Beasiswa Ekstensi d3 ke s1 Luar Negeri – Langsung aja isi Form di bawah yuk untuk dapat informasi Beasiswanya






     

    Beasiswa Ekstensi d3 ke s1 Luar Negeri – Begini Cara Dapatnya – Bagi kamu yang baru saja menyelesaikan studi D3 atau vokasi, pasti ingin sekali melanjutkan pendidikan ke level selanjutnya yaitu jenjang sarjana. Karena, jika kamu melanjutkan pendidikan sampai dengan jenjang sarjana akan menjadi salah satu gerbang bagi kamu untuk mendapatkan karier yang lebih baik di dunia kerja.

    Tetapi, mungkin diantara dari kamu ada yang ingin melanjutkan pendidikan ke jejang sarjana di luar negeri tetapi tidak tahu negara mana saja yang menerima calon mahasiswa ekstensi dari negara lain.

    Pilihan Negara Untuk Beasiswa D3 ke S1 Luar Negeri

    beasiswa ekstensi d3 ke s1 luar negeri

    Karena untuk mencari kampus yang membuka program alih jenjang atau ekstensi bukanlah hal yang mudah, bahkan di Indonesia sekalipun. Bagi kamu yang lulusan D3 pasti penasaran negara mana saja yang cocok untuk melanjutkan ekstensi dari D3 ke S1? Diantaranya negara-negara berikut ini:

    1. Australia

    Kamu yang baru saja lulus D3 bisa melanjutkan S1 ke luar negeri di beberapa negara di dunia, salah satu contohnya adalah Australia. Di Australia, Kamu bisa melamar Postgraduate Qualifying Program di universitas tertentu di Australia dengan menggunakan ijazah D3 di Indonesia. Menarik sekali kan?

    Program ini adalah penyetaraan SKS yang telah kamu dapatkan pada saat di Indonesia. Australia adalah salah satu negara yang ramah sekali bagi para mahasiswa ekstensi.

    Baca Juga  Mengintip Rincian Biaya Kuliah Di Perancis Tanpa Beasiswa

    Lulusan D3 hanya perlu penyetaraan selama 4 bulan saja kemudian kamu langsung dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu S2 atau Master hanya dalam waktu 2,5.

    Tidak sampai disini saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan, kamu juga akan diberikan kesempatan untuk bisa bekerja di Australia setelah Kamu menyelesaikan pendidikan.

    Mungkin Kamu bertanya-tanya, Kenapa lulusan D3 dapat langsung melanjutkan ke jenjang S2 atau Master dengan durasi yang sangat singkat? Hal ini terjadi karena, beberapa negara melihat jenjang D3 sudah hampir setara dengan jenjang S1, sehingga para mahasiswanya tidak perlu repot mengulang kuliah dengan jurusan yang sama pula.

    Hal ini sungguh sangat menghemat waktu dan biaya . Tetapi, lain halnya jika kamu ingin mengambil S1 yang tidak linier dengan jurusan D3 kamu, karena kamu harus belajar lagi dari nol.

    2. New Zealand

    New Zealand tidak mau kalah dengan Australia, karena beberapa universitas di New Zealand membuka program alih jenjang dari D3 ke S1 hanya dengan durasi 1 tahun. Selain itu, para mahasiswa juga bisa dapat double degree, yaitu Diploma level 7 New Zealand dan Bachelor Degree dari universitas UK.

    Hal ini bisa dilakukan jika universitas tujuan kamu memiliki kerjasama bilateral dengan Inggris. Menariknya lagi, kamu juga bisa merasakan kerja di luar negeri setelah menyelesaikan masa studi.

    3. Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura

    Tidak perlu jauh-jauh jika ingin melanjutkan pendidikan ekstensi dari D3 ke S1, di negara tetangga sendiri yaitu Singapura. Negara ini juga menawarkan program Top Up Degree bagi kamu lulusan D3 yang ingin mendapatkan gelar S1 dengan cepat.

    Para mahasiswa hanya perlu menyelesaikan pendidikan ini hanya dalam waktu 1 tahun saja. Namun, jika negara Singapura tidak menjadi pilihanmu, kamu juga bisa ke Malaysia.

