CPNS Lulusan SMA – Salah satu pertanyaan yang sering diajukan para pemburu CPNS adalah apakah masih ada formasi CPNS untuk lulusan SMA?

Karena ternyata banyak juga lulusan SMA yang ingin jadi PNS. Atau ada juga mahasiswa yang belum tamat S1, tapi ingin memastikan masa depan dengan memanfaatkan ijazah SMAnya.

Karena tidak bisa diungkiri kalau persaingan yang sangat ketat membuat alumni S1 saja sulit mendapat kerja. Nah daripada kelamaan kuliah, tidak ada salahnya mencoba tes CPNS untuk formasi SMA.

7 Instansi Yang Membuka Lowongan CPNS Lulusan SMA

Lalu instansi mana saja yang membuka CPNS lulusan SMA? Yuk ikuti daftar instansi dan lowongannya berikut ini.

1. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kalau kamu ingin jadi PNS dengan ijazah SMA, wajib hukumnya untuk memeriksa formasi PNS yang ada di Kemenkumham. Berdasar formasi 2019, instansi ini termasuk paling banyak merekrut CPNS lulusan SMA atau sederajat.

Salah satu posisi favorit lulusan SMA adalah Penjaga Tahanan. Pada tahun 2019 lalu, dibutuhkan 2.875 penjaga tahanan yang akan ditempatkan di 33 kantor wilayah seluruh Indonesia.

Formasi lain CPNS untuk lulusan SMA adalah pemeriksa keimigrasian. Nah untuk melamar Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian, ternyata ada syarat postur tubuh lho.

Tinggi minimal untuk pria 160 cm, sedangkan wanita 155 cm. Selain itu alamat provinsi di KTP harus sesuai dengan kantor wilayah. Untuk informasi detail CPNS tahun ini, cek terus situs cpns.kemenkumham.go.id.

cpns lulusan sma

2. Kejaksaan Agung

Satu lagi instansi yang menyediakan ribuan lowongan untuk yang berijazah SMA. Bahkan di tahun 2019 lalu, ada 2.000 lowongan SMA untuk posisi Pengawal Tahanan/Narapidana dan Pengemudi Pengawal Tahanan. Nah kalau kamu punya skill mengemudi, tidak ada salahnya mencoba formasi ini.

Tapi profesi pengawal tahanan dan pengemudi ini bukannya tanpa risiko lho. Tugas utamanya adalah menjemput dan mengawal dari tahanan ke Kantor Pengadilan pulang pergi.

Baca Juga  Mau Jadi PNS? Inilah Syarat Daftar CPNS dan Permasalahannya

Dan karena yang dikawal orang bermasalah hukum, pasti lebih berisiko dibanding mengawal orang biasa. Bagaimana kalau ada kejadian tak terduga, misalnya tahanan nekat kabur, bunuh diri, atau mengamuk di tengah jalan?

Karena itu syarat mendaftar dua profesi tidak sekedar lulus SMA. Tapi ada syarat khusus lainnya, misalnya:

-Nilai ijazah rata-rata 7
-Postur badan ideal, memiliki standar Body Mass Index (BMI) antara 18-25
-Memiliki sertifikat skill bela diri atau pelatihan satuan pengamanan

Dan melihat beratnya pekerjaan ini, besar kemungkinan formasi ini dibuka tiap tahun. Bagi kamu yang merasa mampu dan cocok dengan pekerjaan ini, yuk coba apply CPNS Kejaksaan Agung.

3. Badan SAR Nasional (BASARNAS)

Untuk yang suka tantangan dan senang menolong orang, bekerja di Basarnas mungkin membuat impian jadi nyata. Saat ada pesawat jatuh, kapal tenggelam, maupun bencana alam, disitulah personel Basarnas beraksi.

Dan kepuasan menolong orang itu terkadang tidak bisa dinilai dengan uang lho. Selain itu, menolong orang juga berpahala di sisi Tuhan.

Makanya jangan heran kalau ada orang rela meninggalkan tempat kerja bergaji tinggi demi bisa bekerja di Basarnas.

Nah kalau kamu termasuk orang yang puas bisa memberi pertolongan, Basarnas bisa menjadi tempat bekerja yang tepat.

Apalagi ada banyak posisi yang bisa dilamar. Diantaranya Rescuer Pemula, Bosun, Juru Mudik, Kelasi Kapal Kelas 1, Kelasi Kapal Kelas II, serta Kelasi Kamar Mesin Kapal Kelas III, dan masih banyak lagi.

Untuk bergabung sebagai anggota, tidak cukup sehat jasmani rohani saja. Tapi harus memiliki kecerdasan tingkat tinggi. Karena di lapangan kamu akan dihadapkan situasi yang harus mengambil keputusan cepat dan tepat.

