Aupair Medan – Ada banyak cara untuk menempa diri. Selagi masih muda, tidak ada salahnya untuk menguji kemampuan dan nyali dengan merantau ke daerah, atau negara lain.

Dan diantara kota-kota di Indonesia, orang Sumatera utara, terutama orang Batak termasuk salah satu yang paling suka merantau. Sudah biasa pemuda dan pemudi memilih merantau dan berpisah dari orang tuanya.

Karena memang sudah tradisi di banyak tempat di Sumatera Utara, kalau sudah berusia di atas 17 atau 18 tahun pantang tinggal bareng orang tua.

Apakah mereka terpaksa merantau? Tidak, tapi lebih ke tradisi tidak mau merepotkan orang tua. Merantau juga sudah menjadi prinsip hidup sebagian besar orang Medan dan sekitarnya. Karena itu jangan heran kalau orang Sumatera Utara ada di mana-mana.

Pernah dengar nama Radja Nainggolan? Bagi pecinta sepakbola pasti sudah akrab dengan nama ini. Radja Nainggolan yang pemain bola internasional ini bukanlah WNI.

Dia warga negara Belgia. Walau begitu, identitas Bataknya tidak bisa dipisahkan. Kebiasaan ini juga ada pada hampir semua orang Sumatera Utara yang merantau. Mereka sangat bangga dengan identitas asalnya.

Kisah Radja Nainggolan tadi menjadi bukti kalau merantaunya orang Sumatera Utara tidak selalu ke Jakarta dan kota besar di Indonesia lainnya. Tapi ke seluruh dunia.

Nah kalau kamu ngaku orang Sumatera Utara dan ingin merantau ke ujung dunia, ada satu cara yang bisa dicoba. Yaitu ikut program aupair Medan.

Baca Juga  2 Aplikasi Belajar Bahasa Jerman Paling Recomended

Awal mula sejarah aupair medan

Aupair sendiri berasal dari bahasa Perancis yang artinya setara atau balas jasa. Aktivitas aupair dimulai di Eropa di tahun 1970 saat para pemuda barat ingin melancong ke luar negeri tapi dananya terbatas.

Mereka tidak ingin menghabiskan uang untuk menyewa hotel, makan minum, dll. Lalu mereka mencetuskan ide untuk tinggal bersama salah satu keluarga setempat.

Mulailah mereka mencari host family yang bersedia menampung. Dengan tugas utama menjaga anak host family dan mengajaknya bermain, mereka mendapat upah berupa tinggal dan makan gratis.

Selain itu, mereka bisa menambah saudara. Karena host family telah menganggap aupair sebagai anggota keluarga dan mendapat hak sama dengan anggota keluarga lainnya.

Ternyata program aupair medan ini berlangsung terus hingga sekarang. Bahkan tidak hanya untuk pemuda Eropa saja, aupair terbuka untuk pemuda dari seluruh dunia yang ingin mengenal budaya negara lain.

Mengapa harus aupair medan untuk ke Jerman?

Nah program aupair medan ke jerman ternyata juga digemari di Sumatera, Indonesia. Perbedaan budaya dan timur membuat banyak pemuda kita yang tertarik ikut aupair.

Aupair hanya berlangsung satu tahun. Selama itu pula kamu mendapat kesempatan tinggal bersama satu keluarga di luar negeri. Kamu akan ditantang untuk beradaptasi dan mengenal budaya negara tujuan.

Sebenarnya ada banyak negara yang membuka program aupair, seperti Amerika Serikat, Australia, Jerman, Perancis, Belanda, Finlandia, Belgia, Swedia, Italia, dan masih banyak lagi.

Tapi kebanyakan aupair asal Indonesia memilih Jerman sebagai negara tujuan. Alasannya, banyak hal yang dipelajari dari Jerman.

Negara Jerman unggul dalam kualitas pendidikan, ekonomi, teknologi, dll. Selain itu, Jerman termasuk lebih mudah dalam pengurusan visa.

