Keadaan Alam Jerman – Tidak mengherankan jika orang – orang Jerman menyukai menghabiskan waktu di alam terbuka karena keadaan alam Jerman memang indah. Ada hutan, sungai, pegunungan, dataran renda, serta taman – taman umum yang banyak terdapat di kota – kota Jerman. Yuk kita simak bagaimana keadaan alam Jerman berikut ini.

Letak Geografis Jerman dan Astronomis Jerman

keadaan alam jerman

Secara geografis Jerman terletak di Eropa bagian tengah dan berbatasan dengan 9 negara di Eropa lainnya. Batas – batas negara Jerman yaitu:

• Sebelah barat Jerman berbatasan dengan Belgia, Belanda, Luksemburg, dan Perancis.

• Sebelah timur Jerman berbatasan dengan Republik Ceko dan Polandia.

• Sebelah utara Jerman berbatasan dengan Denmark.

• Di sebelah selatan negara Jerman berbatasan dengan negara Swiss dan Austria.

Baca Juga  Letak Astronomis, Geografis dan Luas Wilayah Jerman

Secara astronomis Jerman terletak pada 47° LU-55° LU dan di antara 6° BT-15° BT. Negara yang terdiri dari 16 negara bagian ini memiliki luas wilayah 357.386 km2.

keadaan alam jerman
Mengenal Keadaan Alam Jerman Lebih Dalam

Topografi Jerman secara umum merupakan dataran rendah di bagian utara dan wilayah berbukit – bukit di selatan. Wilayah pantai yang dimiliki Jerman berada di kawasan Laut Utara tetapi garis pantainya relatif pendek.

Meskipun begitu, ada wilayah pantai yang lebih panjang di Laut Baltik, tetapi perairan laut ini cenderung membeku di musim dingin.
Keadaan alam Jerman terdiri dari:

• Pegunungan Alpen

Pegunungan Alpen merupakan rangkaian pegunungan terbesar di Benua Eropa. Pegunungan Alpen menjadi pembatas wilayah selatan Jerman. Pegunungan Alpen di Jerman meliputi pegunungan Harz, Ardenes, Yura, dan Thuringen. Puncak tertinggi di Jerman adalah Zugspitze dengan ketinggian 2.963 m dpl.

• Dataran Rendah Jerman Utara

Keadaan alam berupa dataran rendah ini merupakan dataran rendah yang paling luas di Jerman. Dataran rendah yang ada di negara Jerman ini bagian dari wilayah dataran rendah utara Eropa yang membentang mulai dari barat daya Perancis hingga ke negara Rusia.

Dataran rendah yang ada di Jerman membentang mulai dari kawasan pantai Laut Baltik, Lembah Ruhr, Rheinland hingga ke perbatasan Polandia. Wilayah dataran rendah ini sebagian besar tanahnya berpasir, sepanjang laut sebelah utara dan timur terdiri atas tanah liat, dan di bagian selatan terdiri atas tanah loss.

Wilayah ini dialiri sunga – sungai utama yang mengalir menuju Laut Utara dan Laut Baltik seperti Sungai Rhein, Elbe, Ems, Oder, dan Weser. Di sekitar sungai – sungai ini terdapat banyak pusat industri dan pelabuhan.

• Dataran Tinggi Tengah

Dataran tinggi tengah berada di antara dataran rendah utara dan Pegunungan Alpen di selatan. Dataran tingi tengah merupakan wilayah plato yang membujur dari daerah yang hampir datar sampai pegunungan, yang dilingkupi bebatuan dan tanah yang tidak subur.

Sebagian besar plato di wilayah ini memiliki ketinggian 300 – 760 m dari permukaan laut. Puncak tertinggi yang tingginya melebihi 910 m adalah Gunung Harz dan Hutan Thuringia.

Baca Juga  Mengenal Sejarah Lambang Negara Jerman Dan Artinya

• Perbukitan Jerman Selatan

Keadaan alam perbukitan Jerman selatan memanjang dari barat daya ke timur laut. Sungai – sungai yang mengaliri sebagian wilayah ini adalah Sungai Rhein, Sungai Main, dan Sungai Neckar. Sungai Rhein menjadi prasarana transportasi terpenting yang memiliki fungsi sebagai jalur pelayaran untuk mengangkut hasil industri di wilayah ini.

• Black Forest

Black Forest merupakan wilayah pegunungan yang namanya diambil dari hutan cemara fir dan spruce yang lebat dan berwarna gelap yang menyelimuti daerah tersebut. Wilayah ini memiliki ketinggian rata – rata 762 sampai 910 meter di atas permukaan laut, dengan beberapa puncak yang tingginya bisa mencapai 1200 m.