Selain itu, ada beberapa syarat khusus:

Baca Juga  Mencari Lokasi Coworking Space Kuningan? Pelajari Pertimbangan Berikut ini

-Bisa berenang
-Tidak takut ketinggian
-Tidak memiliki riwayat kelainan jantung

Khusus Rescuer Pemula, usia maksimalnya 25 tahun. Kamu juga harus belum menikah dan sanggup tidak menikah selama 2 tahun sejak diangkat CPNS. Jadi sabar jangan menikah dulu ya!

4. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Bagi pemburu PNS, Kemenhub termasuk primadona lho. Karena hampir tiap tahun kemenhub membuka banyak formasi CPNS, termasuk jalur SMA atau sederajat.

Khusus untuk SMK Pelayaran, mereka bisa melamar beragam posisi seperti Jenang Kapal, Jenang Kapal Kelas III, Kelasi, Kelasi Kapal Kelas IV, Kepala Kamar Mesin, dll. Intinya, lulusan SMK Pelayaran akan banyak ditempatkan di instansi di bawah Ditjen Perhubungan Laut.

Yang dari SMA jangan khawatir, karena kamu bisa coba melamar posisi Petugas AMC (Apron Movement Control), AVSEC (Aviaton Security), Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran, Pengemudi Kapal, dll.

Tapi karena formasi tersebut memerlukan skill khusus, pelamar disyaratkan memegang sertifikat profesional yang berhubungan dengan pekerjaannya.

Selain itu, kamu juga diharuskan melewati beberapa tahapan seleksi yang cukup unik:

-Lari selama 15 menit (untuk putra) dan 10 menit (putri)
-Sit up 3 menit (putra) dan 2 menit (putri)
-Tes mata, paru-paru, jantung

Gimana, siap terima tantangan CPNS Kemenhub?

cpns lulusan sma

5. Kementerian Pertanian (Kementan)

Kementan juga membuka lowongan CPNS untuk SMA sederajat. Hanya saja bukan SMA umum, tapi SMK yang berhubungan dengan Pertanian. Misalnya SMK Pertanian, Perkebunan, Holtikultura, Peternakan, dan Kesehatan Hewan.

Sebagian besar anak SMK akan mengisi jabatan fungsional dan pelaksana. Contohnya Pelaksana Pemula/Pemula Paramedik Karantina Hewan, Pelaksana Pemula/Pemula Paramedik Veteriner, maupun Pelaksana Pemula/Pemula Pengawas Benih tanaman.

Untuk melamar CPNS, kamu hanya diharuskan memiliki nilai ijazah rata-rata 7,0. Tidak sulit kan? Yang penting, tetap fokus dengan ujian sekolah.

Baca Juga  Mau Jadi PNS? Inilah Syarat Daftar CPNS dan Permasalahannya

6. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Untuk lulusan SMK yang ingin jadi polisi, ternyata juga bisa melamar via KLHK. Tapi bukan Polisi pengatur lalu lintas, tapi sebagai Polisi Kehutanan atau Polhut.

Seperti namanya, mayoritas Polisi yang satu ini akan bertugas di dalam hutan yang terpencil dan jauh dari pemukiman. Dan tugas mereka sangat mulia, yaitu mengawasi berbagai hasil hutan seperti tumbuhan atau hewan yang dilindungi.

Karena itu, sebagian besar CPNS akan ditempatkan di luar Jawa. Nah kalau kamu memang berjiwa rimbawan dan ingin ikut menjaga hutan Indonesia, bergabung ada sebagai Polhut di KLHK.

Tapi bukan sembarang SMK bisa mendaftar Polhut. Seperti namanya, formasi ini hanya dibuka untuk lulusan SMK Kehutanan. Karena tugasnya di lapangan, ada beberapa syarat tambahan seperti:

-Tidak buta warna, tidak berkaca mata minus
-Tinggi minimal 165 cm (pria) dan 160 cm (wanita) dengan BMI (Body Mass Index) ideal
-Tidak pernah mengalami patah tulang, dibuktikan dengan laporan rontgen seluruh tubuh

7. Badan Narkotika Nasional (BNN)

Walau tidak banyak banyak formasi, tapi BNN termasuk instansi yang masih membuka CPNS jalur SMA. Biasanya mereka akan ditempatkan sebagai Penjaga Tahanan di kantor BNN di berbagai kota di Indonesia.

Yang unik, ada peraturan untuk tidak bisa mengajukan pindah selama 10 sejak terhitung sebagai CPNS. Nah agar tahu perkembangan CPNS, simak saja pengumumannya di bnn.go.id.

Demikian tadi 7 instansi yang membuka lowongan CPNS lulusan SMA atau sederajat. Jadi jangan berkecil hati dengan ijazah sekolah menengah. Ternyata peluang menjadi PNS masih sangat besar.

Yang penting siapkan diri dari sekarang juga. Setidaknya mulai berlatih soal-soal TKD. Kalau sudah lulus TKD, kamu berpeluang besar diterima sebagai CPNS. Nah, selamat belajar ya!