Yuk Isi Form di Bawah, Tim Kami Siap Melayani Anda

Apakah Kuliah di Jerman Gratis ? Begini Tata Cara Kuliah di Jerman Gratis – bingung mau lanjut kuliah dimana?Pengen punya pengalaman baru? Kuliah di Jerman gratis mungkin jadi opsi terbaik buat kamu!

Guten Tag, freunde! Di masa pandemi dan ekonomi yang sulit ini, mungkin kuliah di luar negeri akan menjadi mimpi yang mustahil buat kawula muda masa kini.

Padahal, kuliah di luar Negeri tuh gak semahal yang kamu bayangkan, bahkan bisa gratis loh kalau kamu menemukan bantuan informasi yang tepat untuk kuliah.

Dengan kuliah atau bekerja di luar negeri, kamu akan mendapat banyak keuntungan dan manfaat yang bisa kamu aplikasikan untuk diri sendiri, keluarga bahkan negara. kamu akan dapat skill baru, pengalaman baru, serta kesempatan untuk mendapatkan sistem pendidikan yang lebih baik lagi. Terlebih lagi, bisa berkuliah di luar negeri akan menjadi suatu pencapaian yang sangat membanggakan untuk diri kamu.

Baca Juga : Kerja di Korea untuk Lulusan SMA dan Lulusan S1 dari Indonesia

Nah, ngomong-ngomong soal kuliah di luar negeri, kalian tau gak sih kalau kuliah di Jerman itu gratis? iya betul kamu ga salah baca, kuliah di Jerman itu GRATIS.

Jerman juga jadi salah satu negara yang banyak di idam-idamkan banyak orang loh! Biaya pendidikan yang rendah, prospek kerja yang terjamin, kualitas pendidikan yang tinggi. 

Tidak hanya itu, pemerintah Jerman sangat memperhatikan kesejahteraan pelajarnya, seperti; disediakannya akomodasi khusus untuk pelajar serta disediakannya tunjangan transportasi dan asuransi untuk pelajar.

 Disamping itu, kamu akan merasakan pengalaman berharga yang ga semua orang lain bisa rasakan. Perbedaan budaya, cara berpikir dan gaya hidup yang kamu temukan di negara lain akan menambah wawasan kamu menjadi lebih luas. Kamu juga akan terlatih menjadi sosok yang mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain. 

Gimana? tertarik untuk kuliah ke Jerman? gimana sih cara kuliah di Jerman? yuk simak caranya dibawah ini.

apakah kuliah di jerman gratis

Apakah Kuliah di Jerman Gratis

16 bagian negara Jerman resmi membebaskan uang kuliah baik untuk warga lokal maupun asing sejak tahun 2014. dengan uang kuliah yang gratis, uang masuk pun juga gratis.

Kendati demikian, pelajar akan dikenakan uang administrasi tahunan, sekitar 117,50 hingga 439 Euro atau setara dengan 1,8 juta sampai 6,9 juta. Sejatinya, pengeluaran administrasi tahunan tersebut masih tergolong murah dibandingkan dengan biaya kuliah di Indonesia.

Terlebih lagi, jika kamu dapat kuliah di Jerman dengan bantuan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), kamu akan mendapat banyak tunjangan dana untuk berkuliah dana disana.

Tunjangan dana pendidikan yang akan diterima peserta beasiswa LPDP berupa; tunjangan buku, dana penelitian tesis/disertasi, dana seminar internasional hingga  dana publikasi jurnal internasional.

Peserta beasiswa juga akan mendapat tunjangan pendukung berupa; biaya pengajuan Visa dan Residence Permit, Biaya hidup per bulannya, dana transportasi hingga asuransi kesehatan. bila diperlukan, peserta juga akan mendapat tunjangan biaya darurat.

Disamping uang kuliah yang gratis, biaya hidup yang relatif rendah dan ditanggung oleh pemerintah, pelajar juga dapat mencari pekerjaan paruh waktu. bekerja paruh waktu adalah hal yang sangat biasa dilakukan pelajar di Jerman. Pekerja paruh waktu bisa mendapatkan gaji hingga 9 euro per jam nya atau setara dengan 140 ribu rupiah.   

Pemerintah Indonesia pun berharap agar pemuda-pemudi Indonesia mempunyai semangat yang besar untuk berkuliah di Jerman. 

Universitas di Jerman memiliki kualitas pendidikan yang tinggi, terutama di bidang sains, teknologi, engineering dan medis. Pemerintah mengharapkan peserta beasiswa LPDP dapat belajar dengan tekun di Negeri orang dan dapat membawa perubahan bagi perkembangan negara Indonesia.

Syarat kuliah gratis di Jerman

Ada beberapa persyaratan yang harus kamu persiapkan untuk kuliah di Jerman. yuk simak apa aja persyaratannya!

  • Peserta merupakan Warga Negara Indonesia

untuk mendaftar program kuliah di Jerman, termasuk program LPDP kamu harus berstatus berkewarganegaraan Indonesia.

  • Memiliki Visa dan Residence permit

Untuk memiliki Visa, kamu perlu datang ke kedutaan Jerman yang ada di Indonesia. Biasanya langkah ini dilakukan saat kamu sudah lulus seleksi perguruan tinggi/beasiswa untuk kuliah di jerman.

Saat mengajukan aplikasi Visa dan Residence Permit, kamu akan diwawancara mengenai tujuan kamu ke Jerman.

  • Menguasai bahasa Jerman

Tentu saja, menguasai bahasa Jerman adalah hal yang penting untuk kamu persiapkan sebelum berkuliah di Jerman. 

Walaupun kamu akan mendapat kelas penyetaraan sebelum berkuliah di Jerman, Setidaknya,kamu perlu menguasai bahasa Jerman dasar–B1. 

Menguasai bahasa Jerman sebelum memulai kuliah di Jerman juga akan membantu kamu lebih cepat beradaptasi di sana.

Untuk dapat menguasai bahasa Jerman, kamu dapat mengikuti kursus bahasa Jerman beserta diselingi dengan otodidak di rumah.  

Westwood Prep mungkin bisa menjadi salah satu opsi lembaga kursus yang dapat membantu belajar bahasa Jerman. Dengan biaya yang terjangkau, kamu juga akan mendapatkan banyak informasi serta waktu konsultasi yang unlimited. 

  • Memiliki bukti keuangan yang cukup

Sebelum kamu berangkat ke Jerman, kamu harus mampu membuktikan bahwa kamu memiliki uang yang cukup untuk hidup disana.

Keuangan yang bisa bersumber dari biaya pribadi atau dana yang didapat saat beasiswa. minimal, pelajar memiliki uang sebesar 8,000 euro yang ada di rekening bank pribadi untuk 1 tahun.

Jadi gimana? tertarik untuk kuliah di Jerman? Yuk segera persiapkan dan konsultasikan mimpi mu di Westwood Preparation.

Westwood Preparation akan membantu kamu untuk menggapai impianmu. jika kamu tertarik, kamu bisa isi form yang tertera di atas yaa.. sampai jumpa di Westwood Preparation!

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Apakah Kuliah di Jerman Gratis
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Apakah Kuliah di Jerman Gratis
Price
IDR 1000000
Product Availability
Available in Store Only