Biaya Kuliah Di Jerman Dalam Rupiah – Untuk anda yang ingin kuliah di Jerman pastinya perhitungan biaya kuliah di Jerman dalam rupiah menjadi yang pertama kali untuk anda cari tahu.

Dengan mempertimbangkan biaya yang bisa anda keluarakan untuk biaya kuliah di Jerman dalam rupiah memang penting karena mungkin anda bisa mendengar dengan nominal kecil namun ternyata jika di ubah dalam rupiah menjadi nominal besar.

biaya kuliah di jerman dalam rupiah
Ketahui Perhitungan Biaya Kuliah Di Jerman Dalam Rupiah

Untuk biaya kuliah sebenarnya tidak penting untuk anda pikirkan atau mengubah biaya kuliah di Jerman dalam rupiah karena biaya kuliah di Jerman itu pada umunya gratis, jadi yang penting untuk anda perhitungkan adalah biaya hidup di Jerman dalam rupiah. Terlebih untuk anda yang kuliah tanpa beasiswa, berikut perhitungan biaya hidup di Jerman dalam rupiah.

1. Tempat tinggal

Untuk anda yang ingin tinggal di negara Jerman, penting anda ketahui bahwa lokasi yang menentukan biaya. Pastinya apartemen atau tempat tinggal di pusat kota akan sangat jauh daripada di pinggiran kota, biaya tempat tinggal di pusat kota bisa mencapai dua kali lipat daripada tinggal di pinggiran kota.

Jadi pahami berapa biaya yang bisa anda keluarkan untuk biaya tempat tinggal di pusat kota atau di pinggiran kota. Karena saat ini untuk biaya sewa apartemen di pusat kota Jerman sudah mencapai sekitar 700 Euro dan jika dirupiahkan sekitar Rp.11.200.000.

Sementara untuk apartemen di pinggiran kota hanya 300 Euro, jika dirupiahkan sekitar Rp.4.800.000 dalam artinya biaya apartement di pinggiran kota tidak sampai setengah dari apartemen di pusat kota.

Baca Juga  4 Jenis Beasiswa Kuliah Di Jerman Yang Bisa Anda Applay

2. Tranportasi

Anda yang tidak mempunyai kendaraan sendiri pastinya akan berlangganan dengan bus umum atau dengan kereta api. Dan biasanya di Jerman untuk transportasi umum menggukan bus akan dikenakan 3 Euro sekali perjalanan, dan untuk perjalanan pulang pergi anda menghabiskan 6 Euro. 6 Euro jika di rupiahkan menjadi sekitar Rp.96.000.

Jadi hitung jika dalam satu bulan anda full pergi dengan alat transportasi umum, 30 hari dikali 6 Euro maka hasilnya 180 Euro atau sekitar Rp.2.900.000. Sangat mahal jika kita bandingkan dengan transportasi umum di Indonesia.

biaya kuliah di jerman dalam rupiah

3. Biaya Makan & Minum

Untuk biaya makan dan minum di Jerman juga cukup besar, untuk sekali makan di restoran dengan jenis makan yang standart menghabiskan biaya 10 Euro atau sekitar Rp.160.000 dan untuk air mineral dengan volume 3 liter sekitar 3 Euro atau Rp.47.000

Jadi akan lebih hemat jika anda masak sendiri, memang untuk beras juga cukup mahal karean perkilonya sekitar 2 Euro atau sekitar Rp.32.000, dan biasa anak kuliah di Jerman mengubah makanan pokok nasi tidak untuk 3 kali sehari, tetapi hanya satu kalis sehari, yang diganti dengan kentang atau roti dan susu yang memang harganya jauh lebih murah.

Baca Juga  5 Persiapan Untuk Kuliah Di Jerman Gratis yang Perlu Diketahui

Sekian untuk biaya kuliah di Jerman dalam rupiah dan juga biaya hidup di Jerman dalam rupiah, semoga bisa anda pertimbangkan dengan baik untuk bisa kuliah di Jerman.