Yuk Isi Form di Bawah, Tim Kami Siap Melayani Anda

FSJ di Jerman – Jika kamu telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas dan ingin mendapatkan pengalaman baru, belajar bahasa dan kebudayaan baru, kamu bisa mengikuti Aupair atau FSJ di Jerman. Apa bedanya Aupair dan FSJ Jerman? Simak penjelasannya berikut ini.

fsj di jerman
Mengetahui Lebih Dalam Perbedaan Program Aupair dan FSJ di Jerman Berikut Keuntungannya

Mungkin kebanyakan orang masih merasa asing dengan program Aupair dan FSJ Jerman, nah jangan khawatir karena Kami akan memberikan informasi perbedaan dan keuntungannya mengikuti dua program tersebut, diantaranya:

Apa Itu Aupair Jerman?

Aupair Jerman merupakan program pertukaran budaya yang memungkinkan seseorang untuk tinggal bersama keluarga asuh di negara Jerman. Konsep Aupair adalah tinggal bersama keluarga angkat yang berbeda kewarganegaraan dan sebagai balas jasanya, seorang Aupair membantu mengurus anak – anak keluarga angkat.

Baca Juga  3 Syarat Utama Mengikuti Aupair Adalah Sebagai Berikut

Seorang Aupair berperan sebagai kakak angkat dan posisi yang sejajar dengan anggota keluarga lainnya. Tanggung jawabnya adalah mengurus anak keluarga angkat seperti mengantar dan menjemput sekolah, menemani belajar, membantu mengerjakan PR dan lainnya.

Keuntungan Mengikuti Aupair Jerman

Secara umum durasi untuk program Aupair adalah 1 tahun. Nah, keuntungan yang bisa didapatkan seseorang yang mengikuti program Aupair Jerman antara lain:

• Dapat mengenal kebudayaan Jerman

• Mendapatkan pengalaman baru

• Bisa belajar bahasa Jerman langsung di Jerman

• Bisa pergi ke Jerman tanpa uang jaminan

• Melatih mental dan mandiri

• Mendapatkan uang saku minimal 260 euro per bulan

• Biaya asuransi ditanggung oleh keluarga angkat

apa itu fsj jerman
Apa Itu FSJ Jerman?

FSJ (Freiwlliges Soziales Jahr) adalah program yang memberikan kesempatan pada para pemuda di luar Jerman untuk merasakan kerja di Jerman. FSJ Jerman dikenal juga dengan volunteer atau sukarelawan.

Bidang – bidang FSJ Jerman diantaranya bidang pariwisata, kesenian dan musik, kesehatan, sosial, dan lainnya.

Keuntungan Mengikuti FSJ Jerman

Secara umum program FSJ Jerman berlangsung selama 1 tahun. Keuntungan mengikuti program FSJ Jerman antara lain:

• Mendapatkan uang saku sekitar 300 – 500 Euro

• Mendapat asuransi kesehatan selama 1 tahun

• Mendapat asrama untuk tinggal di Jerman

• Mendapat sertifikat bekerja

Baca Juga  Pengalaman, Pahit Manis Mengikuti Ausbildung Di Jerman

• Menaji lebih mandiri

• Mendapat pengalaman

• Mendapat banyak teman dari berbagai negara

• Memiliki kesempatan untuk bekerja di Jerman

• Mendapatkan seminar di Jerman dan negara sekitarnya

• Mendapat kartu FSJ yang bisa dimanfaatkan untuk masuk ke museum dan tempat wisata lainnya.

Perbedanya Aupair dan FSJ di Jerman

Nah, dari penjelasan di atas, sudah tahukan apa itu Aupair dan apa itu FSJ Jerman? Secara garis besar, bedanya Aupair dan FSJ Jerman adalah bidang kerjanya dan tempat tinggalnya. Jika saat mengikuti Aupair kamu harus bekerja dan tinggal bersama keluarga angkat, lain halnya dengan FSJ di Jerman.

Baca Juga  4 Program Kerja di Jerman Yang Paling Diminati Anak Muda

Saat mengikuti FSJ Jerman, kamu akan tinggal di asrama dan kerjanya menjadi sukarelawan. Area kerjanya bisa di panti jompo, di tempat penyandang disabilitas, taman kanak – kanak, rumah sakit, atau lainnya.

Perbedaan antara Aupair dan FSJ Jerman lainnya adalah visa yang digunakan. Walaupun Aupair dan FSJ sama – sama menggunakan visa, namun visa FSJ Jerman termasuk kategori visa pekerja.

Sebaiknya Pilih Mana Aupair atau FSJ di Jerman?

Nah, untuk kamu yang masih bingung memilih antara Aupair atau FSJ di Jerman, lihat kembali apa tujuanmu pergi ke Jerman. Jika kamu memiliki tujuan awal untuk kuliah di Jerman, maka kamu bisa memilih untuk mengikuti program Aupair.

Dengan mengikuti Aupair, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Jerman kamu dan mengenal budaya Jerman. Selain itu, kamu juga bisa traveling di Jerman dan mengeksplor Jerman karena program Aupair lebih santai.

Sementara jika kamu ingin mendapatkan pengalaman kerja di Jerman, namun tidak ingin terlalu fokus, kamu bisa memilih program FSJ Jerman. Dengan mengikuti program FSJ di Jerman, kamu akan mendapatkan pengalaman kerja dan sertifikat bekerja di Jerman.