Yuk Isi Form di Bawah, Tim Kami Siap Melayani Anda

Gelar S2 di Luar Negeri – Setelah menempuh perjalanan yang panjang dan sulit untuk menyelesaikan studi, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana. Beberapa diantara kamu yang baru saja menyelesaikan pendidikan S1 atau baru saja menyandang gelar Sarjana mungkin ada sedikit terlintas ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Di Indonesia, jenjang pendidikan yang ditempuh setelah menyelesaikan program S1 atau Sarjana disebut Pascasarjana atau Magister. Jika Kamu melanjutkan pendidikan di luar negeri maka gelar S2 di luar negeri yang akan Kamu dapat disebut Master.

Gelar Master diberikan jika kamu berhasil menyelesaikan jenjang Pascasarjana dari universitas di seluruh dunia. Pada tingkat ini, Kamu sudah mendapatkan wawasan yang lebih luas pada bidang studi pilihan Kamu dan didukung dengan kemampuan analitis yang baik.

Dengan melanjutkan pendidikan gelar S2 di luar negeri, Kamu dapat meningkatkan pengalaman lebih jauh karena disana akan memperkenalkan pemahaman tentang konteks Internasional.
Jika kamu melanjutkan pendidikan master di luar negeri, maka kamu akan mendapatkan penawaran kesempatan untuk membuat teman baru dan kontak professional. Kamu juga bisa menjelajahi kota baru di luar negeri jika kamu ingin menghabiskan akhir pekan dari minggu yang panjang.

Dengan mendapatkan Gelar S2 di Luar Negeri maka Kamu akan mendapatkan peluang di pasar kerja untuk mengejar karir impian. Tetapi, Kamu tidak perlu khawatir, karena banyak terdapat universitas internasional di seluruh dunia yang memberikan gelar Master dalam Bahasa Inggris tanpa harus kamu repot mempelajari bahasa baru di negara tersebut.

Mengapa Harus Mengambil Gelar S2 di Luar Negeri?

gelar s2 di luar negeri

Gelar S2 di Luar Negeri atau gelar Master adalah salah satu hal yang akan memberikan kamu satu langkah lebih maju dari pesaing ketika Kamu mencari pekerjaan impian. Karena para pemilik perusahaan akan mencari kandidat yang sudah menguasai bidang yang mereka tekuni.
Gelar Master adalah gelar pendidikan tinggi yang menunjukkan bahwa kamu memiliki dorongan dan ambisi untuk mengambil pendidikan tinggi setelah gelar Sarjana hingga tingkat selanjutnya.
Gelar Master tidak hanya menunjukkan gaji yang lebih tinggi dari gelar Sarjana, melainkan seringkali memungkinkan Kamu untuk masuk ke dalam posisi manajemen langsung.

Baca Juga  Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kuliah Di Jerman

Berapa Lama Waktu yang Diberikan untuk Menyelesaikan Gelar S2 di Luar Negeri?

Gelar S2 di Luar Negeri yang paling umum diambil adalah Master of Arts (MA) dan Master of Science (MSc). Seperti kebanyakan gelar master lainnya, ini diberikan setelah 1 sampai dengan 2 tahun belajar pada tingkat Pascasarjana.

Ada juga gelar Master yang diberikan untuk periode belajar yang lebih lama yaitu sekitar 4 sampai dengan 5 tahun. Ini biasanya terjadi pada bidang studi teknik, atau di beberapa negara yang dipengaruhi oleh sistem Jermanik.

Universitas-universitas terbaik di Inggris menawarkan program untuk kelas siang hari dan kamu akan mendapatkan gelar Master hanya 1 tahun saja. Sementara di Australia dan Selandia Baru, gelar Master diselesaikan dalam waktu 1,5 tahun sampai dengan 2 tahun.

Proses Apa yang Akan Ditempuh Selama Menyelesaikan Gelar S2 di Luar Negeri?

Beda halnya ketika kamu menyelesaikan studi S1 atau Sarjana, gelar Master sering membutuhkan banyak penelitian secara mandiri dan disertasi. Sistem pengajaran dalam program Master dapat berdasarkan kursus dan penelitian.
Tata letak program yang kamu ambil akan sangat tergantung pada tujuannya yaitu untuk mempersiapkan kamu menghadapi karir masa depan atau untuk penelitian lebih lanjut.

Apa Gelar S2 di Luar Negeri yang Didapat Sesuai dengan Bidang yang Kamu Ambil?

