Biaya Kuliah Di Jerman Tanpa Beasiswa – Jika bicara tentang studi ke luar negeri, hal pertama yang ada dipikirkan orang pada umumnya adalah biaya yang banyak. Begitu juga dengan studi ke Jerman, kebanyakan orang akan berpikir biaya yang sangat banyak, terlebih untuk biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa.

Klik Whatsapp di bawah aja dan isi biodata kamu, admin kami akan menghubungi kalian

Namun perlu untuk anda ketahui bahwa 80% universitas di Jerman sudah menerapkan biaya kuliah gratis, karena biaya kuliah tersebut telah di bantu oleh pemerintah Jerman. Jadi jangan heran jika banyak anak Indonesia yang dengan mudahnya berangkat dan kuliah di Jerman tanpa beasiwa.

Perhatikan, 5 Perhitungan Biaya Kuliah Di Jerman

biaya kuliah di jerman tanpa beasiswa

Jadi jangan ragukan lagi biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa karena anda hanya perlu mempersiapakan biaya untuk biaya-biaya berikut ini.

1. Tiket Ke Jerman

Untuk keberangkatan anda ke Jerman, pastinya adalah biaya dari anda sendiri, jadi persiapkan biaya anda untuk tiket keberangkatan ker Jerman.

Dan usahakan mencari tiket yang dekat dengan hari test ke Universitas, dan buat pilihan kebeberapa Universitas dengan jadwal test yang berbeda.

Jadi ketika anda tidak diterima disatu kamupus, anda masih bisa test di kampus lain. Jadi anda hanya perlu satu tiket, tidak perlu pulang pergi Jerman hanya untuk test saja, untuk mengirit biaya. Tiket pesawat ke Jerman saat ini sekitar Rp.3.000.000.

2. Biaya Makan

Biaya untuk anda makan juga akan anda tanggung sendiri jika anda kuliah di Jerman tanpa beasiswa. Dan perkiraan para mahasiswa yang kuliah di Jerman, biaya makan dan minum di Jerman mencapai 2,8 juta, dan ini adalah biaya dengan pola makan ala kadarnya, belum termasuk mewah.

Baca Juga  2 Pertimbangan Sebelum Mengikuti Kursus Bahasa Jerman

3. Sewa Apartemen

Untuk sewa apartemen di Eropa biasa mencapai 5 sampai 6 juta, sehinga ada baiknya anda tinggal bersama teman supaya lebih irit, dan untuk 5 juta ini sdah termasuk gas dan listrik. Jadi anda tidak perlu membayarnya secara terpisah.

4. Transport

Untuk transportasi, sebaiknya anda gunakan transportasi umum yaitu bus dan kereta api supaya lebih menekan biaya pengeluaran anda. Untuk biaya tranportasi ini biasnya jika ditotal perbulannya menghasibiskan sekitar 1,5 juta rupiah.

5. Tagihan Telefon dan Internet

Untuk tagihan telefon dan intenternet biasanya sekitar 500 ribuan saja, jadi anda sudah bisa sepuasanya membuka internet dan mengerjakan tugas-tugas kuliah anda tanpa mengeluarkan biaya lainnya untuk internet dan telefon diluar apartement anda.

Itulah perkiraan biaya kuliah di Jerman, jadi anda hanya perlu mempersipkan diri untuk biaya hidup sehari-hari saja, namun ada banyak mahasiswa dari Indonesia disana yang juga bekerja freelance, jadi bekerja namun tidak mengganggu jadwal kuliah, dan ini sangat membantu untuk mengurangi biaya hidup disana.

Dengan bekerja freelance, ada banyak mahasiswa yang tidak dibiayai oleh orang tua lagi. Biaya kuliah gratis ditambah dengan kerja freelance, jadi tidak merepotkan orang tua lagi. Sekian untuk perikiraan biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa, semoga bermanfaat

Ingin Kuliah di Jerman ? Ga Usah pusing, Kami uruskan prosesnya, Klik link di bawah

Beasiswa S2 Jerman

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Biaya Kuliah Di Jerman Tanpa Beasiswa
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Biaya Kuliah Di Jerman Tanpa Beasiswa
Price
IDR 1.000.000
Product Availability
Available in Store Only