Beasiswa di Jerman– Untuk anda yang ingin kuliah di Jerman melalui beasiswa LPDP anda harus melengkapi beberapa dokument penting sebagai persyaratan, dan salah satunya adalah surat permohonan untuk mendapatkan beasiswa di Jerman.

Dokumen Dokumen yang Perlu Dipesiapkan

beasiswa di jerman

Namun sebelum membahas surat permohonan beasiswa LPDP terlebih dahulu anda ketahui dokumen apa saja yang harus anda persiapkan untuk mengajukan beasiswa LPDP tersebut, simak berikut ini :

1. Izajah Terakhir

Untuk anda yang ingin melanjutkan studi magister atau S2, persiapkan izajah terakhir anda yaitu izajah S1. Yang pastinya sudah dilegalisir dari univeristas anda. Dan juga transkip nilai yang juga sudah dilegalisir.

2. Surat Recomendasi

Surat recomendasi ini bisa dari universitas anda atau bisa juga dari yayasa tempat anda bekerja. Dan ini sangat membantu karena akan sangat dipertimbangkan untuk menerima beasiswa LPDP.

Baca Juga  2 Cara Mendapat Beasiswa Luar Negeri Jerman Untuk Mahasiswa

3. CV

Cv ini harus lebih formal dan lebih menjelaskan tentang anda, misalnya pengalaman anda berorganisasi terlebih dibidang kemanusiaan, akan sangat dipertimbangkan.

4. Surat Motivasi

Pada surat motivasi atau sering di sebut motivation letter yang berupa essai ini sangat penting, karena dari surat motivasi ini anda lebih dikenali, apakah layak atau tidak menerima beasiswa di Jerman yaitu LPDP.

Dalm surat motivasi ini anda menjelaskan tentang diri anda, apa motivasi hidup anda, apa yang memotivasi anda dan apa motivasi anda ketika anda diterima sebagai salah satu penerima beasiswa LPDP di Jerman.

Dan yang paling penting dalam sebuah essai surat motivasi ini, anda menceritakan apa arti kesuksesan itu bagi anda, dan cara apa yang telah anda lakukan untuk mewujudkannya, apa pencapaian anda dalam hidup dan apa yang akan anda capai kedepannya.

Contoh Surat Permohonan LPDP Beasiswa di Jerman

cara mendapatkan beasiswa di jerman

Surat Permohonan

Dalam surat permohonan ini sebenarnya tidak lebih daripada surat permohonan seperti biasanya, berikut ini contohnya :

Jember, 10 Mei 2019

Hal : Permohonan
Lampiran: 1 lembar
Kepada Yth.Ketua Program Studi Pascasarjana Biologi
Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada

Dengan hormat,

Sehubungan dengan dibukanya pendaftaran ”Beasiswa Magister LPDP” yang
diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia sampai dengan 29 Mei 2019 , maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Will Mahendra
Tempat/ Tanggal Lahir : Medan, 13 September 1993

Bermaksud mengajukan permohonan untuk menerima beasiswa Magister (S2).
Berikut saya lampirkan :

1. Cv
2. Izajah Terakhir
3. Transkip Nilai
4. Surat Mo

Baca Juga  2 Pertimbangan Sebelum Mengikuti Kursus Bahasa Jerman
tivasi

 

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Sekian untuk contoh surat permohonan untuk beasiswa di Jerman yaitu LPDP dan juga dokumen-dokumen yang harus dilengkapi untuk permohonan beasiswa LPDP. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda yang sedang prepare untuk applay beasiswa di LPDP.