Yuk Isi Form di Bawah, Tim Kami Siap Melayani Anda

Perancis merupakan negara yang terkenal dengan keindahan dan keromantisannya. Negara yang memiliki ikon Menara Eiffel ini juga menjadi salah satu negara dengan pengunjung asing terbanyak setiap tahunnya.

Tidak berhenti sampai di sana, Perancis juga memiliki banyak keunikan yang membuat orang kagum, salah satunya adalah makanannya.

Makanan Perancis memang sudah terkenal akan keunikannya. Selain itu, makanan yang ada di sana pun variatif dan memiliki cita rasa yang nikmat.

Bahkan tak jarang, banyak restoran di sana yang menyajikan makanan dengan cara yang mewah dan tak biasa. Karena hal ini, tak heran jika banyak makanan Perancis yang masuk ke dalam daftar UNESCO dan diakui sebagai warisan budaya.

Keistimewaan makanan Perancis tersebut pasti membuatmu merasa penasaran hingga mencarinya lewat smartphone, bukan? Ada berbagai makanan dari negara tersebut yang patut kamu coba karena memiliki rasa yang nikmat dan cocok untuk lidah orang Indonesia.

Makanan Khas Negara Perancis yang Bisa Dicoba Pelajar

Penasaran? Simak rangkuman kami tentang 5 makanan khas Perancis yang wajib kamu coba! Berikut penjelasannya.

1. Boeuf Bourguignon

Boeuf Bourguignon


Jika kamu ingin memakan daging tapi dengan sensasi tidak biasa dan dengan campuran anggur merah, makanan ini kami rekomendasikan!.

Dibuat dengan waktu hingga 6 jam, Boeuf Bourguignon sengaja dibuat lama untuk menciptakan tekstur daging yang empuk dan mudah dimakan. Selain itu, proses yang lama tersebut ditujukan juga agar anggur merah menjadi saus yang nikmat.

Biasanya, hidangan ini dimasak dalam campuran anggur merah, jamur, wortel, bawang putih, dan bawang merah.

Adanya rempah-rempah yang ikut dimasak akan membuat rasa daging semakin nikmat dan penuh cita rasa. Makanan ini akan membuat pengalaman istimewa saat memakan daging empuk yang disajikan dengan campuran anggur merah yang menggoda. Tertarik mencoba?

2. Coq Au Vin

Ingin mencoba semur ayam ala Perancis? Coq Au Vin pasti masuk ke dalam daftar! Makanan khas Perancis yang satu ini dimasak menggunakan berbagai macam bumbu.

Makanan ini awalnya dianggap makanan para petani, tetapi saat ini bisa dimakan oleh semua kalangan termasuk turis dari luar negeri.

Selain itu, mirip dengan Boeuf Bourguignon, hidangan ini juga dimasak dengan campuran anggur. 

Makanan ini juga semakin terasa nikmat dengan campuran jamur dan bawang putih yang ikut dimasak di dalamnya.

Jika kamu merasa saat memakannya kurang kenyang, jangan khawatir! Coq Au Vin dihidangkan biasanya dengan sayuran panggang, pasta, hingga nasi basmati. Kamu juga bisa mencobanya berdampingan dengan roti mentega yang nikmat.

3. Bouillabaisse

Jika sebelumnya kita membahas daging sapi dan ayam, mari kita lanjutkan hidangan khas Perancis yang berbahan dasar ikan, yaitu Bouillabaisse.

Hidangan yang satu ini berasal dari daerah Provence yang awalnya dibuat oleh nelayan Marseille.

Pada awalnya, hidangan ini dibuat dengan ikan batu bertulang yang para nelayan temukan yang tidak bisa dijual di pasar maupun restoran.

Lebih lanjut, hidangan yang satu ini termasuk ke dalam hidangan ikan yang paling mahal karena membutuhkan fillet dari berbagai jenis ikan.

Selain itu, pembuatannya pun cukup lama yang memakan waktu hingga beberapa jam. Saus yang dihidangkan dan direbus bersama Bouillabaisse juga pasti akan terasa nikmat karena di dalamnya kaya akan saffron, bawang merah, merica, hingga labu siam.

4. Croque Monsieur

Tidak lengkap jika berkunjung ke negara Eropa tanpa mencoba roti lapis mereka yang sangat lezat itu.

jika kamu pergi ke Perancis, cobalah roti lapis yang mereka miliki, yaitu Croque Monsieur. Roti lapis yang satu ini dihidangkan secara panas dengan isian ham dan keju.

Awalnya, makanan ini dibuat sebagai camilan dari sebuah kafe dan bar di Perancis pada tahun 1910.

Makanan khas Perancis ini berbahan dasar roti panggang yang diisi dengan ham dan keju Swiss.

Di atas roti lapis ini akan dituang saus bechamel yang memiliki rasa khas dan nikmat, susu, tepung, keju, hingga pala dan parmesan.

Saat memakannya, kamu akan merasakan sensasi asin dan gurih dari keju dan berbagai bumbu yang ada di atasnya

 Meskipun disebut sebagai camilan, makanan khas Perancis yang satu ini cukup untuk mengganjal perutmu agar tidak lapar.

5. Quiche Au Fromage

Apakah kamu penyuka keju? Cobalah Quiche Au Fromage! Bukan sebuah rahasia lagi jika Perancis merupakan salah satu negara penghasil keju terbesar di dunia.

Ada banyak keju yang memiliki rasa unik yang dihasilkan dari negara ini. Quiche au Fromage merupakan hidangan yang terbuat dari kulit pastry tipis yang dicampur dengan keju yang lezat.

Makanan tradisional Perancis ini menggunakan keju-keju klasik seperti camembert dan roquefort.

Keju-keju tersebut akan dicampur ke dalam susu, puding telur, atau creme fraiche yang menggiurkan. Hidangan ini memiliki tekstur renyah di luar dan bagian tengah yang sangat lembut saat digigit. Penasaran?

Ada berbagai macam jenis makanan yang bisa kita nikmati dari berbagai negara. Perancis menjadi salah satu negara dengan peminat paling banyak setiap tahunnya.

Makanan yang ada di sana juga sangat beragam sehingga menarik minat banyak orang untuk mencobanya.

Itulah 5 hidangan khas Perancis yang wajib kamu coba. Semoga bermanfaat!