Beasiswa Luar Negeri Jerman – Bisa kuliah di luar negeri adalah salah satu kebanggaan bagi kita dan juga bagi orangtua kita. Terlebih jika kita kita kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Pastinya akan sanga membanggakan, karena pastinya kita telah bejuang dan berhasil untuk layak menerima beasiswa studi di luar negeri.

Setiap tahunnya ada banyak mahasiswa dari Indonesia yang berangkat ke Jerman untuk melanjutkan studi, baik itu studi S1, S2, ataupun S3. Dan banyak dari mereka yang berangkat setelah berhasil mendapatkan beasiswa luar negeri Jerman.

Baca Juga  Beasiswa S2 Jerman dan Cara Mendapatkannya dengan Program LPDP

Bagi kita yang berencana atau pernah gagal mendapatkan beasiswa luar negeri Jerman, kita pasti bertanya, cara apa yang mereka lakukan sehingga mereka bisa diterima kuliah dan mendapatkan beasiswa luar negeri Jerman?

2 Cara Mendapat Beasiswa Luar Negeri Jerman Untuk Mahasiswa Indonesia

cara mendapat beasiswa ke jerman

Dan berikut ini akan dibahas bagaimana caranya supaya bisa diterima beasiswa kuliah di Jerman tersebut untuk mahasiswa dan mahasiswa di Indonesia, simak caranya berikut ini.

1. Sehat Jasmani Dan Rohani

Dimanapun anda kuliah pastinya harus sehat jasmani dan rohani, jadi sangat wajar jika ini menjadi salah satu cara anda bisa bersaing dan kuliah di negeri orang. Dan untuk kesehatan ini, pastikan anda tidak memiliki penyakit yang jikalau kambuh harus dirawat dengan intensif, terlebih jika anda memiliki riwayat penyakit yang mungkin bisa menular.

Namun bagaimana jika ternyata anda tidak tahu bahwa ada satu penyakit didalam tubuh anda? Pada saat mengirim berkas untuk applay beasiswa luar negeri anda diminta untuk melampirkan surat keterangan kesehatan anda. Jadi anda akan melakukan test kesehatan juga jadi tidak bisa bohong atau tidak ada alasan bahwa anda tidak tahu tentang penyakit anda.

Baca Juga  8 Syarat Syarat Cara Kuliah di Jerman Dengan Program DAAD

2. Bisa Berbahasa Jerman

Ini juga menjadi salah satu syarat yang mutlak, jadi sangat tidak mungkin anda bisa diterima di univerisas di Jerman tanpa bisa berbaahasa Jerman.

Dan untuk kemampuan berbahasa Jerman ini juga berbeda-beda tiap universitas, bahkan universitas yang sama namun berbeda jurusan bisa berbeda persyaratan.

Misalnya anda ingin kuliah di Jurusan kedokteran di Hamburg University, dan anda di wajibkan bisa berbahasa Jerman setara A2, namun di jurusan Biologi anda diwajibkan bisa berbahasa jerman setara B2, atau diwajibkan memiliki sertifikat B2.

Jadi pertama kali anda harus cari tahu dulu persyaratan yang diminta oleh universitas dan juga jurusan yang anda tuju. Lalu berkomitmenlah untuk bisa melampaui tingkatan kemampuan bahasa yang diminta, karena and abersaing dengan ribuan orang jadi anda hrus mempunyai nilai plus dari yang lain supaya anda layak menerima beasiswa tersebut.

Baca Juga  2 Pertimbangan Sebelum Mengikuti Kursus Bahasa Jerman

Jika anda belum bisa berbahasa jerman dengan baik, segera buat rencana untuk mengikuti les bahasa Jerman, bagaimana pun syarat yang paling penting disini adalah bisa berbahasa Jerman, jadi mereka yang berhasil lulus di dan diterima beasiswa, mereka sudah mempersiapkan kemampuan bahasa inggris mereka sebelum meng-applay untuk menerima beasiswa

Itulah dua hal penting untuk cara dapatkan beasiswa luar negeri Jerman, semoga bermanfaat dan menambah wawasaan anda.