Biaya Hidup Di Jerman – Berbicara tentang biaya hidup di Jerman murah memang sedikit sulit terlebih jika anda yang berasal dari Indonesia harus mengubah banyak pola hidup namun harus tetap sehat. Jika dibandingkan dengan biaya hidup di Indonesia ya jelas tidak akan pernah sebanding dengan biaya hidup di Jerman.

Tetapi bukan berarti tidak bisa berhemat, tetap bisa namun kesehatan dan kenyaman tetap terjaga. Hanya beberapa pola saja yang perlu anda ubah supaya bisa menekan biaya yang cukup besar setiap bulannya. Simak tips supaya biaya hidup di Jerman murah berikut ini :

3 Tips Supaya Biaya Hidup Di Jerman Murah Untuk Mahasiswa

biaya hidup di jerman
1. Lokasi Apartemen/ Tempat Tinggal

Lokasi apartement atau tempat tinggal yang anda sewa sangat berpengaruh terhadap biaya yang harus anda bayarkan. Tempat tinggal dipusat kota bisa mencapai dua kali dari biaya yang harusnya anda bayarkan jika anda memilih tinggal di apartemen pinggiran kota.

Di negara manapun anda tinggal hal itu tetap berlaku, misalnya di Jakarta. Tempat tinggal di pusat kota akan jauh lebih mahal dai pinggiran kota. Biaya sewa rumah di Jakarta akan jauh lebih mahal dibanding biaya sewa rumah di Bekasi.

Baca Juga  Kursus Bahasa Jerman di Tangerang Terbaik Saat ini

Begitu juga ketika and atinggal di Jerman, pilihlah tempat tingal dipinggiran kota, mungkin memang anda akan kuliah atau bekerja dengan jarak tempuh yang cukup jauh, namun tidak perlu khawatir karena transportasi menjangkau semua wilayah.

2. Mengubah Kebiasaan Makan

Beli makan di restoran setiap harinya akan membuat biaya hidup di Jerman membengkak, jadi sebaiknya anda masak dirumah. Karena akan jauh lebih irit, terlebih untuk anda yang tidak bisa kenyang tanpa nasi.

Selain nasi sulit anda cari, harganya juga jauh lebih mahal. Jadi ubahlah kebiasaan makan anda yang biasa di restoran dengan makan dirumah dengan masakan sendiri. Namun jika anda ingin lebih berhemat lagi, anda bisa mengubah kebiasaan makan nasi yanh 3 kali sehari menjadi dua atau satu kali saja dalam satu hari.

Karena beras di Jerman cukup mahal, jadi nasi bisa anda gantikan dengan roti di pagi hari, nasi biarlah untuk makan siang dan malam nasi gantikan dengan kentang. Bisa juga menjadi tips paling ampuh menurunkan berat badan anda.

3. Naik Tranportasi Umum

Sebaiknya anda naik transportasi umum saja, karena tersedia dengan banyak rute. Bisa mengakses ke semua tempat, baik itu bus atau kereta api. Walaupun memang padat dan bahkan mungkin anda akan lebih banyak berdiri daripada duduk, namun sangat menekan biaya hidup anda di Jerman.

Dibandingkan jika kemana saja anda harus naik taksi dengan tarifnya yang tinggi, akan membuat biaya hidup semakin membengkak. Atau bisa juga anda membeli sepeda karena disana orang lebih suka menggunakan sepeda daripada kendaran lainnya.

Baca Juga  Ketahui Perhitungan Biaya Kuliah Di Jerman Dalam Rupiah

Jadi jika anda ingin ke tempat-tempat yang bisa dijangkau dengan naik sepeda, nada tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi lagi.

Sekian untuk tips supaya biaya hidup di Jerman murah atau lebih tepatnya tips untuk berhemat, supaya tagihan anda setiap bulannya tidak membengkak.