Coworking Space Kuningan – Era coworking space adalah era baru dalam dunia bisnis modern. Kini perusahaan mempunyai banyak pilihan dalam membuka kantor baik kantor tetap maupun kantor virtual yang hanya mengandalkan sewa ruangan administrasi dan beberapa keperluan lain.

Bagi perusahaan dengan model bisnis konservatif tentunya akan memilih menyewa sebuah kantor tetap yang akan menghabiskan banyak anggaran. Akan tetapi bagi perusahaan yang bergerak di bidang digital, TIK hingga usaha usaha yang mempersiapkan diri menghadapi modernisasi, maka memilih coworking space adalah pilihan terbaik.

Bagi sebuah perusahaan, membuka coworking space sebagai kantor akan banyak menghemat anggaran. Menghemat biaya sewa tempat, biaya operasional hingga gaji pegawai. Bayangkan saja nyaris 40% anggaran bisa dihemat dengan coworking space.

Apalagi jika anda ingin berkantor di pusat bisnis jakarta seperti thamrin atau kuningan, maka menyewa sebuah kantor tetap akan memakan banyak biaya. Solusinya adalah dengan menyewa sebuah lokasi coworking space kuningan yang bisa menjadi ujung tombak kantor berjalan perusahaan anda.

Menyewa coworking space kuningan di pusat bisnis jakarta akan menghemat anggaran dan bisa anda alihkan ke biaya lain, misalnya promosi, menggaji freelance atau memperluas ekpansi bisnis. Bayangkan saja harga sewa tahunan sebuah kantor di kuningan setahunnya mencapai 200-300 juta.

Sementara jika menyewa sebuah coworking space saja hanya mengeluarkan biaya sekitar 50 juta per tahunnya. Karena coworking space tidak serumit biaya sewa kantor pada umumnya. Perusahaan pengelola coworking space akan menyediakan ruangan khusus bagi sekretariat kantor kita, melayani resepsionis dan bahkan mempersiapkan ruangan meeting.

Coworking space kuningan di pusat pusat bisnis jakarta biasanya mempunyai banyak fasilitas double merangkap sebuah coworking space dan juga virtual office. Ini artinya jika anda menyewa sebuah coworking space kuningan tidak hanya bisa untuk bekerja dengan partner, klien atau coworker anda.

Tetapi anda bisa juga menyewa sebuah ruangan secara tahunan untuk dijadikan sekretariat perusahaan anda sekaligus menjadi alamat tetap perusahaan anda. Betapa kerennya anda mempunyai kantor cabang di pusat bisnis jakarta dengan harga sewa murah dalam rentang satu tahun.

Kenapa Memilih Coworking Space Kuningan?

coworking space kuningan

Nah, jika anda masih belum yakin dalam mengubah model bisnis di jakarta dengan menyewa sebuah coworking space. Maka pertimbangan-pertimbangan berikut ini bisa menjadi dorongan bagi anda untuk merealisasikan:

1. Biaya sewa kantor tetap di jakarta mencapai angka 200 hingga 300 juta, sementara sewa coworking space kuningan tak sampai 50 juta per tahun. Itu artinya anda bisa menghemat nyaris 1/4 biaya pengeluaran anda. Anda bisa alihkan untuk buka kantor cabang di bogor, depok, bekasi atau tangerang. Jadi lebih banyak bukan?

2. Tapi kan inginnya kantor pusat beralamat di pusat bisnis jakarta? Tenang saja, coworking space di pusat bisnis bisa juga merengkap menjadi kantor virtual office. Itu artinya anda bisa bertemu klien di jakarta langsung di coworking space kuningan, sudah tersedia ruangan, kopi, makanan dan fasilitas yang memadai. Alamat surat menyurat juga bisa lho di tujukan kesini.

3. Coworking space tidak terikat dengan waktu seperti kantor tetap pada umumnya. Jadi anda bisa bertemu klien di kuningan hanya dari jam 9 sampai 12 saja, selebihnya bisa kembali pulang ke rumah. Coworking space sendiri sudah ada pengelolanya jadi anda tidak perlu memikirkan biaya operasional, listrik, gaji resepsionis dll. Yang anda lakukan hanya perlu membayar biaya sewa tahunan.

4. Dengan memaksa bisnis anda pindah ke coworking space, maka secara jangka panjang anda akan memaksa bisnis anda menjadi lebih modern yaitu bermigrasi ke internet (online). bisnis berbasis internet, online atau digital adalah bisnis masa depan. Dengan memaksa menyewa sebuah coworking space, maka desain bisnis anda akan lebih modern. Semua pekerjaan diselesaikan lewat email, skype, google meet, zoom dan sejenisnya.

Baca Juga  4 Lowongan Kerja di Jerman Untuk Lulusan SMA dari Indonesia

Faktor-Faktor Utama Pertimbangan Memilih Coworking Space Kuningan

Pada bagian ini secara teknis akan memberikan pertimbangan bagi anda, mengenai cara memilih coworking space kuningan yang sesuai dengan model bisnis anda. Anda perlu mensinkronkan dengan model bisnis anda agar tidak terkesan amburadul ketika menjalankan perusahaan berbasis coworking space.

Bagi perusahaan yang belum siap, memaksa menyewa sebuah coworking space akan mengesankan klien seperti perusahaan virtual yang tak jelas desain dan orientasi bisnisnya (malah malah bisa dituduh fiktif).