Berikut ini adalah beberapa Gelar S2 di Luar Negeri yang paling umum ditemukan :
1. M.A. : Master of Arts
2. M.Sc. : Master of Science
3. M.Eng. : Master of Engineering
4. M.B.A. : Master of Business Administration
5. M.Th. : Master of Theology
6. Th.M. : Theologies Magister
7. L.L.M. : Master of Laws
8. M.Mgt. : Master of Management
9. M.Comp.Sc. : Master of Computer Science
10. M.App.Sc. : Master of Applied Science
11. M.Arch. : Master of Architecture
12. M.S.I.E. : Master of System Industrial Engineering
13. M.Econ. : Master of Economic
14. M.Eng.Sc. : Master of Engineering Science
15. M.S. : Master of Science
16. M.Bus. : Master of Business
17. M.Ed. : Master of Education
18. M.Litt. : Master of Literature
19. M.Lib. : Master of Library
20. M.Mus. : Master of Music
21. M.Nurs. : Master of Nursing
22. M.F. : Master of Forestry
23. M.F.A. : Master of Fine Arts
24. M.R.E. : Master of Religious Education
25. M.S. : Master of Science
26. M.P.H. : Master of Public Health
27. M.Comm. : Master of Commerce
28. M.M.A.S. : Master of Management Art and Science
29. M.Pharm. : Master of Pharmacy
30. M.Phil : Master of Philosophy
31. M. Sport. : Master of Sports Science
32. M.Mar. : Master of Maritime
33. M.Mar.E. : Master of Maritime Economy
34. M.Res : Master of Research
35. M.St. : Master of Studies
36. M.P.A. : Master of Public Administration
37. M.P.P. : Master of Public Policy
38. M.U.P : Master of Urban Planning
39. M.P.A. : Master of Public Affairs

Baca Juga  Catat, Ini 4 Universitas Yang Menyediakan Kuliah Gratis Di Jerman

Apa Saja Persyaratan yang Harus Dipenuhi Jika Ingin Menempuh Pendidikan di Luar Negeri?

gelar s2 di luar negeri

Kamu ingin melanjutkan pendidikan S2 keluar negeri tetapi terhalang oleh biaya yang tinggi? Kamu tidak perlu cemas karena terdapat banyak beasiswa setiap tahunnya yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan studi keluar negeri.

Hampir seluruh negara di dunia akan memberikan Kamu tawaran beasiswa mulai dari kawasan Asia, Eropa, Australia, dan Amerika. Beasiswa yang diberikan mulai dari beasiswa yang diberikan oleh pemerintahan negara, beasiswa yang diberikan oleh perusahaan atau lembaga, sampai dengan beasiswa yang diberikan oleh kampus yang dituju.

Tetapi, untuk memperoleh beasiswa tersebut bukan hal yang mudah. Diperlukan usaha dan tekad yang kuat jika kamu ingin mendapatkannya. Berikut adalah beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan untuk mendapatkan beasiswa:

1. Nilai TOEFL atau IELTS yang mencukupi

Ini merupakan syarat mutlak jika kamu ingin memperoleh beasiswa keluar negeri. Sertifikat ini wajib untuk dimiliki jika ingin mendapatkan beasiswa. Biasanya standar nilai yang menjadi syarat masuk universitas di luar negeri adalah untuk TOEFL minimal skor 550 (paper based) dan untuk IELTS minimal skor 6.0.

2. Pengalaman Kerja

Beberapa beasiswa yang ditawarkan diluar negeri memang memiliki syarat harus mempunyai pengalaman kerja selama beberapa tahun terlebih dahulu, tetapi ada juga yang tidak harus mempunyai pengalaman kerja terlebih dahulu.
Jika kamu telah memiliki pengalaman kerja, maka hal ini akan menyakinkan si interviewer saat tes wawancaca beasiswa. Kamu yang memiliki pengalaman kerja dapat memperlihatkan kesungguhan dan menekuni bidang yang kamu kerjakan.

3. Pengalaman Organisasi

Hal ini mungkin terdengar biasa saja tapi cukup penting dalam mendapatkan beasiswa karena pengalaman organisasi sering ditanyakan pada saat tes wawancara beasiswa. Karena dengan berbekal pengalaman organisasi pada saat S1 dulu, tentu saja kamu akan mudah berorganisasi di luar negeri.

Baca Juga  3 Universitas Kedokteran Di Jerman Yang Terbaik dan Persyaratannya

4. Prestasi dan Karya

Ini merupakan salah satu syarat wajib yang harus kamu miliki jika ingin mendapatkan beasiswa. Prestasi dan karya bisa menjadi pertimbangan oleh pemberi beasiswa. Ini karena pemberi beasiswa tentu saja akan mencari kandidat yang mempunyai kualitas dengan mempunyai banyak prestasi atau sudah menghasilkan banyak karya berupa buku atau jurnal penelitian.

5. Rencana Penelitian

Fungsi dari rencana penelitian adalah untuk melihat keseriusan dan kesungguhan kamu untuk kuliah di luar negeri. Karena tujuan utama kamu ke luar negeri tentu bukan untuk bersenang-senang tetapi mengerjakan penelitian yang Kamu rencanakan sendiri. Semakin menarik penelitianmu, maka semakin besar peluang kamu untuk memperoleh beasiswa S2 keluar negeri.
Itulah penjelasan mengenai gelar S2 di luar negeri. Berinvestasi dalam pendidikan yang lebih tinggi tidak akan pernah menyiakan waktumu. Lanjutkan pendidikan tinggi ke tingkat selanjutnya, dan dapatkan pengalaman hidup yang baru dengan mendapatkan gelar S2 di luar megeri.