Daftar Jurusan Kuliah di Jerman – Menjadi mahasiswa internasional merupakan salah satu kebanggaan bagi calon mahasiswa, khususnya untuk kamu yang masih duduk dibangku SMA/ MA/ SMK. Saat ini, peluang mendapatkan beasiswa di luar negeri juga lebih besar, dibandingkan zaman dulu.

Dengan menjalani perkualiahan di luar negeri, kamu bisa mendapatkan pengalaman baru yang tidak bisa kamu dapatkan di dalam negeri. Sebagai mahasiswa internasional, sudah pasti kamu akan terbekali dengan ilmu dan wawasan yang lebih luas. Kemampuan berbahasa mahasiswa internasional juga bisa dibilang lebih baik.

Salah satu negara yang cocok untuk melanjutkan perkuliahan adalah Jerman. Mengapa Jerman? Karena Jerman sudah terkenal dengan kualitas akademiknya yang bagus dan menjadi yang terbaik di Eropa. Selain itu, Jerman cocok untuk mahasiswa internasional, karena biaya hidup sehari-harinya tidak terlalu tinggi, serta menjamin karir yang bagus di masa depan.

Kalau sudah menentukan ingin kuliah di Jerman, apakah kalian juga sudah menentukan jurusan yang ingin digeluti nantinya? Banyak orang yang masih merasa bingung dengan jurusan yang akan diambil, terutama lulusan baru dari SMA. Oleh karena itu, kami akan membagikan daftar jurusan kuliah di Jerman yang bisa menjadi pertimbangan untukmu.

Daftar Jurusan Kuliah di Jerman yang Populer

daftar jurusan kuliah di Jerman

1. Kedokteran

Tidak hanya di Indonesia, jurusan Kedokteran juga menjadi salah satu jurusan yang cukup digemari di Jerman. Jerman terkenal karena teknologinya yang sangat maju, sehingga kita tidak bisa meragukan kualitas jurusan Kedokteran di Jerman. Mulai dari penelitian, penemuan dan pengembangan di bidang kedokteran sangatlah maju di Jerman.

Dengan kuliah di jurusan Kedokteran Jerman, kalian akan membuka wawasan lebih lebar lagi dengan segala ilmu baru yang ada. Apalagi Jerman sudah terkenal karena mereka menemukan banyak hal di dunia kedokteran, seperti penyakit Alzheimer, perekat perban, tabung X-ray hingga diphtheria antitoksin.

Selain itu, di Jerman terdapat 3 universitas yang masuk ke jajaran 100 besar universitas terbaik untuk jurusan kedokteran. Maka jangan heran jika Jerman menerima 24 penghargaan Nobel di bidang kedokteran.

Baca Juga  Raih Peluang Kuliah Kedokteran Di Jerman Dengan 2 Persiapan Ini

2. Teknik Mesin

Selanjutnya ada jurusan teknik mesin. Jurusan ini cukup terkenal di Jerman, terbukti dengan adanya 4 universitas teknik mesin Jerman yang masuk dalam jajaran 100 besar universitas terbaik di dunia.

Di bidang teknik mesin, banyak penemuan dari Jerman seperti sepeda, komputer hingga airbag. Banyak juga penemu-penemu di dunia teknologi yang berasal dari Jerman. Jadi, apakah kamu sudah tertarik untuk kuliah di jurusan teknik mesin?

3. Sejarah

Jerman menjadi salah satu negara yang memiliki sejarah kuat di masa lalu, begitupun dengan tradisi dan budayanya. Hal ini membuat jurusan sejarah di universitas di Jerman menjadi yang terbaik, karena sejarah menjadi kekuatan alami dari Jerman.

Adapun beberapa universitas yang bisa jadi tujuanmu jika ingin menempuh jurusan sejarah ini, misalnya di Humboldt University dan Freie University Berlin. Kedua universitas ini menjadi universitas terbaik di Jerman untuk jurusan sejarah.

4. Fisika

Banyak ahli fisika yang berasal dari Jerman. Saking pintarnya para ahli tersebut, mereka sampai memperoleh sekitar 31 penghargaan Nobel. Luar biasa! Maka tak heran jika universitas-universitas di Jerman juga dikenal sebagai universitas dengan jurusan fisika terbaik di dunia.

Banyak sekali universitas di Jerman yang masuk ke dalam jajaran 100 universitas terbaik di dunia menurut QS, totalnya sekitar 21 universitas di Jerman. Jadi, masih ragu untuk kuliah jurusan Fisika di Jerman? Tidak perlu ragu,langsung aja daftar!

5. Kimia

Selain jurusan fisika, jurusan kimia di Universitas Jerman juga terkenal lho dan memiliki peran besar di bidang sains. Misalnya saja dengan penemuan aspirin untuk mengatasi sakit kepala dan morfin yang berguna untuk mengurangi rasa sakit setelah operasi.

Jerman juga menerima sekitar 30 penghargaan Nobel diperoleh Jerman dari bidang kimia. Ini membuktikan jurusan kimia di Jerman juga menguntungkan. Apalagi untuk kamu yang suka dengan kimia, wajib banget masuk jurusan ini nih.

6. Sastra

Kamu anak sastra? Wah kalau begitu pas banget dengan jurusan Sastra di Jerman. Karena selain teknologi dan mesin, Jerman juga terkenal di bidang seni dan sastranya lho. Bahkan menjadi yang terbaik di dunia.

Beberapa ahli sastra dunia banyak berasal dari Jerman, misalnya Johann Wolfgang von Goethe, Gunter Wilhelm Grass hingga Friedrich Schiller. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menempuh jurusan Sastra di Jerman ya, karena banyak universitas di Jerman dengan jurusan Sastra terbaik.

daftar jurusan kuliah di Jerman

7. Bahasa

Kamu bisa belajar bahasa lebih dalam di Universitas Jerman. Karena di Jerman membutuhkan departemen bahasa yang membuat beberapa universitas menawarkan pengalaman belajar bahasa Jerman secara cuma-cuma. Beberapa kursus bahasa asing di Jerman juga ada berbagai bahasa, seperti Inggris, Italia, maupun Perancis.

Pakar bahasa Jerman di Jerman juga terbilang lebih sedikit dibandingkan bahasa lainnya, seperti Inggris. Oleh karena itu, mengambil jurusan ini akan membuat kesempatanmu bersaing di dunia kerja lebih sedikit. Karena peminat yang lebih sedikit dan permintaan yang lebih banyak. Jangan sia-siakan kesempatan ini ya!

Baca Juga  3 Alasan Penting Mengapa Kamu Harus Kursus Bahasa Jerman Serpong

Selain daftar jurusan kuliah di Jerman yang telah disebutkan di atas, masih banyak jurusan-jurusan populer lainnya seperti bisnis & manajemen, akuntansi & keuangan, ekonomi, ilmu komputer, seni & desain, hukum, teknik elektro, matematika, ilmu biologi, dan politik.

Nah itulah dia daftar jurusan kuliah di Jerman yang menjadi rekomendasi dan bisa menjadi tujuan kamu nantinya. Kalau kalian masih bingung mau kuliah jurusan apa, semoga saja kalian bisa mendapatkan jawabannya setelah membaca tulisan diatas.

Saat kuliah nanti, pastikan kamu akan bersungguh-sungguh dan bekerja keras demi mendapatkan ilmu dan nilai yang memuaskan. Serta jangan lupa untuk selalu mengambil tantangan untuk mendapatkan pengalaman selama kuliah di Jerman.