Iklim di Jerman – Secara geografi negara Jerman berbatasan dengan Austria, Belgia, Denmark, Republik Ceko, Perancis, Luksemburg, Belanda, Polandia dan Swiss. Di sebelah barat laut terdapat garis pantai di Laut Utara sedangkan garis pantai Baltik di timur laut membentang dari Denmark ke perbatasan Polandia.

Di sebelah selatan Jerman berbatasan dengan pegunungan Alpen. Gunung tertinggi yang ada di Jerman adalah Zugspitze di Bavaria dengan ketinggian 2.962 m di atas permukaan laut. Dengan luas wilayah 357.340 km2, keadaan alam di 16 negara bagian Jerman bervariasi.

Negara keempat terbesar di Uni Eropa berdasarkan luas wilayah ini hampir sepertiga wilayahnya terdiri dari hutan. Sungai terpanjang yang mengalir di Jerman adalah sungai Rhein dan sungai Elbe menjadi sungai terpanjang kedua.

Struktur geografis Jerman terdiri dari Laut Utara dan Laut Baltik hingga Pegunungan Alpen di selatan, dataran rendah Jerman Utara, barisan pegunungan rendah, pegunungan rendah ber­tingkat di bagian barat daya, daerah kaki Pegunungan Alpen di kawasan selatan, dan Pegunungan Alpen Bavaria.

Sejak bertahun-tahun Pegunungan Alpen, danau – danau, cagar alam, pantai laut, dan lembah sungai menjadi tujuan wisata favorit orang Jerman dan para wisatawan yang datang ke Jerman.

iklim di jerman
Cuaca dan Iklim di Jerman

Jerman berada di zona beriklim belahan bumi utara. Secara umum iklim di Jerman adalah iklim sedang dengan musim panas yang hangat dan musim dingin. Iklim di Jerman bervariasi dengan 4 musim dan menawarkan musim dingin yang bisa sangat dingin hingga musim panas.

Namun saat musim dingin salju dalam waktu lama jarang terjadi. Di Jerman hujan turun sepanjang tahun. Suhu siang pada bulan Januari rata – rata adalah 3 derajat Celcius atau 38 derajat Fahrenheit dan suhu siang pada bulan Juli adalah 22 derajat Celcius atau 72 derajat Fahrenheit.

Baca Juga  Mengenal Kebudayaan Negara Perancis dari Bahasa Hingga Makanan

Suhu ekstrem di Jerman terkadang bisa mencabai -10 derajat Celcius atau 5 derajat Fahrenheit pada musim dingin dan 35 derajat Celcius atau 95 derajat Fahrenheit pada musim panas.

Cuaca dan iklim di Jerman bagian barat laut seringkali terpengaruh Atlantik dengan hujan dan hanya musim panas yang cukup hangat. Terkadang ada badai besar sesekali pada musim gugur. Semakin ke selatan dan timur, musim panas di Jerman semakin hangat dan semakin sering terjadi cuaca ekstrem.

Selama bulan Mei – September, wilayah di Laut Utara dan pesisir Laut Baltik suhunya lebih hangat. Suhu rata – rata di tempat ini antara 21 derajat – 28 derajat Celcius. Pada bulan – bulan tersebut liburan pantai di sini akan terasa hangat.

iklim di jerman di pegunungan
Cuaca dan Iklim di Jerman Diwilayah Pegunungan

Tempat – tempat yang berada di dekat Laut Baltik Jerman umumnya beriklim lebih kontinental. Di wilayah tersebut musim panas sedikit lebih pendek dengan suhu yang lebih ringan. Sementara di daerah pegunungan suhunya agak lebih moderat bahkan di pertengahan musim panas.

Baca Juga  Mengenal Jejak - Jejak Sejarah Jerman di Kota Berlin

Oleh karena itu cuaca dan iklim di Jerman di pegunungan mengundang untuk mendaki dan kegiatan luar ruangan lainnya. Di Pegunungan Alpen Jerman khususnya di bagian selatan negara Jerman dikenal dengan olahraga musim dingin, biasanya dari bulan Desember hingga Februari.

Karena ketinggian yang berbeda, iklim di Jerman di wilayah tersebut bisa jauh lebih berubah daripada di utara. Cuaca di lembah yang terisolasi lebih sedikit curah hujan dengan suhu hingga 1 derajat Celcius lebih tinggi.