Yuk Isi Form di Bawah, Tim Kami Siap Melayani Anda

Belajar Bahasa Jerman – Tahukah Anda bahwa Bahasa Jerman merupakan bahasa yang digunakan oleh lebih dari 200 juta di dunia, terutama di Eropa. Bahasa Jerman termasuk ke dalam 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Jerman juga menjadi pemimpin dunia dalam bidang teknik, itu sebabnya belajar bahasa Jerman dapat memberikan banyak manfaat. Tingkat kemampuan atau level bahasa Jerman sesuai Kerangka Acuan Umum Eropa yang dikeluarkan oleh Komisi Eropa terbagi menjadi 6 level yaitu level A1, A2, B1, B2, C1, dan C2.

6 Tingkatan Kemampuan Belajar Bahasa Jerman Menurut Level

level belajar bahasa jerman

1. A1

Level kemampuan bahasa Jerman A1 umumnya meliputi cara membuat pertanyaan sederhana dalam berbicara dan menulis, dan memberikan instruksi. Pada level ini kamu membangun keterampilan tata bahasa dasar Anda dan meningkatkan kosa kata kamu.

2. A2

Pada level kemampuan bahasa Jerman A2 secara umum kamu akan belajar bagaimana mengekspresikan diri secara memadai dalam situasi sehari-hari yang akrab dan membaca serta memahami teks – teks sederhana.

3. B1

Pada level kemampuan B1 umumnya kamu dapat mengkonsolidasikan dan merevisi struktur tata bahasa dasar, dan belajar memimpin diskusi tentang topik – topik menarik.

Baca Juga  2 Aplikasi Belajar Bahasa Jerman Paling Recomended

4. B2

Pada level kemampuan B2 umumnya kamu dapat memahami intisari dari teks rumit, baik dengan tema konkrit maupun abstrak, serta dapat memahami diskusi dengan pokok bahasan tertentu.

Ketika belajar bahasa Jerman yang kamu pelajari sudah sampai di level B2 maka kamu dapat dengan spontan dan lancar berkomunikasi dengan orang Jerman sehingga akan tercipta percakapan yang wajar atau natural tanpa adanya hambatan yang berarti di kedua belah pihak.

Sehingga Kamu dapat mengungkapkan pendapat dengan jelas dan rinci tentang beragam pokok bahasan dan juga dapat membahas salah satu pokok pembahasan. Selain itu pada tingkatan B2 ini kamu dapat menjabarkan baik dan buruknya sebuah pilihan yang diambil.

5. C1

Pada level kemampuan Bahasa Jerman C1 secara umum kamu dapat mengekspresikan diri dengan jelas baik dalam berbicara maupun menulis tentang sejumlah besar topik dan memahami hampir semua teks. Kamu dapat memahami berbagai teks rumit serta makna tersembunyi dari balik teks rumit.

6. C2

Ketika kamu sudah belajar bahasa Jerman pada level C2, umumnya kamu dapat mengekspresikan diri dengan lancar dalam Bahasa Jerman. Kamu dapat memahami semua yang dibaca dan didengar dengan mudah.

Selain itu Kamu dapat merangkum dari berbagai sumber, baik lisan maupun tertulis. Kamu juga dapat menjabarkannya kembali berikut keterangan dan penjelasan yang berkaitan dengan hal tersebut. Kamu dapat mengerjakan topik – topik sastra, sosial – politik, budaya dan ilmiah.

belajar bahasa jerman dasar
Inilah Tips Mempercepat Belajar Bahasa Jerman Tingkat Lanjut

Memang tidak cara standar untuk belajar bahasa Jerman karena tiap orang memiliki tingkat pemahaman yang berbeda – beda. Agar belajar bahasa Jerman yang kamu lakukan bisa efektif, kamu bisa mencoba mencari teknik pembelajaran yang tepat.

Secara umum permasalahan yang sering menyulitkan seseorang untuk belajar bahasa Jerman adalah pelafalan bahasa Jerman. Jika kamu tidak terbiasa mendengar bahasa Jerman, kamu akan kesulitan. Namun, kamu bisa mendengarkan video – video bahasa Jerman di Youtube atau di aplikasi lainnya agar kamu menjadi terbiasa dengan bahasa Jerman.

Baca Juga  2 Pertimbangan Sebelum Mengikuti Kursus Bahasa Jerman

Kamu bisa mengartikan kata – kata yang sulit kamu mengerti dengan kamus online bahasa Jerman. Untuk mengukur kemajuan bahasa Jerman yang kamu pelajari, kamu bisa mencari teman belajar bahasa Jerman. Ada banyak forum online yang bisa digunakan untuk berdiskusi dan meningkatkan kemampuan bahasa Jerman. Karena tidak semua orang belajar dengan cara yang sama, maka kamu bisa memilih gaya belajar berikut ini.

• Pelajaran Bahasa Jerman Tingkat Lanjut untuk Pembelajar Audio

Untuk para pembelajar yang suka belajar bahasa Jerman dengan audio, kamu bisa belajar dari podcast dan klip audio. Misalnya, GermanPod101, Akadaf, dan LinQ.

• Pelajaran Bahasa Jerman Tingkat Lanjut untuk Pembelajar Visual

Untuk para pembelajar visual yang lebih menyukai belajar dengan tampilan visual, bisa belajar dengan saluran pelajaran bahasa Jerman di YouTube seperti DeutschMitJulia dan blitztag1.

• Pelajaran Bahasa Jerman Tingkat Lanjut untuk Pembaca dan Penulis

Untuk para pembelajar yang menyukai belajar bahasa Jerman dengan membaca, kamu bisa menggunakan buku teks belajar bahasa Jerman.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan situs – situs online yang menyediakan pelajaran dan latihan bahasa Jerman. Beberapa situs online yang bisa kamu gunakan diantaranya:

Baca Juga  2 Aplikasi Online Belajar Bahasa Jerman Sehari Hari

– Sprachnudel

Situs ini merupakan situs web asli Jerman yang bisa digunakan untuk para pembelajar tingkat lanjutan. Situs ini berfokus pada kosakata bahasa Jerman tingkat lanjut dengan pelajaran yang menggunakan contoh kalimat dan kombinasi kata yang tidak biasa.

– LANGMaster

LANGMaster merupakan situs belajar bahasa Jerman tingkat lanjut yang memiliki banyak pelajaran bahasa Jerman gratis, permainan, dan latihan yang dibuat khusus untuk para pembelajar tingkat lanjut.

Nah, selain tips – tips di atas, untuk mempercepat belajar bahasa Jerman tingkat pemula hingga lanjutan bisa dilakukan dengan mengikuti kursus di VirtuEducation.org.