Dasar Bahasa Jerman – Untuk mempelajari dasar bahasa Jerman dengan waktu yang singkat, penting untuk berlatih, belajar, dan ulangi setiap hari. Tetapi “belajar” yang dimaksud disini bukan berarti duduk sendirian di depan meja dan belajar kosa kata.

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips yang akan memudahkan Anda belajar dasar bahasa Jerman dan semoga menyenangkan dan memberi Anda pandangan baru tentang Jerman dan dasar bahasa Jerman bagi pemula

5 Tips Belajar Dasar Bahasa Jerman Secara Otodidak Bagi Pemula

tips belajar dasar bahasa jerman

1. Mendengarkan

Ada banyak cara untuk melatih keterampilan mendengarkan Anda. Salah satunya adalah adalah mendengarkan radio atau menonton TV Jerman yang saat ini sudah bisa anda temukan di streaming Youtube.

Saat menonton TV atau video youtube, Anda dapat menonton acara atau film favorit Anda. Maka Anda tidak harus berkonsentrasi pada plot dan dapat mendengarkan kata yang diucapkan. Atau bisa juga dengan lmencari podcast di internet.

Bahkan jika Anda tidak selalu mendengarkan secara aktif, dengan cara ini Anda terbiasa dengan suara orang Jerman dan pada akhirnya Anda akan mengerti apa yang dikatakan. Di sini Anda dapat mencari topik yang menarik bagi Anda. Sehingga membuat belajar mendengarkan lebih mudah dan tidak membosankan.

Baca Juga  2 Aplikasi Belajar Bahasa Jerman Paling Recomended

2. Membaca

Hal yang sama berlaku untuk membaca. Beli saja buku favorit Anda, tetapi dalam bahasa Jerman. Pada awalnya mungkin akan membosankan, tetapi jika Anda menaatinya, membaca akan mudah bagi Anda dan Anda bahkan dapat memahami kata-kata yang sebenarnya tidak Anda pelajari.

Jika membaca buku terlalu sulit bagi Anda, Anda bisa mulai dengan buku anak-anak (meskipun mungkin terdengar aneh dan sepele). Cara ini sangat berpengaruh besar untuk memperbanyak kosakata dasar bahasa Jerman anda.

3. Berbicara

Berbicaralah sebanyak mungkin dalam bahasa Jerman. Bahkan jika pun anda membuat banyak kesalah dalam percakapan anda. Dan sewaktu-waktu anda bertemu dengan orang Jerman, cobalah menggunakan bahas Jerman. Jikapun ada kesalahan dalam pengcapan anda, mereka akan maklum dan bahkan akan mengajari bagaimana seharusnya.

4. Games

Saat ini games bisa anda lakukan sendiri hanya dengan modal smarphone anda karena di playstore tersedia banyak games berbahasa Jerman yang memang juga ditujulan bagi anda yang sedang belajar dasar bahasa Jerman.

5. Evaluasi

Anda sangat perlu mengevaluasi kemampuan anda sendiri, caranya cukup download test bahasa Jerman di play store dan disana anda bisa test kemampuan bahasa Jerman A1, A2, B1 atau B2. Dan dengan cara ini anda bisa tingkatkan kemampuan bahasa Jerman anda lagi.

Baca Juga  3 Alasan Penting Mengapa Kamu Harus Kursus Bahasa Jerman Serpong

Selain iru juga bagi anda yang ingin kuliah atau bekerja di Jerman yang memang sangat membutuhkan sertifikat kemampuan bahasa Jerman, dengan test ini anda sudah paham bagaimana test untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Sekian untuk tips belajar dasar bahasa Jerman, semoga bermanfaat dan anda bisa belajar bahasa Jerman dengan maksimal.