Beasiswa Perancis – Beasiswa di Negara Perancis memang tidak sebanyak beasiswa Jerman, namun jangan khawatir dan jangan kecewa dulu, karena saat ini ada 3 beasiswa Perancis S1 dan S2 yang bisa anda coba applay, lalu apa sajakah daftar beasiswa Perancis S1 dan S2 yang bisa dicoba:

Daftar Beasiswa Perancis S1 dan S2 Yang Bisa Anda Applay

beasiswa perancis S1 dan S2

1. Beasiswa Eiffel Exellence Programme

Beasiswa eiffel excellence programme ini adalah salah beasiswa oleh pemerintahan Perancis, beasiswa di Negara perancis ini untuk program S2 dan S3. Jadi untuk anda yang mencari beasiwa Perancis S1, tidak perlu mencoba di beasiswa efffel excellence programme karena tidak diperuntukkan bagi mahasiwa S1, tetapi untuk S2 dan S3.

Dan untuk eiffel excellence programme juga tidak semua jurusanm tetapi untuk jurusan-jurisan atau fakultas tertentu saja yaitu Fisika, Matematika, Biologi, Ilmu alam, Ilmu Lingkungan, Kimia, Bioteknologi, Farmasi, Hukum, dan Ekonomi.

Beasiswa Eiffel excellence programme juga tidak membiayai secara kesuluruhan biaya kuliah dan biaya hidup anda di Perancis, eiffel excellence programme hanya memberikan sekitar 1,200 Euro untuk mahasiswa S2, dan 1.400 Euro untuk S3. Atau jika dirupiahkan, Rp.19.100.000 untuk mahasiswa S2 dan Rp.22.200.000 untuk mahasiwa S3.

Baca Juga  2 Cara Mendapat Beasiswa Luar Negeri Jerman Untuk Mahasiswa

Beasiswa perbulan dengan nominal tersebut tidak cukup untuk meng-cover semua biaya tempat biaya hidup dan biaya kuliah di Perancis, namun jangan khawatir karena akan ada dana lainya yang akan anda terima. Jika anda berumur dibawa 28 tahun anda akan menerima biaya tunjangan kesehatan, dan biaya janiman sosial bagi anda yang sudah berumur diatas 28 tahun.

Selain itu biaya keberangkatan anda ke Perancis juga ditanggung oleh eiffel excellence programme, dan ketika anda telah menyelesaikan studi anda, biaya kepulangan ke Indonesia juga ditanggung.

2. Beasiswa Erasmus

Beasiswa Erasmus ini sama seperti beasiswa eiffel excellence programme yaitu beasiswa Perancis untuk S2 dan S3. Bedanya, beasiswa erasmus ditanggung oleh pemerintah Eropa jadi beasiswa Erasmus ini berlaku untuk semua negara di Eropa.

Untuk perancis biasanya setiap tahunnya tidak bnnyak yang berangkat karena memang persaingannya cukup berat, dan untuk saat ini sekitar 200 mahasiswa Indonesia untuk S2 dan S3 sedang menyelesaikan studinya di Perancis dengan beasiswa Erasmus.

Baca Juga  5 Tempat Wisata Di Perancis Yang Terkenal dan Mendunia

Jadi and aharus tetap optimis walaupun persaingan untuk mendapatkan beasiswa Erasmus ini cukup ketat debanding beasiswa lainnya, anda perlu belajar dari mahasiswa asa Indonesia yang telah berhasil mendapatkan beasiswa Erasmus.

Terlebih bagi anda yang berpersestasi, karena pertimbangan pertama disini adalah anda memang harus mempanyai basic yang kuat, baik itu olahraga, sains, seni dan yang lainnya.

3. Beasiwa LPDP

Untuk anda yang mencari beasiswa Perancis S1, ini adalah salah satu beasiwa yang wajib anda coba, karena diperuntukkan untuk S1.S2, dan S3. Beasiswa LPDP ini adalah beasiswa dari pemerintahan Indonesia, jadi anda bersaing dengan calon mahasiswa yang dari Indonesia saja, pun begitu tetap maksimal karena peminatnya juga cukup banyak.

Sekian untuk beasiswa Perancis S1, S2 maupun S3, semoga bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin melanjutkan studi ke Perancis.