Bentang Alam Jerman – Letak geografis sangat berpengaruh terhadap bentang alam Negara Jerman. Bagai mana pengaruh letak geografis terhadap bentang alam Negara Jerman akan kita bahas dibawah ini, namun sebelum masuk ke bentang alam Negara Jerman, anda perlu pahami terlebih dahulu, bentang alam itu apa.

Bentang alam jika didefenisikan cukup luas, karena berkaitan pada lanskape suatu daerah dan ini mempengaruhi banyak hal seperti hutan, daerah dataran rendah dataan tinggi, gunung pasir dan yang lainnya.

bentang alam jerman
Pengaruh Letak Geografis Terhadap 5 Bentang Alam Jerman

Jadi bentang alam lebih tepatnya dikatakan sebagai keadaan suatu daerah apakah terdiri dari lautan, dataran rendah dan dataran tinggi dan ini juga dpengaruhi letak geografis suatu daerah. Dan demikian juga dengan Jerman. Dimana bentang alam Negara Jerman terdiri dari :

1. Alpen Bavaria

Alpen bavaria menajdi salah satu dari 5 bentuk bentang alam Negara Jerman. Titik tertinggi Pegunungan Alpen Bavaria dan Jerman adalah Zugspitze. Itu terletak di bagian barat Wettersteingebirge dan memiliki ketinggian 2962 m di atas permukaan laut. NN dan juga dua gletser kecil karakter alpine tinggi (lihat pegunungan tinggi).

2. Black Forest

Black Forest adalah wilayah Jerman yang terdiri dari hutan cemara, sebagai salah satu keunikan dari bentang alam yang di miliki Jerman. Black Forest berada pada ketinggian 762 hingga 910 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga  4 Kota Di Perancis Yang Paling Terkenal Dengan Wisata Keren

3. Perbukitan Jerman Selatan

Perbukitan Jerman Selatan adalah perbukitan Jerman yang berada pada daerah sebelah timur Jerman. Perbukitan ini juga ada dua sungai yang mengalir yaitu sungai main dan neckar.

4. Dataran Jerman Utara

Dataran Jerman Utara adalah daerah bentang alam di Jerman yang sangat luas bahkan Jerman bisa dikatakan menjadi daerah dengna bentang alam dataran rendah. Jadi sebagian besar wilayah Jerman adalah dataran rendah.

5. Dataran Tinggi Tengah

Dataran Tinggi Tengah adalah wilayah plato yang membujur dari daerah yang paling datar sampai perbukitan.

bentang alam jerman
Apa pengaruh dari bentang alam ini terhadap kehidupan masyarakat sekitar?

Yang pastinya bentang alam sangat mempenagruhi, baik dari segi ekonomi, pariwisata dan lain sebagainya. Dan untuk daerah
Jerman lebih terlihat dari sisi ekonominya dimana daerah Jerman yang terdiri dari bentang alam dataran rendah itu memiliki penghasilan paling banyak dari hasil pertanian, baik itu anggur dan hasil pertanian lainnya, namun yang paling mendunia adalah anggur.

Baca Juga  4 Daftar Tempat Wisata Keren Di Ibukota Jerman Untuk Wisata

Dan dalam sisi pariwisata, untuk wistaa alam Jerman lebih ke wisata hutan, gunung, walau memang ada wisata di pantai juga tetapi tidak begit banyak. Hal ini merupakan pengaruh dari bentang alam Negara Jerman yang terdiri dari black forest, dataran tinggi, dan pegunungan Alpen.

Dan 5 jenis bentang alam yang sudah dijelaskan di atas menjadi salah satu objek yang menjadi tempat wisata dengan pengunjung yang selalu dipadati oleh masyarakat dunia.