Bagi yang ingin memperdalam bahasa Jerman, ikut aupair jelas sangat membantu. Kamu akan hidup di Jerman selama satu tahun. Tiap hari bergaul dengan orang Jerman dan menyelami kehidupan mereka.

Tinggal langsung di Jerman sudah pasti berbeda dengan sekedar ikut kursus bahasa di tanah air. Kamu akan dibiasakan berkomunikasi dengan orang Jerman yang gaya bicaranya sangat lancar dan cepat.

Tidak mudah lho berkomunikasi langsung dengan native itu. Nah kalau kamu bisa mengambil pelajaran dari hidup di Jerman, skill bahasa Jerman otomatis akan terdongkrak.

Disamping itu, host family juga akan membiayai biaya kursus bahasa bagi aupair. Berarti kamu tidak hanya mengerjakan tugas rumah saja, tapi juga diikutkan kursus bahasa Jerman di Jerman.

Jadi tujuan aupair Jerman sebenarnya bukan untuk bekerja. Tapi lebih pada pelatihan (khususnya bahasa) dan mengenali budaya Jerman.

Karena itu aupair tidak bisa disamakan dengan TKI. Kalian adalah anggota keluarga di Jerman dan mendapat hak yang sama dengan mereka.

Kamu akan makan dan minum di tempat yang sama dengan host family. Kalau host family liburan, apakah di Jerman atau ke negara Eropa lainnya, kamu sudah pasti diikutkan. Dengan alam Jerman yang sangat indah, jalan-jalan ke Jerman bakal menjadi pengalaman menyenangkan.

Coba hitung saja berapa duit yang harus keluar untuk liburan ke Eropa. Tapi dengan menjadi aupair Jerman, kamu bisa mendapat kenikmatan ini dengan gratis.

Kalaupun diberi tugas, itu tidak lebih dari tugas ringan di rumah. Seperti menjaga anak, antar sekolah, membuang sampah, dan pekerjaan ringan lainnya.

Dan tugas itupun tidak harus dikerjakan full seharian. Peraturan di Jerman membatasi tugas aupair selama 6 jam per hari atau 30 jam per minggu saja.

Baca Juga  Contoh Percakapan Bahasa Jerman Sederhana Dan Artinya

Karena memang tujuan utama aupair bukan untuk kerja. Nah tidak berat kan? Jadi jangan sampai tugas-tugas aupair membuat kamu lupa dari belajar bahasa Jerman dan mendalami budaya Jerman.

Tapi meski program aupair bukan untuk bekerja, bukan berarti peserta aupair tidak mendapat uang. Mereka tetap mendapat uang saku dari kegiatan ini.

Pocket money atau uang saku yang didapat adalah 260 Euro atau Rp 4 Juta per bulan. Namanya juga uang saku, jumlahnyapun memang tidak terlalu besar.

Tapi uang saku tersebut sudah bersih. Kamu sudah tidak memikirkan biaya hidup lainnya. Karena semua sudah ditanggung host family.

Dan uang saku tersebut lebih ditujukan agar kamu bisa jalan-jalan menjelajahi kota-kota di Jerman dan mengenal Jerman lebih dalam.

Karena ada waktunya kamu dapat libur. Biasanya jatah libur tiap minggu adalah 1,5 hari per minggu atau 6 hari dalam sebulan.

Itu belum termasuk libur 4 minggu dalam setahun. Nah saat itulah kesempatan kamu untuk berkeliling Jerman. Tidak itu saja, lokasi Jerman ada di tengah-tengah Eropa.

Sehingga kalian bisa menjangkau kota di Eropa lainnya dengan mudah. Misalnya ke Amsterdam, Warsawa, Paris, Roma, Milan, Praha, Brussels, Wina, Salzburg, dll.