Oleh karena itu, pertimbangan-pertimbangan ini diperlukan agar bisnis anda bisa menyesuaikan dengan trend coworking space tanpa meninggalkan bisnis inti anda. Sehingga istilah sederhananya, coworking space hanyalah support sistem semata atas bisnis anda.

Berikut beberapa faktor-faktor pertimbangan utama:

1. Pastikan track record perusahaan pengelola coworking space yang akan anda pilih. Beberapa pengelola coworking space atau akrab disapa open office space seringkali hidup segan mau tak mau. Ujung ujungnya kantor ditutup tanpa alaan yang jelas. Tanpa melihat track record mereka, maka bisnis anda bisa dalam bahaya.

2. Perhatikan fasilitas yang ditawarkan coworking space kuningan apakah sudah sesuai dengan model bisnis yang anda butuhkan. Jika anda model bisnis hanya butuh ruangan bertemu klien dengan fasilitas internet dan makanan kecil, maka coworking space sudah lebih dari cukup.

3. Perhatikan juga kenyamanan, akses keluar masuk kendaraan dan juga representatif coworking space yang akan anda pilih. Jangan sampai seorang klien mau ke kantor working space anda susah nyari parkir, tempatnya tersembunyi dan malah membuat klien tidak nyaman. Ini tentunya akan membahayakan bisnis anda.

4. Selanjutnya adalah soal rentang harga dan kontrak-kontrak yang jelas di awal. Bacalah kontrak-kontrak harga secara menyeluruh. Ada coworking space kuningan yang all in one, ada juga yang hanya menyewa ruangan tanpa adanya tambahan ruang meeting atau makan minum kecil.

5. Selanjutnya apakah anda akan menyewa coworking space kuningan 24 jam seminggu, atau hanya pas hari kerja saja. Atau hanya jika ada keperluan ketika akan bertemu klien. Tiga faktor utama ini patut anda pertimbangkan karena menyangkut dengan biaya sewa yang akan anda keluarkan.

Kelebihan Kelebihan Memilih Coworking Space

Memilih sebuah coworking space kuningan di pusat bisnis jakarta akan memiliki banyak keuntungan buat bisnis anda. Terlebih jika sasaran konsumen bisnis anda terletak di dalam kota, maka coworking space ini akan menjadi pusat transit pergerakan bisnis anda.

Kira kira berikut keuntungan-keuntungan menyewa sebuah coworking space di pusat kota Jakarta:

1. Anda memiliki tempat transit bisnis yang fleksibel tanpa harus memikirkan biaya pengeluaran yang banyak. Anda bisa menjadwal pertemuan dengan klien, coworker atau mitra bisnis di coworking space di pusat bisnis bergengsi jakarta.

2. Selain memangkas anggaran operasional, menyewa coworking space juga akan memangkas gaji karyawan. Dengan coworking space, tim anda akan lebih efektif untuk rapat di coworking space dan bisa mengurangi beban karyawan dengan membayarnya menjadi part time dan bisa dikerjakan secara online.

3. Bisnis anda akan lebih gesit, karena bisa berpindah coworking space untuk mengejar kompetesi dan sasaran konsumen. Jika sewa coworking space di jakarta habis dan anda berniat menyasar konsumen bekasi, anda tinggal sewa saja coworking space di bekasi tanpa perlu repot repot pindahan layaknya kantor tetap, menyenangkan bukan?

4. Model seorang pengusaha adalah model pekerjaan yang fleksibel, itu artinya dengan bekerja di coworking space kuningan, seluruh agenda kerja anda akan diatur oleh anda sendiri. Anda tidak akan terikat dengan jam kantor dari pagi sampai malam dan beradu dengan kemacetan.

coworking space kuningan

Kekurangan Coworking Space Yang Perlu diantisipasi

Nah, memilih opsi sewa coworking space kuningan di jakarta ternyata juga memiliki sisi sisi resiko yang perlu anda pertimbangkan juga, misalnya berbagai faktor berikut ini:

1.Model sewa coworking space tidak cocok untuk model bisnis konvensional atau old money. Misalnya seperti jasa ekspedisi, perbankan, percetakan, alat alat berat dan sebagainya.

2.Sementara model bisnis yang cocok untuk sewa coworking space lebih ke arah model bisnis modern, digital atau bisnis konvensional yang siap bermigrasi ke dalam model bisnis modern atau digital.

3.Kekurangan lainnya adalah anda perlu membutuhkan sumber daya pegawai yang multitalenta. Karena adanya pemangkasan jumlah pegawai, maka pegawai yang tersisa harus dipastikan bisa mengerjakan banyak hal. Ini artinya anda harus lebih banyak mentraining mereka dan juga menggaji lebih agar mereka loyal kepada anda.

4.Selain terletak pada model bisnis anda, coworking space sendiri juga perlu diantisipasi. Beberapa ruang open space terkesan sangat santai. Ini artinya ketika pembicaraan dengan klien anda sangat serius, maka akan terlihat tidak nyaman ketika dibicarakan di open sapeca. Karena open space lebih bersifat pekerjaan kasual, pertemuan-pertemuan formal yang subtansinya tidak terlalu formal.

5.Memilih coworking space kuningan di jakarta akan membuat anda bersaing dengan ratusan perusahaan lain yang mengincar posisi yang sama, itu artinya anda harus mempunyai tenaga yang lebih untuk mendapatkan posisi coworking space yang akan anda inginkan. Atau anda mengalah dengan mencari coworking space yang terletak di luar kota.