Perancis – Tradisi dan budaya Perancis memiliki daya tarik tersendiri bagi orang asing termasuk Indonesia. berbagai macam unsur yang termasuk di dalamnya seperti makanan, wine dan juga bahasa yang menunjukkan etika.

Jika Anda memiliki kesempatan untuk bisa tinggal di Perancis baik sebentar atau lama maka membiasakan diri dengan budaya dan tradisi mereka akan menambah banyak pengalaman. Perancis sendiri adalah negara yang memiliki penduduk 65 juta orang dan terkenal sebagai negara multietnis dan multikultural.

Baca Juga   5 Cara Belajar Bahasa Perancis Dasar Untuk Para Pemula

Mari kita telusuri kebudayaan mulai dari bahasa yang banyak digunakan. Sebagian besar penduduk asli berbicara menggunakan bahasa Perancis. Fakta ini membuat banyak orang asing sedikit was-was ketika mengunjungi negara Perancis. Banyak orang Perancis yang tidak suka dengan bahasa Inggris.

Orang Perancis sangat tidak suka dipanggil dalam bahasa Inggris oleh orang asing tanpa ditanya terlebih dahulu apakah mereka dapat berbahasa Inggris. Dalam budaya Perancis, ada beberapa kehidupan sosial yang penting seperti menyapa orang dengan benar.

 kebudayaan negara perancis

Mengenal Kebudayaan Negara Perancis dari Bahasa Hingga Makanan

Menyapa adalah cara pertama yang penting untuk membuat kesan pertama yang bagus. Disisi lain jika Anda gagal menyapa orang lain artinya menyinggung seseorang. Tapi jangan khawatir karena ada beberapa aturan untuk menyapa yang mudah berikut ini.

1. Salam resmi

Pertama adalah cara sopan untuk menyapa seseorang adalah dengan mengatakan ‘Bonjour’ artinya adalah selamat pagi. Gunakan kata tersebut ketika bertemu seseorang bahkan itu adalah orang asing.

Ketika Anda akan menarik seseorang untuk memulai percakapan katakan ‘Bonjour Madame / Monsieur’. Tidak perlu menggunakan nama mereka jika Anda belum mengenalnya.

2. Salam informal

Salam yang informal juga kebudayaan negara Perancis dimana dilakukan pada seseorang yang telah akrab. Tentunya jangan lakukan hal ini dengan orang asing. Caranya adalah mencium orang perancis di pipi satu sama lain menandakan sapaan yang akrab.

Ciuman ini disebut sebagai la bise. Umumnya yang melakukan ini adalah wanita untuk pria atau sesama wanita baik di lingkungan teman, keluarga dan non bisnis. Sedangkan untuk sesama lelaki bisa hanya berjabat tangan saja.

3. Kebudayaan Perancis tentang Makanan dan Minuman

Bukan rahasia lagi jika masakan dan wine asal Perancis sangat dijunjung tinggi di seluruh dunia. Meskipun istilah ‘masakan Prancis’ umumnya digunakan untuk menggambarkan semua makanan dari Perancis, masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri.

Berikut ini beberapa makanan dari daerah sesuai dengan bahan-bahan lokal yang mereka miliki. Pertanian di Normandia dan pantai Atlantik menghasilkan makanan khas laut dengan apel dan produk susu seperti mentega, krim, dan keju.

Baca Juga  4 Kota Di Perancis Yang Paling Terkenal Dengan Wisata Keren

Daerah Burgundy dimana dekat dengan peternakan memiliki Boeuf Bourguignon yaitu daging sapi potong dadu yang dimasak dengan anggur merah. Makanan ini adalah hidangan klasik yang tidak boleh dilewatkan.

Bagian selatan Perancis memiliki hidangan minyak zaitun di atas mentega dan hidangan tradisional yang menggunakan tomat segar, bawang putih, dan rempah-rempah seperti kemangi, rosemary, dan oregano.

Alsace, dekat perbatasan Jerman, cenderung menyajikan hidangan daging yang lezat, choucroute (sauerkraut), dan makanan lain yang dipengaruhi Jerman.

Selain makanan, minuman yang terkenal dari Perancis adalah wine. Beberapa jenis wine yang terkenal di seluruh dunia adalah Bordeaux, Burgundy, dan Champagne. Sebagian besar orang Perancis sendiri justru tidak mau minum anggur.

Padahal pada tahun 2016 Perancis telah mengekspor sekitar 9 miliar dolar dalam bentuk anggur. Jenis anggur terkenal yang lainnya adalah Chardonnay, Sauvignon Blanc, Cabernet Sauvignon, dan Syrah.