Selain mendapat berbagai keuntungan di atas, lalu apa yang kita dapatkan di akhir program?

aupair medan

Sangat banyak ya, salah satunya merubah mindset dan lebih menghargai perbedaan. Kamu pasti sudah tahu kan bagaimana orang Jerman itu.

Orang Jerman identik dengan disiplin tinggi dan tertib aturan. Dan itu tercermin dari penataan kota-kota Jerman yang sangat rapi dan bersih.

Nah tinggal selama setahun bersama orang Jerman sudah pasti merubah pola hidup kita. Pelajaran disiplin, etos kerja tinggi, dan pantang menyerah yang didapatkan selama tinggal di Jerman menjadi modal hidup yang luar biasa.

Disiplin tinggi akan membawa pada kesuksesan, apapun profesi yang kamu jalani di masa depan. Singkatnya, program aupair akan merevolusi mentalmu dengan lebih cepat.

Ingin kuliah ke Jerman tanpa jaminan finansial? Ikut aupair aja

Bagi yang bercita-cita kuliah di Jerman, aupair juga bisa dijadikan batu loncatan. Kok bisa?

Kamu sudah tahu kan kalau untuk kuliah ke Jerman itu perlu jaminan finansial 8.600 Euro dan sertifikat bahasa minimal level B2.

Oke, misalnya kamu tidak bermasalah dengan finansial dan bisa menyediakan 8.600 Euro. Apakah kamu bisa melenggang kuliah ke Jerman dengan mudah?

Ternyata belum tentu, karena ada satu syarat lagi yang harus dipenuhi, yaitu kemampuan bahasa Jerman level B2. Bahkan ada juga yang mensyaratkan C1.

Kemampuan bahasa Jerman sendiri terbagi ke dalam 6 level: A1, A2, B1, B2, C1, dan C2. Semakin ke kanan, berarti kamu dianggap makin mahir.

Dan untuk sampai pada level B2 itu ternyata tidak mudah. Terlebih kalau kamu belum pernah belajar bahasa Jerman sama sekali.

Bagi yang punya niat sangat tinggi dan cepat paham, mungkin ada yang bisa meraih B2 dalam waktu 3 bulan. Tapi tidak semua orang punya kemampuan sama.

Baca Juga  3 Syarat Utama Mengikuti Aupair Adalah Sebagai Berikut

Lalu apa hubungan aupair dengan skill bahasa Jerman B2 dan peluang kuliah di Jerman?

Jadi begini, tujuan utama dari aupair adalah untuk belajar bahasa Jerman. Buktinya, host family wajib menyekolahkan kamu di tempat kursus bahasa di Jerman.

Ingat, kalau kamu ingin belajar bahasa asing, cara terbaik adalah dengan belajar langsung di negara tersebut. Nah kalau kamu belajar di Jerman, berarti gurunya orang Jerman.

Dengan terbiasa mendengar dan bercakap langsung dengan orang Jerman, efeknya pasti berbeda dengan hanya belajar di Indonesia.

Karena orang Jerman memiliki kecepatan dan dialek sendiri. Tidak mudah lho berbicara langsung dengan native. Bahkan kalau kamu sudah mendapat skill bahasa Jerman B1 di tanah air, terkadang masih sulit memahami pembicaraan orang Jerman asli.

Mengapa begitu? Karena biasanya kita hanya belajar dan mempraktekkan bahasa Jerman di kelas. Setelah pulang ke rumah, kita kembali lagi dengan bahasa asli kita.

Sekarang bandingkan dengan bahasa Inggris yang kita pelajari bertahun-tahun di sekolah. Apakah setelah lulus sekolah menjamin kita bisa berkomunikasi dengan native? Belum tentu kan? Apalagi kalau sekedar kursus bahasa Jerman beberapa bulan dan setelah itu jarang dipraktekkan.

Itulah kenapa menjadi aupair menjadi cara lain untuk segera mahir berbahasa Jerman dan memuluskan langkah kuliah di Jerman.

