Kebiasaan Orang Jerman – Pernahkah kamu mengunjungi suatu tempat dan kaget dengan kebiasaan warga setempat yang baru kamu temui? Memang setiap negara memiliki kebiasaan yang berbeda – beda.

Perbedaan kebiasaan yang dilakukan oleh orang di tiap negara, mungkin akan membuat orang asing yang berkunjung ke suatu negara akan sulit memahami dengan kebiasaan di negara tersebut, misalnya saja di negara Jerman.

5 Kebiasaan Orang Jerman yang Berbeda dengan Kebiasaan Orang Indonesia

kebiasaan orang jerman yang berbeda dengan orang indonesia

Saat kamu mengunjungi negara Jerman, tentu kamu akan menemui kebiasaan orang Jerman yang berbeda dengan kebiasaan orang di negara kamu. Nah, agar kamu lebih mudah menyesuaikan diri ketika berkunjung atau tinggal di Jerman, simak kebiasaan orang Jerman dan karakter orang Jerman berikut ini.

1. Orang Jerman “Straight To The Point”

Jika kamu biasa hidup di Indonesia dan terbiasa dengan orang Indonesia yang suka berbasa – basi untuk menjaga kesopanan dan agar tidak dianggap kasar, berbeda dengan orang Jerman. Karakter orang Jerman terkenal dengan “straight to the point” atau langsung, tidak suka berbasa basi.

Orang Jerman tidak suka berbelit – belit jika mereka ingin mengatakan sesuatu. Mereka biasanya akan langsung mengatakan secara langsung. Mungkin kamu akan terkejut saat pertama kali berinteraksi dengan orang Jerman, tapi jika kamu tinggal di Jerman lama – lama kamu akan terbiasa dengan kebiasaan orang Jerman tersebut.

Baca Juga  Mengenal Jejak - Jejak Sejarah Jerman di Kota Berlin

2. Kamu Harus Menyediakan Uang Tunai untuk Transaksi di Jerman

Jika kamu terbiasa tidak membawa uang cash ketika makan di restoran atau membeli sesuatu, kamu harus membiasakan diri membawa uang cash ketika berada di Jerman.

Walaupun Jerman terkenal dengan inovasi dan kemodernannya, ada satu kebiasaan orang Jerman yang bertolak belakang yaitu orang Jerman jarang menggunakan kartu debit atau kredit ketika melakukan transaksi.

Banyak restoran di Jerman yang hanya menerima uang tunai sehingga jika kamu tidak membawa uang tunai saat makan di restoran Jerman, kamu perlu pergi ke ATM untuk mengambil uang tunai dulu.

3. Ketepatan Waktu Sangat Penting

Jika kamu sering menemukan orang – orang yang sering ‘ngaret’ atau datang setelah waktu yang ditentukan ketika janjian dengan teman di Indonesia, kamu tidak akan menemukan orang – orang dengan ‘jam karet’ di Jerman.

Di negara maju seperti Jerman, orang – orang di negara ini sangat menghargai waktu. Tepat waktu menjadi kebiasaan orang Jerman yang juga menjadi karakter orang Jerman. Jika kamu memiliki janji dengan orang Jerman kamu harus tepat waktu karena mereka tidak mentolerir jika kamu terlambat atau tidak tepat waktu.

4. Orang Jerman Cuek dan Tidak Kepo

Di Indonesia kamu mungkin sering menemukan ada orang yang suka ingin tahu dengan urusan orang lain atau kepo, berbeda dengan kebiasaan orang Jerman. Di Jerman, orang – orangnya terkesan cuek saat kamu belum kenal dekat dan akrab.

Selain itu, karakter orang Jerman tidak kepo dan tidak suka mencampuri urusan orang lain. Mereka sangat menghargai privasi sehingga urusan pribadi biasanya hanya diketahui oleh orang terdekat seperti pasangan atau keluarga.

Baca Juga  2 Aplikasi Online Belajar Bahasa Jerman Sehari Hari

5. Orang Jerman Suka Mengoreksi Perilaku Orang Lain di Depan Publik

Walaupun orang Jerman terkesan cuek, namun salah satu sikap dan kebiasaan orang Jerman yang akan kamu temui di Jerman adalah mereka tidak segan – segan untuk mengoreksi perilaku orang lain di depan publik.

Orang – orang Jerman tidak suka perilaku antisosial dan orang yang tidak mematuhi norma sosial sehingga budaya memperbaiki perilaku orang lain ini meluas khususnya di Bavaria, yang masih memiliki beberapa kebiasaan tradisional.

Orang Jerman tidak pandang bulu untuk mengingatkan seseorang yang melakukan sesuatu yang salah , terlepas apakah yang melakukan kesalahan itu anak kecil ataupun orang dewasa.