Cara Kuliah di Jerman – DAAD adalah salah satu program beasiswa oleh pemerintah Indonesia dengan hasil kerja sama dengan Jerman. Dan DAAD saat ini menjadi salah satu program yang banyak diminati oleh para mahasiwa yang ingin melanjutkan studi magister atau S2 di jerman.

Untuk anda yang juga ingin melanjutak studi S2 di Jerman, anda harus tau persyaratan sebagai cara kuliah di Jerman dengan program DAAD. Simak cara kuliah di Jerman dengan program DAAD berikut ini .

8 Syarat Syarat Cara Kuliah di Jerman Dengan Program DAAD

syarat cara kuliah di jerman
1. Mengisi Formulir

DAAD memiliki website tersendiri, dan ketika pendaftaran untuk DAAD sudah dibuka, akan dilampirkan formulir yang akan anda isi. Jadi pertama kunjungi dulu website DAAD kemudian download formulir tersebut untuk anda isi.

Isilah formulir tersebut sesuai dengan biodata diri anda dengan benar, jangan sampai ada yang salah, jadi baca terlebih dahulu dengan baik lalu diisi.

Baca Juga  Biaya Kuliah Di Jerman Tanpa Beasiswa - Begini Perhitungannya

2. Motivation Letter

Motivasion letter ini berisi alasan-alasan anda mengikuti DAAD dan menjelaskan apa alasan anda sehingga anda layak menerima beasiswa dari DAAD, kemudia juga anda harus menjelaskan apa rencana anda setelah lulus S2 dari Jerman, apa kontribusi anda terhadap Indonesia setelah menerima beasiswa tersebut.

Jadi anda harus pikirkan matang-matang apa yang menjadi motivasi anda kuliah , dan apa motivasi anda setelah selesai kulia. Karena motivation letter ini sangat penting dan berpengaruh banyak.

3. CV

CV ini berisi biodata pribadi anda, berisi seperti CV ketika anda melamar kerja. Jadi isinya kira-kira, nama lengkap, alamat, tanggal lahir, lulusan dari SD, SMA,SMA, dan universitas S1. Lengkap dengan tahun masuk dan tahun tamatnya.

Kemudian disi dengan organisasi yang pernah diikuti, pernah bekerja dimana, dan apa saja kelebihan anda sehingga anda layak diterima di DAAD Jerman.

Baca Juga  Beasiswa S2 Jerman dan Cara Mendapatkannya dengan Program LPDP

cara kuliah di jerman gratis

4. Ijazah Terakhir

Anda harus lampirkan fotocopy izasah terakhir yang sudah dilegalisir, jika jadi lampirkan ijazah S1 anda, namun jika anda sudah lulusan S2 namun masih tetap ingin kuliah S2 di Jerman, tidak menutup kemungkinan anda tetap bisa ikut dan lamorkan ijazah S2 anda saja.

5. Transkip Nilai

Lampirkan transkip nilai anda yaitu transkip yang dikeluakan oleh universitas anda, namun anda juga harus melampirkan transkip nilai anda dengan perhitungan yang sudah
diubah keperhitungan penilaian secara internasional.

Namun jika kampus anda menggunakan sistem penilaian menggunakan sistem penilaian internasional, anda tidak perlu mengubahnya lagi.

6. Ijazah SMA

Tidak hanya ijazah terakhir saja, anda juga harus melampirkan foto copy ijazah SMA anda dan pastikan foto copy yang sudah dilegalisir.

7. Sertifikat Bahasa Jerman

Sertifikat bahasa Jerman adalah salah satu yang paling penting, sia-sia anda mempersiapkan dokumen diatas tanpa sertifikat bahasa Jerman. Jika anda belum punya segera test dan dapatkan sertifikat resmi. Dan jika anda memiliki sertifikat bahasa inggris juga bisa dilampirkan, namun yang paling utama adalah sertifikat bahasa Jerman.

Baca Juga  3 Daftar Universitas di Jerman Yang Gratis Untuk Dicoba

8. Recomandation Letter

Surat recomendasi ini wajib anda lampirkan, surat recomendasi dari universitas anda dan jika anda sudah bekerja, lengakapi juga surat recomendasi dari tempat anda
bekerja.

Itulah 8 persyaratan dan cara kulaih di Jerman dengan program DAAD, semoga 8 cara kuliah di Jerman tersebut bermanfaat dan menambah wawasan anda.