Lagian syarat untuk menjadi aupair hanya skill bahasa Jerman level A1. Sangat dasar dan gak terlalu susah. Begitu ikut kursus di Indonesia dan mendapat A1, kamu sudah bisa langsung daftar aupair.

Setelah sampai Jerman, kamu akan menggunakan skill bahasa Jerman dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara ini, dijamin deh skill bahasa Jerman kamu langsung lancar dalam waktu 3 bulan saja.

Kamu juga lebih pede saat berhadapan langsung dengan orang Jerman. Gimana gak pede, secara kamu berhadapan tidap hari dengan penduduk asli. Hal yang sulit didapat kalau kamu tetap belajar bahasa Jerman di Indonesia.

Nah kalau skill bahasa kamu sudah sangat lancar, cita-cita kamu untuk kuliah di Jerman lebih mudah terwujud. Well, lalu bagaimana dengan jaminan finansial yang menjadi syarat wajib kuliah di Jerman?

Nah itu dia, ternyata ada banyak aupair yang beruntung bisa lanjut kuliah di Jerman tanpa jaminan finansial. Caranya dengan bicara terus terang ke host family bahwa kamu berniat lanjut kuliah.

Kalau kamu sudah membuatnya terkesan dan menganggap saudara, biasanya mereka bersedia menjadi penjamin atau Verpflichtungserklärung.

Status Verpflichtungserklärung tersebut hanyalah hitam di atas putih yang diperlukan untuk memperpanjang visa belajar.

Kenyataannya, mahasiswalah yang harus menanggung semua kebutuhan hidupnya. Tapi tidak masalah, terpenting kamu sudah mendapat visa belajar.

Untungnya, di Jerman tersedia banyak lowongan part time job untuk mahasiswa. Nah dari hasil part time job inilah kamu bisa membiayai kebutuhan sehari-hari.

Sedangkan untuk biaya kuliah, kamu tidak perlu memikirkannya. Karena sebagian besar universitas negeri di Jerman memang menggratiskan tuition fee atau biaya kuliah. Mahasiswa hanya membayar biaya administrasi tidak lebih dari 300 Euro per semester.

Bagaimana cara daftar aupair medan?

aupair medan

Nah sekarang kamu sudah tahu berbagai keuntungan ikut aupair. Lantas apa saja syarat dan bagaimana cara mendaftar aupair?

Yang peling penting penuhi dulu syarat skill bahasa Jerman. Dan untuk mencapai bahasa Jerman A1 tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu ikut kursus bahasa Jerman dasar beberapa minggu atau bulan.

Dan tidak sulit menemukan kursus bahasa Jerman di kota Medan. Bahkan sudah ada tempat kursus yang menyediakan konsultasi aupair Medan.

Ibarat pepatah sambil menyelam minum air. Kamu bisa belajar bahasa Jerman sekaligus dibantu ke Jerman ketika mengikuti aupair medan.

Setelah itu kamu bisa membuat profil di beberapa situs penyedia informasi aupair, misalnya aupairworld.com, aupairquest.com, aupair.com, dll.

Situs tersebut akan mempertemukan host family dengan aupair. Kalau ternyata profil kamu menarik, nanti akan ada host family yang menghubungi.

Tapi jangan juga bersikap pasif. Kamu juga bisa melihat-lihat profil host family dan mengirim pesan ke keluarga yang dirasa cocok.

Cara lainnya dengan menggunakan jasa agen aupair Medan. Agency biasanya akan memberikan pelatihan aupair, mencarian host family, serta membantu pengurusan dokumen keberangkatan.

Kalau tidak ingin ribet, kamu bisa memanfaatkan jasa agen. Tapi sebagai bisnis, sudah pasti kamu harus menyiapkan dana ekstra untuk membayar jasa agen.

Nah sekian dulu artikel mengenai aupair medan. Semoga bermanfaat dan tetap semangat mewujudkan mimpi tinggal di benua biru.