    Di Malaysia, Kamu bisa melakukan transfer kredit dengan durasi sekitar 1,5 sampai dengan 2 tahun, sama seperti di Indonesia. Durasi ini terbilang normal untuk menyambung pendidikan dari jenjang D3 ke S1. Sementara di Korea Selatan, kamu juga bisa mencoba menyambung pendidikan dengan durasi belajar minimal 2 tahun.

    4. Amerika Serikat dan Kanada

    Dengan ijazah D3 kamu bisa melanjutkan kuliah sarjana di Amerika Serikat, namun dengan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 2 sampai dengan 3 tahun. Pihak universitas di Amerika Serikat akan menilai jumlah kredit yang bisa didapatkan kemudian baru kamu bisa memperkirakan waktu lulus studi.

    Di Kanada, juga memiliki pendidikan D3 dengan durasi selama 2 sampai 3 tahun. Kamu akan lulus dengan membawa gelar sarjana setelah menambah studi selama 3 tahun. Mungkin ini termasuk waktu yang sangat lama untuk memperoleh gelar sarjana.

    Tetapi jika kamu yang ingin merasakan pengalaman kuliah di Amerika Serikat dan Kanada, waktu tersebut bukan lagi menjadi masalah yang menghalangimu bukan?

    5. Eropa

    Di wilayah Eropa seperti Inggris, Belanda, dan Spanyol juga dapat melanjutkan ekstensi dengan mengikuti program Top Up Degree. Seperti di Singapura, program ini durasinya hanya 1 tahun.

    Perancis juga bisa kamu jadikan pertimbangan jika ingin melanjutkan ekstensi. Karena di Perancis setiap universitasnya memiliki kebijakan yang berbeda untuk penyetaraan ijazah D3 ke S1.

    Tetapi, pada umumnya lulusan D3 dari Indonesia disetarakan dengan Bac+2. Kamu hanya memerlukan waktu belajar tambahan selama 1 tahun untuk mendapatkan ijazah S1. Lulusan D3 juga bisa langsung mengambil S2 hanya dengan durasi belajar 3 tahun.

    Sama seperti di Perancis, di Jerman juga memiliki perbedaan sistem penyetaraan ijazah tergantung dengan negara bagian yang kamu tuju. Jika kamu mengambil bidang studi yang berbeda, maka kamu akan dianggap setara dengan lulusan SMA. Oleh sebab itu, usahakan untuk tetap memilih jurusan yang linier dengan jurusan D3 sebelumnya.

    Bagaimana Cara Agar Mendapatkan Beasiswa D3 ke S1 Luar Negeri?

    Bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa, kamu tidak perlu khawatir karena ada juga beasiswa D3 ke S1 luar negeri yang ditawarkan. Sama seperti beasiswa pada umumnya, persyaratan yang harus kamu lampirkan kurang lebih sama.

    Berikut ini tips untuk kamu yang ingin mendapatkan beasiswa D3 ke S1 luar negeri:

    1. Jangan pernah bosan untuk mencari informasi mengenai beasiswa D3 ke S1 luar negeri baik melalui Internet atau bisa juga dengan mendatangi langsung pameran pendidikan di kotamu.

    Saat mengunjungi pameran pendidikan, jangan malu untuk bertanya pada representatifnya. Bawa juga beberapa dokumen seperti Curriculum Vitae, Ijazah D3, Transkrip Akademik, dan Sertifikat bahasa asing yang kamu miliki.

    Baca Juga  Beasiswa S1 Jerman Full Dengan Program DAAD

    2. Kamu bisa menjelajahi website beberapa universitas yang ingin dituju, mengirim email kepada pihak international admissionnya, dan tanyakan mengenai transfer credits, serta jangan lupa juga untuk melampirkan beberapa dokumen yang disebutkan di atas.

    3. Kamu juga bisa menghubungi pihak agency pendidikan yang ada di kotamu. Mereka pasti akan membantumu untuk menyesuaikan kebutuhanmu dengan universitas yang bekerjasama dengan mereka.

    Yang perlu kamu tahu jika ingin mendapatkan beasiswa D3 ke S1 luar negeri, sedikit sulit untuk mendapatkan yang full funded. Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai beasiswa D3 ke S1 luar negeri beserta negara mana saja yang menerima mahasiswa ekstensi dari negara lain. Semoga informasi tersebut dapat membantu kamu dan menambah semangatmu untuk mengejar impian kuliah di luar negeri.

    Langsung aja isi Form di bawah yuk untuk dapat informasi Beasiswanya